Panduan Menggunakan Cat Kayu Clear Matte

Panduan Menggunakan Cat Kayu Clear Matte

Bagi pemula panduan menggunakan cat kayu clear coat matte sangat penting. Ketika pemula saklah mengaplikasikan clear maka hasilnya tidak rata dan halus. Bahkan ada juga yang hasilnya tidak sesuai warna yang diinginkna. Benar saja, aplikasi clear doft seringkali menjadi masalah pada lapisan ini merupakan lapisan terakhir yang digunakan ketika Anda melakukan finishing. Jadi sebelum Anda mendapaytkan hasil finishing maka sebaiknya carilah informasi yang tepat mengenail cara aplikasi yang benar cat kayu clear coat matte ini.

Panduan Menggunakan Cat Kayu Clear Matte
MAterial serat alam yang membutuhkan perlindungan dan penampilan dari cat kayu clear coat matte

Untuk media aplikasinya, clear coat matt dapat diaplikasikan pada berbagai jenis material alam seperti kayu, bambu dan juga rotan. Anda tidak perlu khawatir mengenai perlindungannya karena untuk perlindungan yang maksimal bisa Anda dapatkan menggunakan cat kayu Biovarnish. Produk ini memiliki berbagai macam sheen level atau beberapa tingkat glossy yaitu matte dan gloss.

Kelima tingkatan ini akan memberikan hasil lapisan yang berbeda. Salah satunya tampilan matt kebanyakan tidak tahan terhadap goresan karena matt memiliki pantulan cahaya yang rnedah ke indra penglihatan. Nah oleh karena itu jika teknik aplikasi tidak benar maka tidak hanya pada bagian datar, pada bagian permukaan kayu yang bergelombang juga akan menimbulkan tampilan yang buruk.

Menghindari permasalahan tampilan yang buruk maka Anda harus menggunakan produk yang tepat dan cara aplikasi yang benar seperti cat kayu Biovarnish yang aplikasinya hanya dengan kuas dan juga air namun hasilnya akan sangat sempurna.

Kenali Tipe Cat Kayu Clear Matte

Panduan atau langkah-langkah akan mudah Anda kuasai apabila Anda mengenal terlebih dahulu karakter dari cat kayu clear doft yang akan digunakan. Jika melihat dari sejarahnya, cat kayu dikenal dengan istilah varnish yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Tradisional varnish terbuat dari resin natural dan juga minyal atau solvent. Bahan vanrish ini sebelum digunakan harus dilarutkan terlebih dahulu menggunakan spiritus. Produk varnish ini hingga sekarang terdapat pada produk sheelac gum.

Panduan Menggunakan Cat Kayu Clear Matte
Shellac, cat kayu yang digunakan orang zaman dahulu untuk melapisi furniture.

Tipe varnish yang paling kuat terbuat dari bahan polyurethane, karena jenis ini akan sangat jernih tanpa adanya efek yellowing dan sangat kuat. Ada lagi jenis varnish lainnya yang terbuat dari bahan phenolics yang sering digunakan pada kapal namun seiring berjalannya waktu varnish jenis ini akan mudah menguning. Semua jenis produk terbsebut termasuk dalam solvent varnish yang terbuat dari resin dan dicairkan menggunakan thinner.

Selain jenis  solvent varnish ada juga water based varnish yang emmiliki hasil sama namun memberikan keunggulan lebih yaitu lebih cepat kering hanya dengan waktu sentuh kering 15 hingga 30 menit. Water based varnish tidak mudah cracking, chipping, bergelembung tahan air serta tahan solvent. Semua jenis water based varnish tidak memberikan efek menguning.

Baca Juga:  Cara Mengkilapkan Kayu Palet dengan Cat Water Based
Cat kayu water based yang kini lebih banyak digunakan untuk menggantikan shellac.

Nah jika Anda memilih anatara solvent based dan juga water based varnish atau clear coat doft ini manakah yang akan Adna pilih? Melihat dari keunggulannya, produk water based sangat mudah untuk digunakan selain itu juga memiliki sifat keunggulan yang lebih baik. Bahkan untuk tampilan doft yang cenderung buram ini water based varnish akan memberikan transaparansi yang sangat bagus sehingga serat kayu pun akan tetap terlihat.

Mengapa Memilih Tampilan Matte untuk Furniture?

Gloss dan matte adalah dua tampilan yang paling sering dipertimbangkan dalam finishing furniture. Clear coat adalah lapisan yang digunakan untuk memberikan salah satu dari tampilan tersebut. Selain itu clear coat adalah lapisan pertama yang nantinya terkena faktor eksternal perusak kayu. 

Sebut saja goresan karena penggunaan atau faktor rayap dan jamur. Clear coat dulu disebut dengan pernis, lapisan ini berwarna transparan namun memiliki tingkat glossy atau sheen level yang berbeda-beda. Matte adalah salah satu diantaranya yang memiliki sheen level sebesar kurang dari 10%. 

Dibandingkan dengan glossy, matte adalah tampilan yang paling jarang dipilih. Bahkan bukan hanya untuk finishing furniture kayu saja tetapi juga mobil hingga alat lainnya. Apa alasannya? Lalu jika tidak banyak yang memilih mengapa furniture harus menggunakan matte?

Ada beberapa alasan mengapa matte cocok untuk furniture, dengan alasan ini maka Anda akan tahu kapan harus menggunakan finishing matte pada furniture. 

  1. Memberikan kesan natural

Alasan yang pertama adalah matte tidak memiliki kesan mengkilap tinggi sehingga furniture akan memiliki tampilan natural yang sangat kuat. Jika Anda memiliki kayu yang mahal harganya dengan serat serta warna kayu yang sudah apik, sebaiknya tidak perlu lagi untuk memberikan tampilan gloss.

Matte saja sudah cukup untuk memperlihatkan kesan natural baik serat dan warna kayu. Justru jika Anda memberikan tampilan glossy, kesan natural justru berubah jadi lebih mewah. 

  • Memperlihatkan furniture seolah-olah tidak di finishing

Kesan natural memberikan tampilan seperti furniture tidak memiliki lapisan coating. Padahal terdapat clear coat di atasnya. Langkah ini biasanya dipilih ketika Anda tidak ingin menggunakan bahan poles kayu yang sama-sama bisa memperlihatkan kesan natural. 

Baca Juga:  Cabinet Penyimpanan Kristal Dengan Cat Kayu Mengkilap

Sayangnya bahan poles akan memberikan kesan sedikit mengkilap lebih tinggi dibandingkan dengan matte. Jadi banyak orang yang akhirnya beralih menggunakan matte dibandingkan bahan poles yang harus rutin diaplikasikan. 

  • Digunakan untuk furniture indoor

Alasan lainnya adalah ketika Anda ingin menggunakan furniture dalam ruangan. Permukaan kayu yang dilapisi dengan clear coat matte tidak memiliki kemampuan untuk menyamarkan goresan. Jadi jika furniture diletakkan di luar ruangan akan memperlihatkan goresan akibat perubahan cuaca serta faktor eksternal lainnya. 

Namun untuk furniture indoor, tampilan matte saja sudah sangat cukup. Apalagi bagi Anda yang ingin menerapkan gaya ruangan Skandinavia yang khas dengan tampilan naturalnya. Warna kayu yang terang sangat cocok diberikan lapisan clear coat matte. 

  • Bagus untuk kayu berwarna terang

Furniture untuk garden sebagian besar memanfaatkan kayu jati. Warnanya pun cenderung coklat muda atau terang. Warna kayu ini juga paling cocok menggunakan lapisan coating matte dibandingkan dengan gloss. Dengan adanya permukaan yang matte kayu tidak akan terlihat terlalu terang tetapi sedikit turun satu tingkatan warnanya. 

Berbeda jika Anda menggunakan tampilan gloss yang jika terkena cahaya lampu akan tampak terlalu terang. Oleh karena itu permukaan matte bisa memberikan kesan yang lebih dingin dibandingkan gloss.

Bagi Anda yang ingin menggunakan furniture tampilan matte, pastikan bahwa clear coat yang digunakan harus tepat. Contohnya seperti Biovarnish clear coat matte yang akan memberikan tampilan tersebut. 

Hanya saja karena tampilan matte ini tidak mudah menyamarkan goresan, perawatannya harus ekstra hati-hati. Misalnya saja furniture tidak boleh terlalu lama ditumpuk dengan barang yang terlalu berat karena sangat mudah menimbulkan goresan yang sangat terlihat. 

Teknik Aplikasi Cat Kayu Clear Matte Atau Varnish

Melihat dari teknik aplikasinya, water based varnish dapat diaplikasikan sebelumnya menggunakan berbagai amcam stain dan juga filler. Yang harus diperhatikan adalah bahwa semua tipe varnish mengering perlahan dan sulit untuk diaplikasikan jadi sangat penting bagi Anda untuk mengikuti langkah-langkah aplikasi celar coat mate berikut ini di awali dengan base coat.

Langkah awal, pada langkah awal ini Anda harus mempersiapkan bahan varnish yang baru dan alat aplikasi baru yang belum pernah digunakan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Jika tidak, sisa cat yang biasanya menempel pada kuas walaupun sudah dicuci akan mempengaruhi warna wood stain dan memperburuk hasil furnitur.  Tak hanya itu cat yang digunakan juga harus baru, Anda tentu tidak ingin cat yang mengering di sekitar tempat cat ikut terangkat menggunakan kuas ketika Anda akan mengaplikasikannya pada permukaan kayu.

Baca Juga:  Jual Plitur Sangkar Burung Biovarnish Water Based
Panduan Menggunakan Cat Kayu Clear Matte
Aplikasi Clear Coat Matte Dengan Kuas Halus

Langkah kedua, langkah ini adalah mempersiapkan kayu yang akan digunakan. Pastikan selalu kayu  yang akan digunakan harus siap dan sudah diamplas halus serta bebas dari debu sisa amplas atau kotoran lain yang masuk pada pori kayu. Proses mengaplikasikan akan lebih mudah jika Anda mengaplikaskan secara horisontal dibandingkan vertikal. Jadi sebelum Anda melakukan proses finishing sebaiknya Anda mengubah posisi material yang akan difinishing baik itu meja, kursi atua furnitur lainnya memiliki serat yang berbentuk horisontal. Lakukan satu kali kuasan sesuai arah serat kayu jangan berulang atau membolak balik.

Langkah ketiga, lakukan aplikasi cat kayu clear coat mate pada kayu yang telah disiapkan secara panjang dan halus setiap kuasan dan setiap lapisan pernis searah serat kayu. Jangan tiriskan atau haluskan sisa cat yang terdaopat pada kuas pada kaleng tempat penyimpanan cat karena akan mengakibatkan cat menemoal oada tutup kaleng dan berubah menjadi keras. Sebaiknya ketukan kuas beberapa kali hingga sisa kelebihan cat pada kuas bisa turun tanpa melalui dinding kaleng.

Sisanya Anda cukup mengikuti cara aplikasi setiap produk yang terdapat dalam kemasan kaleng cat baik itu jumlah campuran cat dan jumlah cat yang digunakan.

Proses Pengeringan Clear Coat

Proses pengeringan yang dibutuhkan water based varnish dibandingkan dengan solvent based varnish sangat cepat. Kunci utama jika Anda mengingnkanhasil finsihing yang halus dan juga rata maka tempat Anda meninggalkan atau menyimpan furnitur yang di cat harus kering, bersih dan bebas debu yang berterbangan. Tempat ini harus bersih karena untuk lapisan kering terakhir setidaknyav dibutuhkan waktu kering sempurna sekitar satu malam. Akan sangat mengeceeakan jika ternayta hasilnya buruk karena Anda menyimpan furnitur di temat yang berdebu, Debu akan mduah untuk menempel pada permukaan furnitur yang sudah dilapisi dengan varnish.

Jika Anda sedang emncari produk yang cepat kering atau mudah untuk diaplikasikan untuk hasil sempurna Anda bsia emnggunakan cat kayu water based dari Biovarnish. Tampilan Clear Coat yang diberikan bermacam-macam. Selain itu juga hasilnya sangat memuaskan. Untuk mendapatkan produk ini Anda bisa membelinya di hargacat.com.

Produk Biovarnish bisa langsung Anda dapatkan di Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin membeli cat kayu water based maka Anda bisa datang langsung bahkan bisa melakukan konsultasi khusus.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X