Perhatikan! Cara Mengecat Ulang Pintu Alumunium

Perhatikan! Cara Mengecat Ulang Pintu Alumunium

Pintu alumunium adalah jenis bahan untuk pintu yang terkenal sangat mahal. Namun karena harganya yang mahal tersebut, kualitasnya sangat tinggi. Banyak orang memilih bahan alumunium sebagai pintu karena ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

Nah bahan alumunium ini juga bervariasi, ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Pintu alumunium bisa digunakan sebagai pintu eksterior, pintu interior, sliding door, rolling door, dll.

Perhatikan! Cara Mengecat Ulang Pintu Alumunium
Pintu aluminium pada rumah modern.

Kelelbihan dari pintu alumunium ini bisa Anda temukan dalam hal-hal berikut ini:

  1. Kuat Dan Bagus

Untuk masalah kekuatan ini, produk alumunium adalah produk yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Strukturnya yang kuat namun dengan berat yang ringan mampu bertahan terhadap tegangan mekanik. Tak hanya itu, produk alumunium jika diubah menjaid pintu memiliki perawatan yang mudah.

  1. Estetika

Teknologi modern telah menciptakan berbagai macam jenis pintu alumunium yang memiliki desain menarik. Anda bisa memilih berbagai macam jenis desain yang sesuai dnegan kebutuhan. Bahkkan Adna bisa menggunakan pintu alumunium yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti kaca.

  1. Ketahanan

Konstruksi yang kuat dan juga kekuatan yang bagus maka ketahanan pintu yang terbuat dari alumunium memiliki ketahanan yang sangat baik. Ketahanan alumunium menahan musim pancaroba cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia. Tidak seperti pintu kayu yang akan mudah berayap dan juga mudah lapuk karena musim hujan.

  1. Mudah dipasang

Karena bobotnya yang ringan, pintu alumunium ini mudah dipasang walaupun untuk pemasangannya membutuhkan tukang khusus.

Bahan alumunium dalam jarak waktu tertentu khususnya untuk jenis pintu yang terkena air terus menerus seperti pintu kamar mandi pasti membutuhkan proses refinishing. Untuk harga yang lebih murah maka proses refinishing ini Anda perlu mengetahui cara mengecat ulang pintu alumunium yang tepat.

Baca Juga:  Penampilan Baru Sofa Lama dengan Kayu Palet

Ciri-Ciri Pintu Alumunium Yang Harus Difinishing

Jika Anda memilih aluminium yang bermutu rendah tentu saja untuk penampilannya hanya dalam jarak waktu dekat akan berubah menjadi rusak. Produk aluminium yang berkualitas rendah rentan terhadap perubahan cuaca, mudah sekali berkarat dan juga mudah sekali keropos. Ini sangat berkebalikan dengan keunggulan dari bahan aluminium yang berkualitas tinggi namun Anda juga harus mempersiapkan uang yang banyak untuk menggunakan bahan aluminium yang bagus.

Perhatikan! Cara Mengecat Ulang Pintu Alumunium
Pintu aluminium berkarat yang harus di refinishing

Jika Anda hanya mampu memiliki pintu aluminium yang memiliki kualitas rendah maka Anda bisa melihat ciri berikut ini. Berikut ini adlaah ciri-ciri dari pintu aluminium yang berkualitas rendah dan harus segera difinishing.

  1. Karat, timbulnya karat yang ada pada pintu aluminium disebabkan oleh beberapa macam faktor salah satunya air. Ini sering terjadi jika pintu digunakan sebagai pintu kamar mandi. Jika muncul beberapa karat apda bagian pintu maka itulah salah satu ciri penting pintu harus segera difinishing.
  2. Warna pudar. Anda akan menemukan kendala ini jika pintu digunakan pada outdoor seperti pintu garasi. Panas matahari serta perubahan cuaca akan sangat rentan sekali mengubah warna dari pintu alumunium menjadi pudar sehingga nilai estetikanya berkurang.
  3. Jamur, alumunium termasuk salah satu bahan yang juga mudah berjamur. Jamur pada alumunium ini biasnaya berwarna putih jadi jika alumunium Anda dilapisai cat yang berwarna gelap, jamur ini mudah ditemukan. Sama seperti halnya karat, jika terdapat jamur pada alumunium maka Anda harus segera melakukan refinishing.
  4. Bocor, bahan pintu aluminium ini sangat mudah bocor. Jadi jika Anda ingin memperbaiki bagian yang bocor maka sekaligus perbaiki warna dari alumunium. Biasanya ketika terjadi kebocoran, warna dari aluminium juga akan meudar sheingga proses refinsihing sangat dibutuhkan.
Baca Juga:  Harga Cat Kayu Jati BioColours Sesuai Finishing Kayu Jati Merah

Proses Mengecat Ulang Pintu Alumunium

Segera amati apakah pintu aluminium di rumah Anda memiliki keempat ciri pintu yang sudah harus di refinishing. Jangan sampai Anda melupakan proses refinishing padahal Anda sudah melakukan pengamatan. Bahkan jika perlu Anda harus segera menyewa tukang untuk melakukan proses refinishing. Namun jika Anda ingin melakukan proses refinishing adalah hal yang sangat  mudah. Berikut ini beberapa cara bagaiamana Anda bisa melakukan pengecatan ulang pada pintu aluminium.

Perhatikan! Cara Mengecat Ulang Pintu Alumunium
Menghilangkan karat pada pintu aluminium sebelum proses pengecatan.

Cara mudah mengecat ulang pintu aluminium adalah dengan menggunakan produk cat kayu besi Orchid. Produk cat kayu besi Orchid ini adalah produk cat water based yang sangat mudah diaplikasikan bahkan untuk material aluminium. Proses refinishing ini bahkan bisa Anda lakukan sendiri yaitu sebagai berikut ini:

  1. Hilangkan lapisan cat lama

Jika Anda akan melakukan refinishing maka hilangkan lapisan cat yang lama. Jika terdapat karat maka hilangkan karat tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan bahan khusus yang mampu menghilangkan cat lama pada aluminium.

  1. Persiapkan bahan

Jika aluminium sudah bebas dari lapisan coating yang lama maka pastikan juga aluminium sudah kering. Siapkan bahan finishing yaitu cat kayu besi Orchid sesuai dengan warna yang diinginkan, kuas nylon baru, tempat untuk mencampur cat, air, amplas nomor 400 dan kain lap.

  1. Pencampuran

Pertama lakukan pencampuran cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata.

  1. Pengecatan

Lakukan pengecatan dalam satu kali arah kuasan pada bidang pintu aluminium. Setelah itu Anda bisa mendapatkan permukaan pintu aluminium yang rata dan juga halus.

  1. Pengeringan

Proses pengeringan ini Anda bisa melakukannya tanpa dijemur pada panas matahari langsung. Proses pengeringan ini biasanya akan memakan waktu kurang lebih 60 menit.

  1. Pengamplasan
Baca Juga:  Jual Silica Gel White Untuk Kamera di Surabaya

Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas DuniaJika permukaan cat sudah kering maka Anda bsia melakukan proses pengamplasan. Karena Anda menggunakan produk water based maka utnuk debu amplas tidak akan berbau menyengat seperti ketika Anda menggunakan cat solvent. Amplas hingga mendapatkan permukaan kayu yang halus dan juga rata.

  1. Pengulangan

Anda bisa mengaplikasikan cat kayu besi Orchid ini berulangkali hingga mendapatkan hasil yang tebal dan juga sesuai dengan warna yang diinginkan. Pengulangan ini biasanya dilakukan mulai 2 hingga 3 kali pengulangan.

Proses refinishing pintu aluminum menggunakan cat water based lebih mudah karena Anda tidak memerlukan panas matahari dan juga tidak membutuhkan waktu penegringan yang sangat lama. Pada waktu ini Anda akan menghemat waktu refinishing selain itu juga tidak tergantung dengan panas matahari. Justru jika Anda menjemur dengan panas matahari hasilnya tidak akan maksimal.

Sebelum Anda melakukan refinsihing maka Anda memerlukan beberapa tips untuk mempermudah proses refinishing.

  • Pastikan Anda melakukannya di ruangan yang luas atau lebar sehingga sisa cat yang dikuaskan tidak menyebar kemana-mana.
  • Pastikan cat Orchid telah dicampur dengan rata agar hasil yang didapatkan tidak belang.
  • Jika terdapat cipratan cat pada bagian yang tidak diinginkan, Anda bisa segera menghapusnya dengan air.
  • Tutup bagian yang tidak akan di finishing dengan isolasi kertas

Segera dapatkan cat kayu besi Orchid dengan membeli melalui situs ini yang merupakan salah satu toko online bahan finishing water based yang aman dan ramah lingkungan. Bagi Anda yang ingin membeli secara langsung juga bisa dengan datang langsung ke alamat jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan – Jepara.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X