Metode Finishing Kayu Dengan Roller Coater

Finishing kayu dengan roller coater merupakan salah satu metode yang biasa digunakan di industri bahan kayu maupun furniture.

Metode Finishing Kayu Dengan Roller Coater

Dalam industri kayu maupun furniture, proses finishing memegang peranan penting. Proses ini secara umum bertujuan untuk memberikan proteksi atau perlindungan lebih lanjut terhadap media kayu, serta untuk meningkatkan estetikanya. Sehingga nilai jual dari kayu tersebut ikut meningkat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan melakukan proses finishing. Diantaraya, bahan finishing dan metode finishing yang digunakan. Memilih bahan finishing bukanlah perkara yang mudah. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kualitas, keamanan, kemudahan dalam aplikasi dan kesesuaian dengan permintaan hasil finishing dari customer.

Untuk pilihan metode aplikasi finishing kayu, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan. Bagi industri kecil, menggunakan mesin kapasitas besar seperti roller coater dan curtain coater mungkin belum diperlukan. Akan tetapi jika usaha Anda berskala besar, kedua jenis mesin aplikasi finishing kayu ini perlu dipertimbangkan untuk digunakan.

Finishing Kayu Dengan Roller Coater

mekanisme-roller-coaterMenggunakan roller coater sebagai mesin finishing merupakan salah satu pilihan yang bisa diambil bagi perusahaan-perusahaan yag bergerak di industri kayu dan furniture berbahan kayu. Penggunaan mesin ini akan sangat membant dalam memenuhi ketepatan produksi, baik dari segi waktu, kuantitas maupun kualitas.

Mesin roller coater pada dasarnya mengambil prinsip kerja dari roller yang sering dipakai untuk aplikasi cat tembok maupun cat kayu. Jika roller masih menggunakan tenaga manusia, roller coater sudah menggantinya dengan tenaga mesin. Sehingga hasilnya lebih terjaga, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Pada mesin roller coater terdapat dua roller yang ditempatkan di bagian atas dan bagian bawah. Roller bagian atas akan digunakan sebagai alat untuk aplikasi bahan finishing, sedangkan roller bawah berfungsi untuk membawa media kayu yang akan difinishing masuk ke mesin. Proses aplikasi dengan mesin ini hanya memerlukan sedikit orang sebagai operator, berbeda halnya jika proses finishing dilakukan dengan cara manual.

Baca Juga:  Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari

Itulah sedikit ulasan mengenai proses finishing kayu dengan roller coater. Untuk melengkapi kualitas dari hasil finishing, pastikan untuk menggunakan bahan finishing yang berkualitas dan aman serta ramah lingkungan. Karena biasanya produk kayu yang dilempar ke pasar luar negeri mensyaratkan penggunaan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan, seperti halnya produk finishing water based dari Bio Industries.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor hotline Bio Industries di 0274-388301, atau melalui 0878 3934 6433 untuk telepon dan whatsapp. Untuk email, silahkan kirimkan melalui info.bioindustries[at]gmail.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X