cat orchid

Cara Membuat Lemari Sepatu Kayu dan Alumunium Berpenampilan Unik

Salah satu jenis lemari yang tidak kalah pentingnya dengan lemari pakaian yaitu adalah lemari sepatu. Apakah Anda sudah memilikinya di rumah? Jika belum, cobalah untuk merencanakannya. Apabila Anda sudah memilikinya di rumah, apakah sudah memeliharanya dengan baik? 

Lemari sepatu yang tidak dirawat pastilah sangat mudah kotor dan rusak. Pasalnya lemari ini digunakan untuk menyimpan sepatu yang seringkali membawa kotoran. Jika ingin menjaga lemari ini tetap berpenampilan menarik, cobalah untuk mengganti lapisan cat luarnya. 

Ketika lemari sudah tidak memiliki tampilan yang menarik, pastilah Anda semakin malas untuk membersihkannya. Padahal membuat tampilan menjadi lebih baik juga membuat lemari lebih bertahan lama. Jadi Anda tidak perlu membeli lemari sepatu yang baru, proses finishingnya pun tidak terlalu sulit. 

Jika ingin membuat lemari sepatu kayu murah tampak lebih bagus bahkan mahal, maka pilih jenis cat yang tepat. Baik itu lemari yang terbuat dari kayu atau aluminium bisa menggunakan jenis cat yang sama. Apakah cat itu? Anda bisa menggunakan produk cat Orchid yang merupakan cat enamel. 

Kelebihan Cat Enamel Orchid untuk Lemari Sepatu

Mengapa Anda harus memilih cat Orchid untuk melakukan finishing pada lemari sepatu? Ada beberapa alasan mendasar mengapa cat Orchid begitu bagus untuk dipilih. Berikut ini macam-macam alasan yang bisa Anda perhatikan. 

  • Cat bisa digunakan pada kayu dan besi

Anda tidak perlu bingung ketika lemari di rumah mengkombinasikan bahan kayu dan besi. Kedua material ini bisa dilapisi dengan mudah oleh cat Orchid. Bekerja sebagai cat multifungsi, Orchid mampu menutup permukaan kayu ataupun besi dengan kuas saja. Lemari akan memiliki penampilan barunya. 

  • Aman dan ramah lingkungan
Baca Juga:  JANGAN!!! Finishing Kursi Garden Ini Tidak Aman Untuk Kesehatan Anda

Penggunaan bahan finishing untuk semua jenis furnitur kini harus lebih diperhatikan. Karena kebanyakan bahan cat memanfaatkan logam berat untuk pembuatannya. Dimana bahan tersebut menimbulkan polusi udara. Nah cat Orchid terbuat dari bahan dasar air sehingga penggunaannya pun turut menjaga keamanan lingkungan. 

  • Cat yang mudah diaplikasikan

Bagi orang awam, mengecat pasti menjadi proses yang sulit dilakukan. Kini tidak lagi karena Anda bisa menggunakan cat Orchid. Kemudahan aplikasinya dapat dilihat dari alat yang digunakan yaitu kuas berbulu nilon. Cat juga lebih cepat kering tanpa harus dijemur matahari. Saat di amplas akan sangat ringan dan lebih cepat halus. 

  • Memiliki banyak varian warna

Anda tidak akan pernah dibuat bingung ketika mencari warna yang sesuai. Cat Orchid menyediakan 24 jenis warna solid termasuk metalic di dalamnya. Jadi jika Anda ingin menggunakan warna-warna yang terang atau gelap cat Orchid adalah solusinya. 

Begitu banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam satu produk, apakah masih ingin beralih menggunakan produk lainnya? 

Cara Mengecat Lemari Sepatu Kayu dengan Cat Enamel

Saatnya mengecat, ada satu hal yang berbeda ketika Anda hendak mengecat lemari sepatu kayu dengan besi. Substrat kayu yang khas akan serat membuat Anda harus mengaplikasikan cat primer terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir karena primer yang digunakan juga mudah aplikasinya. 

Bahan dan alat yang perlu disiapkan sebelum mengecat adalah sebagai berikut ini. 

  1. 1 can cat Orchid sesuai warna yang diinginkan
  2. 1 can Bioduco primer 
  3. Kuas berbulu nilon
  4. Air
  5. 2 Wadah untuk melarutkan cat
  6. Amplas aluminium oxide nomor 400
  7. Kain lap bersih. 

Proses aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  • Bersihkan permukaan lemari sepatu dengan kain atau di amplas terlebih dahulu jika permukaannya masih terlalu kasar. 
  • Campurkan Bioduco primer coat dengan air ke dalam wadah. Aduk rata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan primer hingga mengering baru lanjutkan dengan pengamplasan ambang. 
  • Lartukan cat Orchid dengan air ke dalam wadah. Jumlah cat lebih banyak dibandingkan air agar tingkat warna lebih solid. Kuaskan ke arah serat sama seperti arah primer. Diamkan hingga kering dan amplas ambang. 
  • Anda bisa mengaplikasikan Orchid beberapa kali sebelum akhirnya mengering. Proses pengeringan akhir membutuhkan waktu semalam atau setara dengan 24 jam. 
Baca Juga:  Rahasia Finishing Lantai Kayu Sonokeling untuk Menampilkan Warna Eksotiknya

Hasil finishing dari cat Orchid pada lemari sepatu adalah semi gloss. Jika Anda kurang suka dengan tampilan gloss maka berikan lapisan akhir dengan Bioduco top coat matte. Namun jika yang terjadi justru sebaliknya, Anda suka dengan tampilan gloss maka gunakan Bioduco top coat gloss untuk lapisan akhirnya. 

Cara Mengecat Lemari Sepatu Aluminium dengan Cat Enamel

Mengecat lemari dengan bahan alumunium cukup berbeda. Karena aluminium tidak memiliki tampilan serat maka tidak dibutuhkan primer. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengecat jenis besi lainnya. Jadi cukup memilih cat Orchid yang tepat maka Anda sudah bisa langsung mengaplikasikannya. 

Bahan dan alat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut ini:

  1. 1 can cat Orchid sesuai warna yang diinginkan
  2. Kuas berbulu nilon
  3. Air
  4. 2 Wadah untuk melarutkan cat
  5. Amplas aluminium oxide nomor 400
  6. Kain lap bersih dan kering. 

Cara mengaplikasikan cat Orchid pada bahan alumunium:

  • Bersihkan permukaan lemari aluminium dengan kain lap. Jika terdapat karat sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dan keringkan. 
  • Larutkan cat Orchid dengan air, pastikan perbandingan adalah 1 bahan : 1 air. Aduk merata dan kuaskan tipis pada permukaan aluminium ke satu arah saja. 
  • Diamkan lemari selama  60 menit tanpa harus dijemur. Setelah kering lanjutkan dengan proses pengamplasan secara ambang. 
  • Bersihkan debu dan aplikasikan kembali cat Orchid hingga warnanya menjadi lebih tajam. 

Tips untuk bekerja pada material aluminium adalah lapisan cat harus tipis. Anda bisa mengaplikasikannya berulang kali. Lapisan terakhir bisa didiamkan selama 24 jam. Sama seperti aplikasi lemari kayu, Anda bisa menggunakan Bioduco top coat gloss atau matte sesuai keinginan. 

Tips Merawat Lemari Sepatu Berbahan Kayu

Dibandingkan dengan material aluminium, perawatan lemari sepatu kayu harus lebih cermat. Tanpa perawatan yang tepat lemari kayu akan lebih mudah berjamur, apalagi jika sepatu disimpan dalam keadaan basah. Oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dengan mudah dalam perawatanya. 

  • Memberikan alas pada bagian dalam lemari
Baca Juga:  Pilih Biovarnish Wood Filler Untuk Finishing Transparan Kayu

Rak dalam lemari yang digunakan untuk menyimpan sepatu sebaiknya dialasi dengan karet sehingga kotoran atau air tidak langsung menempel ke permukaan kayu. Cara ini sangat efektif dan jangan lupa untuk membersihkan alas tersebut setiap satu minggu sekali. 

  • Buka lemari sepatu sesering mungkin

Lemari bagian dalam adalah yang paling sering terkena jamur, oleh karena itu setiap satu minggu sekali buka lemari agar terkena sirkulasi udara. Selain itu Anda bisa meletakan bahan serap lembab di dalamnya. 

  • Lapisi dengan bahan poles

Demi mencegah jamur, Anda juga bisa memberikan lapisan poles seperti Biopolish Linseed Oil. Fungsinya adalah untuk membuat lemari sepatu tampak lebih kinclong. Lapisan poles juga akan mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan lemari. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X