Menggunakan Sanding Sealer Bambu untuk Refinishing Kursi

Menggunakan Sanding Sealer Bambu untuk Refinishing Kursi

Memulihkan kursi bambu mungkin sulit jika Anda tidak tahu metode yang tepat. Jangan hilangkan kesempatan untuk bisa lebih lama menggunakan kursi bambu yang telah usang, jadi jangan membuang furnitur bambu favorit Anda dulu. Berikan kursi bambu lama yang masih nyaman itu tampilan baru dan nikmati waktu Anda lebih banyak lagi menggunakannya.

Namun bagaimana cara agar mendapatkan kursi bambu yang terlihat kusam menjadi baru? Apakah langkah tepat yang harus dilakukan agar tidak merusak permukaan bambu dan masih bisa digunakan dalam waktu yang lama?

Apabila Anda ingin menggunakannya maka Anda bisa mengikuti langkah mudah dan tepatnya dalam artikel ini. Selain itu sanding sealer bambu yang wajib digunakan tidak boleh kelewatan. Jika menghendaki warna bambu yang natural maka Anda perlu menggunakan sanding sealer untuk memberikan warna transparan sekaligus lapisan dasar yang tepat. Nah jika Anda tidak ingin ketinggalan simak terus dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Lapisan Cat Lama Pada Kursi Bambu

Sebelum memulai pengecatan dengan sanding sealer bambu alangkah baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Apabila Anda ingin lapisan cat lama hilang dengan baik maka langkah yang tepat harus diaplikasikan.

Menggunakan Sanding Sealer Bambu untuk Refinishing KursiMenghilangkan lapisan cat lama bukan hanya sekedar menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Namun Anda juga harus memperhatikan bahwa prosesnya tidak merusak permukaan bambu.

Nah apa saja langkah aman yang bisa diikuti? Berikut ini langkah-langkah amannya:

  1. Bersihkan semua debu dan kotoran permukaan dengan debu atau debu yang ringan. Pemeliharaan teratur ingin membantu memperpanjang umur kursi bambu Anda secara signifikan.
  2. Amplas ke bawah setiap titik kasar, tepi tajam atau noda menggunakan amplas halus. Gosok area yang kotor dengan lembut dan konsisten sampai halus. Langkah ini tidak penting untuk barang yang lebih baru, tetapi jika kursi bambu Anda telah melihat hari yang lebih baik, Anda ingin memberinya wajah baru.
  3. Cuci bambu agar dihilangkan dan dilapisi dengan lapisan pelindung. Ambil spons atau busa dan masukan ke dalam campuran air, amonia dan sabun (sekitar setengah gelas air hingga 2 atau 3 sendok makan amonia dan beberapa tetes sabun). Benar-benar menekan spons sehingga hanya lembab dan tidak basah. Bersihkan seluruh permukaan kursi bambu Anda.
  4. Tempatkan kursi bambu Anda di bawah kipas angin listrik, atau jalankan pengering rambut di atasnya untuk membantu proses pengeringan. Karena lilitan bambu dengan mudah saat basah, perabotan harus kering sebelum Anda dapat merapikannya.

Tips : Untuk noda atau bintik yang sangat keras, gunakan sikat berbulu halus sebagai sikat gigi. Ini dapat membantu Anda masuk ke area dan celah yang sulit dijangkau. Perlu diperhatikan juga beberapa hal sebagai berikut ini:

  • Air yang berlebihan atau sinar matahari akan merusak perabotan bambu Anda. Jangan gunakan selang atau air dalam jumlah banyak untuk membersihkan bambu. Sebaliknya, gunakan metode kain basah. Keringkan dengan segera dan lengkap setiap kali kontak dengan air atau cairan.
  • Jangan meninggalkan furnitur bambu di bawah sinar matahari yang intens untuk jangka waktu yang lama, karenaini dapat merusak furnitur Anda lebih lanjut.

Cara Aplikasi Sanding Sealer BioColours Pada Kursi

Kini kursi bambu Anda telah hilang dari lapisan cat yang lama. Saatnya Anda memberikan lapisan sanding sealer bambu yang baru. Produk apakah yang cocok? Sejauh ini Anda bisa menggunakan sanding sealer water based seperti produk BioColours yang akan memberikan hasil tampilan menarik transparan bahkan aman untuk lingkungan.

BioColours sanding sealer bambu ini dirancang khusus agar dapat menempel pada permukaan kursi bambu dengan baik. Daya rekatnya tinggi ditambah dengan daya lenturnya. Bambu memiliki daya lentur yang sangat tinggi sehingga jika Anda ingin memiliki kursi berpenampilan yang bagus dan tahan lama maka daya lentur sanding sealer sangat dibutuhkan.

Menggunakan Sanding Sealer Bambu untuk Refinishing KursiSelain itu sanding sealer juga harus mendukung kursi agar tidak mudah rusak. Perlindungan ini diperlukan mengingat kursi akan sering digunakan dan terkena goresan adalah hal pertama yang akan merusak kursi.

Selain sanding sealer bambu sebagai pelindung Anda juga membutuhkan top coat. Top coat BioColours terdiri dari dua jenis yakni gloss dan juga matte. Kedua jenis top coat yang Anda pilih akan memberikan lapisan film kuat sehingga membuat kursi akan lebih tahan goresan. Jika Anda menginginkan agar lapisan lebih tebal maka Anda bisa mengaplikasikannya hingga dua kali lapisan.

Cara aplikasinya pun sangat mudah Anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya dan diaplikasikan menggunakan spray gun. Nah untuk proses aplikasinya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Amplas seluruh permukaan kursi bambu dengan amplas kasar Anda bisa menggunakan amplas nomor 220. Bersihkan debu amplas untuk hasil yang lebih halus dan juga rata.
  2. Jika permukana kursi bambu sudah halus, mulai untuk mencampurkan BioColours sanding sealer bambu dengan air. Masukan ke dalam alat semprot kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kursi bambu hingga rata. Tunggu lapisan sanding sealer ini kering selama 60 menit. Pastikan Anda tidak menjemurnya namun hanya diletakan di dalam ruangan saja. Ini akan mempercepat proses kering yang alami.
  3. Lanjutkan dengan proses pengamplasan. Pengamplasan dilakukan secara manual untuk mendapatkan hasl yang halus. Pengamplasan harus menggunakan amplas nomor 400 kemudian dilakukan secara ambang. Lakukan hingga permukaan sanding sealer bambu tidak kasar. Hilangkan debu amplas dengan seksama.
  4. Langlah akhir adalah menggunakan BioColours top coat pilihan. Gunakan top coat gloss atau matte sesuai dengan pilihan. Lanjutkan dengan pencampuran menggunakan air dalam wadah plastik. Masukan cairan ke dalam alat semprot kemudian semprotkan ke seluruh bagian kursi bambu. Jika sudah selesai tunggu kering selama 60 menit.
  5. Agar lapisan tebal Anda bisa mengaplikasikan top coat kembali setelah proses aplikasi yang pertama dan diamplas ambang. Semprotkan top coat kembali hingga rata kemudian tunggu kering selama semalaman atau 24 jam. Semakin lama maka Anda bisa mendapatkan kursi bambu yang kering.

Langkah aplikasi BioColours sanding sealer bambu dan juga top coat sangat mudah. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan menghemat budget karena proses aplikasinya hanya menggunakan air saja.

Tips agar mendapatkan hasil yang sempurna adalah gunakan perbandingan air dan juga bahan 2 bahan : 1 air. Jika Anda memiliki alat ukur NK2 maka dapatkan hasil 11-12 detik ini akan memastikan bahwa larutan cat sudah tepat. Namun jika Anda kesulitan maka bisa juga menggunakan sendok takar untuk menakar bahan dan juga pelarut.

Pastikan Anda tidak melakukan penjemuran kursi di bawah matahari langsung. Tidak seperti cat solvent, cat water based tidak cocok jika dijemur terlalu lama apalagi dijemur di bawah panas matahari langsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X