Bebas VOC, Ini Dia Sanding Sealer Non Toxic yang Banyak Dicari

Bebas VOC, Ini Dia Sanding Sealer Non Toxic yang Banyak Dicari

Banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami pentingnya penggunaan bahan cat yang aman dan ramah lingkungan. Alasannya adalah mereka mencari harga bahan cat atau finishing yang murah untuk menutup biaya produksi rendah dan mengambil keuntungan setinggi-tingginya. Inilah yang berlaku pada beberapa perusahaan furniture lokal yang menyediakan berbagai macam furniture kayu.

Perkembangan zaman berkata lain, penggunaan bahan finishing cat yang murah terbukti justru membahayakan kesehatan lingkungan khususnya furniture di dalam ruangan. Harga cat atau sanding sealer yang murah dikarenakan kandungan VOC yang tinggi. Kandungan VOC atau volatile organic compound yang tinggi adalah berbagai macam toxic bahan kimia berbahaya.

Termasuk di dalam VOC adalah timbal, merkuri, formalin, dan bahan kimia berbahaya yang lainnya. Jika tidak cermat maka pencemaran udara pada saat proses aplikasi dan sesudahnya tidak dapat dicegah. Bahayanya adalah berbagai macam efek di kemudian hari bahkan sampai turun temurun.

Memilih bahan finishing yang aman dan juga ramah lingkungan adalah langkah yang tepat. Ketika seseorang telah sadar dan memilih bahan finishing aman sebenarnya ada banyak sekali produk yang bisa digunakan. hasilnya pun tidak kalah dari cat atau sanding sealer ber VOC tinggi.

Nah dalam artikel ini akan dibahas satu per satu bahaya akibat penggunaan sanding sealer kandungan VOC tinggi dan juga apa produk sanding sealer non toxic yang selama ini banyak dicari.

Mengenal VOC dan Bahayanya Bagi Kehidupan Manusia

VOC adalah singkatan dari senyawa organik yang mudah menguap. VOC adalah bahan kimia yang dipancarkan sebagai gas dan dapat ditemukan di rumah Anda. Mebel, karpet, tirai, lantai kayu, oven, sistem pemanas, penyegar udara dan produk pembersih semuanya mengandung VOC. Dan mempertimbangkan berapa banyak yang kita habiskan di rumah kita (dan rumah orang lain).

VOC termasuk beberapa bahan kimia berbeda yang memiliki berbagai efek kesehatan jangka pendek dan panjang. Tingkat keparahan konsekuensi kesehatan dan konsekuensi kesehatan akan tergantung pada sumber spesifik kontaminasi.

Bebas VOC, Ini Dia Sanding Sealer Non Toxic yang Banyak DicariBeberapa efek jangka pendek yang langsung bisa dirasakan jika menghirup VOC dalam udara adalah sebagai berikut ini:

  • pusing
  • sakit kepala
  • kebingungan
  • kelelahan
  • Iritasi saluran pernafasan
  • batuk
  • Nafas berbunyi atau terbatas
  • Mimisan (formaldehid)

Beberapa gejala yang lebih tidak berbahaya seperti pusing dan sakit kepala mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang paling serius dan berbahaya dalam jangka panjang selanjutnya.

Jika Anda merasa lelah, Anda mungkin ingin memantau kadar karbon monoksida (CO) di rumah Anda. Kombinasi beberapa sumber karbon monoksida seperti asap tembakau lingkungan, oven, dan sistem pemanas. Paparan CO muncul sebagai sesuatu yang disebut “carboxyhemoglobin” dalam darah Anda. Jika Anda mengalami sakit kepala dan kelelahan, kadar CO bisa setengah jalan ke tingkat penyebab.

Anda akan mulai mengalami kelelahan dan sakit kepala ketika tingkat karboksihemoglobin mencapai 30 persen dalam darah Anda. Kehilangan kesadaran dan kematian pada paparan lanjutan terjadi pada kejenuhan 60 persen karboksihemoglobin, menurut EPA.

Sedangkan efek jangka panjang ketika menghirup banyak VOC adalah:

  • asma
  • Reaksi kulit alergi (kadang-kadang berlangsung sampai kontaminan dihilangkan)
  • Kehilangan pendengaran
  • Tremor, cat koordinasi (logam berat seperti timbal di udara dan uap merkuri), kram otot
  • Seizure / kehilangan kesadaran
  • Defisit belajar kronis
  • hiperaktif
  • Kurangi rentang perhatian
  • Demam intermiten
  • Perubahan kepribadian
  • Disfungsi neurologis
  • Kanker paru-paru

Ada banyak konsekuensi kesehatan jangka panjang negatif dari paparan senyawa organik yang mudah menguap juga.

Beberapa tanda-tanda eksposur VOC jangka panjang mungkin tampak normal atau mirip dengan reaksi alergi kulit atau kram kaki. Jika Anda memiliki alergi yang tak dapat dijelaskan, penyakit pernapasan, sesak dada, atau perubahan pernapasan, cobalah untuk memikirkan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan dalam ruangan yang baru.

Kanker paru-paru adalah kekhawatiran serius tentang konsekuensi kesehatan jangka panjang dari VOC. Radon adalah penyebab utama kedua kanker di Amerika dan National Cancer Institute memperkirakan bahwa 15.000 hingga 22.000 kematian akibat kanker per tahun terkait dengan radon.

Bebas VOC, Ini Dia Sanding Sealer Non Toxic yang Banyak DicariDampak negatif dari senyawa organik yang mudah menguap tidak terbatas pada manusia yang hidup. Bayi dan wanita hamil dengan demikian beresiko ekstrim mengalami konsekuensi dari VOC. Kementerian Lingkungan Hidup di Korea melakukan studi ekstensif terhadap 1.558 wanita hamil di tiga kota dan menemukan korelasi kuat antara paparan VOC (terutama bahan kimia dari pembersih dan penyegar udara, dan benzena kimia) hingga berat lahir yang lebih rendah. Paparan ke beberapa VOC logam berat telah dikaitkan dengan peningkatan risiko ketidakmampuan belajar pada anak-anak, menurut EPA.

Produk Sanding Sealer Non Toxic yang Harus Digunakan

Apabila VOC mengakibatkan banyak hal berbahaya bagi tubuh baik jangka pendek dan jangka panjang maka pencegahan selalu bisa dilakukan sekarang juga. Pemeliharaan lingkungan yang aman dengan mengurangi paparan karbon dioksida dalam ruangan adaalh hal yang wajib dilakukan. Salah satunya mengganti sanding sealer solvent dengan sanding sealer non toxic.

Kebanyakan perusahaan dan pengguna furniture luar negeri kin sangat sensitif dengan isu yang terkait masalah kesehatan dan keamanan lingkungan. Mereka akan memilih untuk menggunakan jenis cat aman seperti sanding sealer water based yang bebas VOC.

Sebenarnya bukan bebas sama sekali hanya saja kandungan VOC yang digunakan tidak tinggi sehingga tidak akan mengancam nyawa penggunanya. Produk sanding sealer yang ditawarkan dan harus digunakan kali ini adalah BioColours.

Cat kayu BioColours memiliki seri sanding sealer yang berkadar VOC sangat rendah bahkan sangat rendah dari regulasi yang digunakan sebagai standar keamanan pembuatan bahan finishing. Sanding sealer BioColours adalah produk cat aman dan ramah lingkungan serta tidak menimbulkan bau menyengat.

Proses aplikasinya yang mudah hanya menggunakan alat semprot saja akan memberikan perlindungan dan berfungsi sebagai cat dasar atau cat intermediate yang berkualitas. Bagi Anda yang ingin menggunakan cat sanding sealer sebaiknya gunakan produk BioColours.

Nah untuk rangkaian aplikasi sanding sealer maka dibutuhkan juga wood filler, wood stain serta top coat yang sama. Dalam merk BioColours Anda akan menemukan rangkaian produk series, jadi Anda tidak perlu mencari seri dengan merk yang berbeda.

Sanding Sealer BioColours adalah produk cat water based Indonesia yang cepat kering dengan hasil maksimal. Tidak perlu bingung dan khawatir untuk menggunakan cat ini baik di dalam ruangan maupun untuk furniture di luar ruangan. Kapan saja Anda akan menggunakannya pastikan saja Anda melakukan pengeringan di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Kecepatan kering diakibatkan bahan dasar air yang dapat menguap dengan mudah bahkan tanpa harus dijemur di bawah panas matahari. Pilihan warna dari wood stain BioColours juga tersedia lengkap. Tidak perlu bingung apalagi mendapatkan hasil finishing natural transparan. Semuanya akan didapatkan dengan sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X