Sanding Sealer Water Based Bebas Lead

Sanding Sealer Water Based Bebas Lead

Menggunakan bahan cat yang aman untuk furniture seringkali tidak terpikirkan oleh banyak orang tua. Padahal ketika tidak menggunakan bahan finishing yang aman ada banyak masalah kesehatan yang dapat terperngaruh. Apakah Anda adalah salah satu orang yang tidak memikirkan masalah kesehatan ini? Jika iya sebaiknya Anda berfikir ulang untuk mencoba menggunakan bahan finishing yang lebih mana.

Dalam bahan finishing seperti sanding sealer yang banyak digunakan, ada beberapa masalah yang bisa timbul karena penguapan sanding sealer yang pada akhirnya justru membuat masalah. Bahan kimia ini antara lain adalah timbal, formalin dan juga merkuri.

Nah dalam artikel ini Anda akan mengetahui apa bahaya jika terlalu banyak menghirup gas yang keluar dari sanding sealer khususnya timbal. Bahkan bagaimana dampaknya bagi kesehatan anak-anak.

Bahaya Timbal Untuk Lingkungan dan Manusia

Orang-orang dapat tercemar oleh timbal melalui sumber pekerjaan dan lingkungan. Ini terutama hasil dari:

  • Menghirup partikel timbal yang dihasilkan oleh bahan bakar yang mengandung timbal, misalnya, selama peleburan, pendauran ulang, pengupasan cat bertimbal, dan menggunakan bensin bertimbal atau bahan bakar penerbangan bertimbal
  • Konsumsi debu yang terkontaminasi timbal, air (dari pipa bertimbal), dan makanan (dari wadah timbal-glazur atau timbal-solder).

Sumber paparan tambahan adalah penggunaan jenis kosmetik dan obat-obatan yang tidak diatur. Tingginya tingkat timbal, misalnya, telah dilaporkan dalam jenis kohl tertentu, serta beberapa obat tradisional yang digunakan di negara-negara seperti India, Meksiko, dan Vietnam. Oleh karena itu, konsumen harus berhati-hati hanya untuk membeli dan menggunakan produk yang diatur.

Sanding Sealer Water Based Bebas LeadBerikut ini bahaya timbal yang terpapar oleh cat sanding sealer konvensional dan bahan lainnya.

  • Timbal adalah racun kumulatif yang mempengaruhi sistem tubuh ganda dan sangat berbahaya bagi anak-anak.
  • Timbal dalam tubuh didistribusikan ke otak, hati, ginjal dan tulang. Itu disimpan di gigi dan tulang, di mana ia terakumulasi dari waktu ke waktu. Paparan manusia biasanya dinilai melalui pengukuran timbal dalam darah.
  • Timbal dalam tulang dilepaskan ke dalam darah selama kehamilan dan menjadi sumber paparan janin yang sedang berkembang.
  • Tidak diketahui tingkat paparan timbal yang dianggap aman.
  • Paparan timbal dapat dicegah.
Baca Juga:  Tips Para Profesional Ketika Menggunakan Primer pada Kayu

Anak-anak kecil sangat rentan untuk menyebabkan keracunan karena mereka menyerap 4-5 kali lebih banyak tertelan sebagai orang dewasa dari sumber yang diberikan. Selain itu, rasa ingin tahu bawaan anak-anak dan perilaku tangan-ke-mulut yang sesuai usia mereka menghasilkan mulut dan menelan benda-benda yang mengandung timbal atau berlapis timah, seperti tanah atau debu yang terkontaminasi dan serpihan dari cat yang mengandung timbal yang membusuk.

Rute paparan ini diperbesar pada anak-anak dengan gangguan psikologis yang disebut pica (keinginan terus-menerus dan kompulsif untuk makan barang-barang non-makanan), yang mungkin, misalnya memilih di, dan makan, cat bertimbal dari dinding, kusen pintu dan perabotan. Paparan ke tanah dan debu yang terkontaminasi timbal yang dihasilkan dari daur ulang baterai dan penambangan telah menyebabkan keracunan timbal massal dan banyak kematian pada anak-anak muda di Nigeria, Senegal dan negara-negara lain.

Begitu timbal memasuki tubuh, ia didistribusikan ke organ-organ seperti otak, ginjal, hati, dan tulang. Toko tubuh memimpin di gigi dan tulang di mana ia terakumulasi dari waktu ke waktu. Timbal yang disimpan dalam tulang dapat dimobilisasi kembali ke dalam darah selama kehamilan, sehingga mengekspos janin.

Anak-anak yang kekurangan gizi lebih rentan untuk memimpin karena tubuh mereka menyerap lebih banyak timah jika nutrisi lain, seperti kalsium atau zat besi, kurang. Anak-anak yang berisiko paling tinggi adalah yang sangat muda (termasuk janin yang sedang berkembang) dan yang miskin.

Dia Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) memperkirakan bahwa pada tahun 2016 paparan timbal menyebabkan sekitar 540.000 kematian dan 13,9 juta tahun dari hilangnya hidup sehat (disability-adjusted life years (DALYs)) di seluruh dunia karena efek jangka panjang pada kesehatan. Beban tertinggi terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Baca Juga:  Finishing Sanding Sealer untuk MDF Warna Kayu Mahoni

IHME juga memperkirakan bahwa pada tahun 2016, paparan timbal menyebabkan 63,8% dari beban global kecacatan perkembangan idiopatik, 3% dari beban global penyakit jantung iskemik dan 3,1% dari beban global stroke.

Merk Sanding Sealer Water Based Terpercaya

Begitu berbahayanya sanding sealer konvensional sebaiknya Anda mulai beralih dengan menggunakan sanding sealer water based. Mengapa harus sanding sealer water based? Karena bahan air menggantikan bahan kimia berbahaya seperti timbal dan lainnya. Bahkan bahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga Anda tidak perlu khawatir akan masalah kesehatan dan kandungan timbal yang ada.

Sanding Sealer Water Based Bebas LeadDalam sanding sealer water based semua bahan kimia dibatasi. Contohnya seperti merk sanding sealer water based BioColours. Sebagai produk sanding sealer water based kandungan VOC yang termasuk di dalamnya adalah timbal dan formalin hanya sebatas 50gr per liternya. Padaahal beberapa regulasi luar negeri seperti US EPA dan ECHA mengatur penggunaan VOC hanya sebatas 300gr per liternya.

Rendahnya kandungan timbal atau VOC di dalamnya membuat sanding sealer BioColours ini aman dan ramah lingkungan. Bagi anak-anak pun tidak menjadi masalah apabila Anda akan menggunakannya sebagai lapisan mainan kayu.

Kebiasaan anak-anak untuk memasukan mainan ke dalam mulut tidak akan membuat kandungan timbal masuk ke dalam tubuh. Jika Anda ingin menggunakan mainan anak-anak dengan BioColours pastikan Anda telah melapisinya dengan top coat BioColours juga.

Selain sanding sealer, BioColours juga memiliki produk top coat yang aman digunakan pada mainan anak-anak. Lalu bagaimanakah dengan cara aplikasinya? Apakah mudah? Ada banyak keuntungan lain yang akan didapatkan selain keamanan dari sanding sealer.

Keuntungan yang akan didapatkan adalah sebagai berikut ini:

  1. Kecepatan proses finishing yang didukung oleh kecepatan bahan untuk mengering. Anda tidak perlu lagi kesulitan dalam menunggu proses kering lama bahkan tergantung dengan panas matahari. BioColours sanding sealer adalah bahan yang sangat mudah untuk diaplikasikan karena kecepatan kering tinggi dan tanpa bantuan panas matahari. Cukup mengeringkan dalam ruangan bersih dengan ventilasi udara yang baik.
  2. Hasil rata dan halus, dimana lagi Anda akan mendapatkan hasil finishing yang rata dan juga halus? Jika Anda menggunakan BioColours, aplikasi dengan spray gun akan memberikan hasil yang rata dan juga halus. Tidak ada cacat dan saging yang dihasilkan.
  3. Sanding sealer water based juga akan menutup pori kayu dengan baik. Hanya dengan menggunakan spray gun cat akan menempel sekaligus menjadi cat dasar kayu. Apabila Anda ingin melakukan finishing open pore, produk ini akan baik menjadi cat dasar kayu.
  4. Hasil warna transparan tanpa ada efek menguning seperti yang ditunjukan oleh penggunaan sanding sealer konvensional. Efek menguning kebanyakan disebabkan oleh kandungan formalin yang tinggi. Namun karena sanding sealer water based mengandung formalin rendag maka Anda tidak akan menemukan efek menguning sama sekali.
Baca Juga:  Tips dan Teknik Mengecat Kayu Layaknya Profesional

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X