Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Cat duco dahulu adalah cat otomotif atau cat yang hanya digunakan untuk mobil dan motor. Cat tersebut merupakan merk salah satu cat motor,motif yang diproduksi di luar negeri. Namun semakin kesini, cat duco banyak diciptakan untuk berbagai material salah satunya adalah kayu.

Cat duco kayu di Indonesia merupakan cat yang digunakan untuk menghasilkan warna solid dan juga metalik. Kedua warna ini akan menutup warna kayu dan seratnya menjadi warna yang benar- benar berbeda.

Contoh dari warna solid misalnya seperti warna merah, hijau, kuning, biru, dll. Sedangkan contoh dari warna metalik seperti silver, pearl, dan gold. Warna-warna tersebut dipilih sesuai selera dan juga kebutuhan furniture.

Mengapa cat duco digunakan? Selain alasan selera cat dipilih karena jenis kayu yang akan di finishing memiliki banyak cacat. Tampilan cacat pada kayu bisa disebabkan oleh jamur, penggunaan kayu bekas, atau banyak lubang yang ingin ditutup dengan dempul.

Maka disinilah cat duco berperan penting untuk bisa menutup tampilan cacat pada kayu tersebut. Furniture yang sering menggunakan cat duco tidak lain adalah furniture dapur. Ingin dapur tampak bersih maka warna solid yang terang patut untuk diaplikasikan.

Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Memilih cat duco untuk furniture dapur tentu tidak boleh sembarangan. Hal ini berkaitan dengan keamanan dari cat duco. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cat terbuat dari bahan kimia yang bisa saja berbahaya.

Jika tidak berhati-hati maka cat yang digunakan pada furniture dapur bisa saja berbahaya. Lalu bagaimana memilih cat duco untuk dapur yang aman? Seperti apakah cat duco yang akan menghasilkan warna sempurna serta tahan lama.

Ketahui juga bagaimana cara aplikasi cat duco yang terbaik untuk furniture dapur. Semua ulasan mengenai cat duco untuk furniture dapur akan secara lengkap disajikan dalam artikel ini.

Baca Juga:  Cara Finishing Baby Furniture Warna Putih

Memilih Cat Duco yang Aman untuk Diaplikasikan

Permasalahan utama yang sering ditimbulkan dari cat duco adalah keamanan. Aman tidaknya sebuah produk akan mempengaruhi lingkungan serta orang yang mengaplikasikannya. Seperti apakah cat duco yang aman?

Cat duco yang aman tidak memiliki kandungan logam berat yaitu voc (volatile organic compound). Kandungan tersebut bisa saja tidak digunakan atau penggunaannya dibatasi agar aman.

Ada beberapa ciri yang bisa Anda cermati mengenai kandungan voc dalam cat duco sebagai berikut ini:

  • Memiliki harga yang lebih mahal. Semakin tinggi kandungan voc maka harga cat akan semakin murah. Sebaiknya pilih cat dengan harga mahal yang terbukti kandungan voc-nya rendah.
  • Tidak menimbulkan aroma menyengat. Kandungan voc yang tinggi akan menimbulkan bau menyengat terutama ketika Anda membuka kaleng pertama kali. Aroma tersebut adalah formalin yang menguap disebut formaldehyde.
  • Hasil warna tahan lama. Cat dengan kandungan voc tinggi khususnya untuk clear atau top coat biasanya akan mudah menguning. Hal ini bisa dilihat setelah beberapa lama cat mengering.

Ketiga hal tersebut perlu dicermati dan sudah cukup untuk mengenali apakah kandungan voc tinggi dalam cat duco. Pada kemasan cat biasanya juga terdapat tulisan berapa jumlah kandungan voc di dalamnya.

Beberapa regulasi mengenai keamanan penggunaan bahan kimia memberikan batasan standar penggunaan voc yang aman. Misalnya saja seperti ECHA (Environmental Protection Agency) mereka memberikan batasan voc 50 gram per liternya.

Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Selain keamanan perhatikan juga bagaimana kualitas yang akan dihasilkan. Kualitas utama yang harus diperhatikan adalah daya tutup yang diberikan. Tidak semua cat duco memiliki daya tutup yang bagus untuk furniture.

Beberapa jenis cat masih memperlihatkan serat dan juga warna kayu walaupun sudah diberikan beberapa lapisan. Serat dan warna kayu yang terlihat menandakan bahwa cat tidak memiliki daya tutup maksimal.

Baca Juga:  Suplier Cat Kayu Orchid

Kualitas yang lain dan perlu diperhatikan adalah ketajaman warna yang diberikan. Warna tajam harus sebanding dengan ketahanannya. Warna tidak boleh mudah luntur atau  memudar walaupun telah digunakan dalam waktu yang lama.

Dilihat dari semua kualitas dan keamanan cat duco, cat dengan bahan air yang paling memenuhi semuanya. Cat berbasis air bukan cat yang mengandung bahan voc tinggi. Selain itu cat juga memiliki daya tutup dan ketahanan yang bagus.

Produk cat duco water based yang berasal dari Indonesia tidak kalah bagus kualitasnya dengan merk dagang luar negeri adalah Bioduco. Cat ini dapat digunakan pada segala jenis kayu. Bahkan untuk furniture dalam ruangan dan luar ruangan.

Daya rekat dan daya sebar yang luas menjadi keunggulan. Setiap satu kilogram cat mampu menutup dengan sempurna 8-10 m2 permukaan kayu dalam satu lapisan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil finishing kuat gunakan cat ini dan pastikan proses aplikasinya tepat.

Cara Aplikasi Cat Duco Water Based

Bagaimana Anda mengaplikasikan cat akan sangat berpengaruh dengan hasilnya. Produk Bioduco dirancang khusus agar bisa diaplikasikan dengan mudah menggunakan alat spray. Jika Anda ingin menggunakan cat ini secara sempurna maka aplikasikan empat produk secara berurutan.

Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Keempat produk tersebut adalah Bioduco wood putty, primer, solid color atau metalic color dan terakhir top coat. Ada dua pilihan warna yaitu warna solid dan kedua warna metalic. Sedangkan untuk top coat Anda bisa memilih antara matte dan gloss.

Proses aplikasi semakin mudah karena bahan pelarut yang digunakan hanyalah air. Anda tidak perlu lagi membeli thinner sebagai bahan pelarut yang juga tidak aman bagi kesehatan lingkungan.

Baca Juga:  Ini Dia Daftar Harga Cat Besi Tempa Tahun Ini

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti ketika mengaplikasikan Bioduco water based.

  • Amplas seluruh permukaan furniture dapur dari kayu. Dilakukan pengamplasan hingga halus maksimal dengan kertas amplas nomor 220. Bersihkan debu amplas dan kotoran lainnya dari permukaan agar tidak menyumbat pori.
  • Aplikasikan Bioduco wood putty, khususnya pada bagian cacat kayu seperti lubang. Tutup semua cacat dengan dempul kayu ini kemudian tunggu kering. Lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 240 hingga halus.
  • Campurkan Bioduco primer coat dengan air, dapatkan larutan hingga 11-12 detik NK2 kemudian masukan ke tabung spray. Semprotkan merata dengan teknik cross spray dan tunggu kering.
  • Proses pengamplasan lapisan primer dan lapisan coating lainnya dilakukan secara ambang. Gunakan kertas amplas nomor 400. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan kayu dengan baik.
  • Campurkan Bioduco color sesuai pilihan Anda, dapatkan tingkat larutan yang sama dengan primer. Semprotkan cat merata, tunggu kering dan amplas. Jika warna kurang sesuai Anda bisa mengaplikasikan dua hingga tiga lapisan cat.
  • Campurkan Bioduco top coat dengan air dan dapatkan larutan yang sama. Bisa juga menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan tuang ke alat spray. Tunggu kering kemudian lanjutkan dengan pengeringan.

Proses kering lapisan akhir atau top coat ini membutuhkan waktu semalaman. Waktu tersebut akan membuat furniture dapur telah dilapisi dengan coating yang kering dan juga kuat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X