Tahukah Anda Chalk Paint Indonesia yang Aman Digunakan?

Tahukah Anda Chalk Paint Indonesia yang Aman Digunakan?

Jika Anda adalah seorang DIY di bidang perkayuan maka proses finishing akan menjadi materi yang cukup banyak untuk dipelajari. Anda mungkin telah menciptakan sebuah karya dari kayu yang sangat rumit, dan karena tidak mengenal bahan finishing hasilnya tidak memuaskan.

Ya, bahan finishing sangat mempengaruhi hasil akhir dari karya Anda. Salah menggunakan warna atau salah mengaplikasikannya menggunakan teknik tertentu akan membuat karya menjadi tidak menarik.

Perubahan pada hasil finishing bisa Anda hindari dengan mempelajari apa saja finishing yang bisa digunakan. Anda mungkin pernah sedikit mendengar tentang cat kapur. Jenis cat ini bukan berarti adalah cat yang menimbulkan efek kapur.

Cat kapur atau chalk paint sudah digunakan sejak lama dan tidak asing lagi di dunia woodworking. Cat dekoratif ini terkenal dengan tampilan matte atau berkapur maka disebut sebagai chalk paint.

Chalk paint juga bukan merupakan cat yang digunakan untuk aplikasi papan blackboard atau papan yang bisa digunakan untuk menulis dengan kapur. Cat ini tekrenal untuk hasil finishing gaya vintage yang sedikit rusak.

Proses aplikasinya sangat mudah sehingga tidak akan mempersulit bagi Anda yang masih dalam tahapan pemula. sudah tidak sabar untuk menggunakan chalk paint? Apakah produk chalk paint yang ada di Indonesia terbaik?

Semua hal tentang chalk paint bisa Anda ketahui disini.

Apakah Chalk Paint Itu?

Banyak yang masih belum bisa mendeskripsikan sebenarnya apakah chalk paint itu. hal ini sebabkan karena chalk paint sendiri awalnya adalah merek dagang dari produk cat luar negeri yaitu Annie Sloan. Namun untuk mendapatkan produk tersebut di Indonesia akan membutuhkan banyak uang.

Mahalnya harga dari chalk paint impor tersebut membuat banyak DIY akhirnya berkreasi dan melakukan banyak percobaan untuk mendapatkan hasil yang sama. Mendapatkan hasil cat kapur tidak mudah karena perlu pencampuran warna dan bubuk kapur yang merupakan cat khusus.

Tahukah Anda Chalk Paint Indonesia yang Aman Digunakan?

Cara tersebut perlu memakan lebih banyak waktu dan percobaan untuk mendapatkan warna yang sesuai. Kebanyakan akan gagal jika terlalu banyak bubuk kapur atau bahan pelarut. Seringkali setelah chalk paint tersebut kering DIY akan menambahkan lapisan wax.

Penambahan  wax sebagai hasil akhir ini akan memberikan efek warna matte atau patina sehingga nuansa vintage sangat terasa. Tergantung dengan kebutuhan, furniture vintage dengan chalk paint dapat digunakan untuk berbagai gaya dekorasi rumah. Mulai dari minimalis hingga bohemian.

Cat kapur berbeda dengan cat tradisional atau cat solid. Walaupun memiliki hasil matte salah satu keunggulan lainnya adalah tidak membutuhkan terlalu banyak persiapan. Anda bahkan bisa mengecat diatas permukaan kayu yang bersih dan kering.

Bisa juga Anda bisa mengaplikasikan chalk paint di atas permukaan kayu yang telah dicat. Asalkan jenis cat yang digunakan memiliki bahan sama dengan chalk paint yang diaplikasikan.

Konsistensi dari chalk paint yang bagus membuatnya tidak mudah sagging ketika diaplikasikan baik menggunakan kuas atau alat semprot. Cat yang berjalan dengan baik ini akan memberikan lebih banyak detail sehingga bisa digunakan untuk berbagai furniture yang memiliki banyak ukiran.

Chalk paint terbuat dari bahan dasar air sehingga Anda bisa membersihkannya dengan sabun dan air bukan thinner. Langkah ini mempermudah ketika cat menetes di tempat yang tidak diinginkan.

Cara menggunakan chalk paint untuk furniture menghasilkan matte lebih mudah dibandingkan cara aplikasi cat solid. Bahkan beberapa orang sering menggunakan chalk paint untuk dinding dan lantai kayu.

Efek yang matte dan juga beberapa bagian yang tidak sempurna adalah daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya. Hasilnya akan mengubah sebuah lemari kamar tidur menjadi lebih menonjol atau sebuah meja makan dengan kesan vintage kental.

Bagian terbaik pada saat mengecat menggunakan chalk paint adalah saat melakukannya Anda tidak perlu khawatir untuk menghilangkan lapisan cat lama. Artinya tidak banyak waktu yang dihabiskan untuk finishing.

dan, jika Anda ingin penampilan furniture yang sangat halus perlu pengamplasan terlebih dahulu. Membersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain basah sebelum menguaskan chalk paint.

Jenis cat ini relatif tebal dan tidak tembus cahaya, jadi tergantung pada warna apakah yang sebelumnya digunakan. Warna cat lama mungkin masih mempengaruhi jadi Anda bisa mengaplikasikan dua lapisan cat chalk paint.

Bioduco Chalk Paint, Produk Indonesia yang Aman

Chalk paint yang aman terbuat dari bahan air, sehingga tidak ada lagi polusi di udara berasal dari penguapan cat. Tidak hanya itu selama proses pengecatan, Anda tidak lagi akan diganggu dengan bau menyengat keluar dari cat.

Bioduco chalk paint merupakan salah satu produk cat kayu untuk hasil finishing kayu yang aman. Produk ini terbuat dari bahan dasar air dimana Anda juga akan menggunakan air sebagai pelarutnya.

Cat yang aman dibuktikan dengan standar produksi menggunakan bahan logam berat terbatas. Toxic seperti timbal, merkuri dan formalin tidak berlebihan. Tentu tidak akan menimbulkan bau yang menyengat ke udara.

Tahukah Anda Chalk Paint Indonesia yang Aman Digunakan?

Tidak hanya aman, cat buatan dalam negeri ini juga memberikan banyak keuntungan yang lainnya. Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut ini:

  • Aplikasi mudah

Chalk paint terkenal dengan aplikasi yang sangat mudah. Cat Bioduco ini bisa diaplikasikan menggunakan kuas dan spray gun tergantung dengan kebutuhan. Kuas bisa digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih natural yakni menampilkan bekas sapuan yang tidak sempurna.

Sedangkan untuk spray gun bisa Anda gunakan untuk menampilkan permukaan kayu yang lebih halus dan merata. Keduanya memberikan aplikasi mudah dan bebas sagging yang sama dengan chalk paint merk impor.

  • Cepat kering

Kecepatan kering dari Bioduco chalk paint sama seperti cat kayu water based. Yaitu kering tanpa harus dijemur dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja. Proses kering akan terjadi sempurna tanpa Anda harus menjemur, cukup diangin-anginkan dalam ruangan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, Anda harus memastikan ruangan untuk proses tersebut bersih. HIndari debu menempel pada lapisan cat yang basah. Karena cepat Anda bisa menyelesaikan proses finishing dalam hitungan jam saja.

  • Daya tutup terbaik

Daya tutup yang baik dan juga luas akan membuat Anda bisa lebih berhemat. Cat mampu menutup permukaan kayu 8 hingga 10 meter2. Artinya Anda bisa memberikan satu lapisan cat dengan satu kilogram cat luas kayu tersebut.


Daya tutup yang baik membantu Anda untuk menghasilkan tampilan chalk paint sempurna. Pastikan Anda memberikan bahan pelarut yang sesuai dengan ukurannya.

  • Tampilan matte

Tampilan akhir dari Bioduco chalk paint adalah matte dimana Anda tidak akan dilihat tampilan kilap. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan matte yang lebih terlindungi, produk Bioduco juga menyiapkan top coat.

Jika pada umumnya para DIY lain menggunakan wax, Anda bisa mengaplikasikan Bioduco top coat. Dimana lapisan tersebut akan menambah lapisan pelindung sekaligus memperkuat tampilan matte.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X