Tips Mengecat Mudah dengan Roller

Tips Mengecat Mudah dengan Roller

Banyak dari Anda pasti pernah merasakan kesulitan untuk mengecat menggunakan roller. Mungkin selama ini Anda hanya mengecat dengan mencelupkan roller kemudian mulai mengaplikasikannya pada kayu, dari situlah Anda meningkatkan kemampuan untuk mengecat.

Mungkin saja Anda juga telah membaca pada kemasan kaleng dan hanya menemukan cara aplikasi menggunakan kuas atau spray gun. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena kebanyakan cat kayu proses aplikasi yang disarankan adalah menggunakan kuas dan spray gun.

Namun bukan tidak mungkin bagi Anda untuk bisa mengaplikasikan cat kayu dengan roll. Aplikator roll dipilih untuk mempersingkat waktu dan mampu menjangkau area datar dengan cepat dan rata.

Masalahnya adalah tidak semua dari Anda bisa langsung mengaplikasikan cat kayu dengan roll menghasilkan permukaan kayu yang halus dan rata. Pada artikel kali ini, kamu akan menunjukkan cara berbeda yang bisa dilakukan dengan roller untuk mendapatkan finishing halus.

Caranya mungkin belum pernah Anda lakukan namun perlu dicoba. Anda bahkan akan lebih mudah mengaplikasikan dengan lebih singkat dan juga mengeliminasi masalah umum yang sering terjadi. Misalnya saja seperti bekas roller, lapisan yang terlalu tipis, dan menimbulkan bekas bagian tebal pada pinggir roller.

Bahkan teknik terbaik juga tidak dapat mendukung ketika finishing dilakukan dengan alat yang berkualitas rendah. Jangan habiskan uang Anda pada alat roller yang hanya dapat digunakan sekali saja. Pastikan roller yang dibeli berkualitas yang bisa digunakan berulang kali.

Memilih Jenis Roller Terbaik yang Digunakan

Ketika berbicara masalah alat untuk roller sekilas sama dan yang membedakannya hanyalah ukuran saja. Rasanya jika memilih roller lebih mudah dibandingkan memilih kuas atau alat semprot.

Tips Mengecat Mudah dengan Roller

Jangan salah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda sedang memilih roller. Bagian terpenting dari roll adalah untuk mengatur pengguliran cat ke seluruh permukaan. Bagian ini dikenal sebagai selongsong.

Baca Juga:  Cat Kayu Tahan Air Yang Dibutuhkan Bench

Banyak orang yang memilih untuk membeli selongsong roller yang murah dan sekali pakai kemudian membelinya kembali. Tapi bagaimana jika ternyata sekali membeli roller Anda bisa membersihkannya dan menggunakan alat tersebut berulang kali? Bukankah akan lebih hemat?

Tips untuk Hasil Finishing Sempurna

Anda mungkin akan menemukan berbagai macam jenis permukaan kayu. Namun alat roller hanya bisa digunakan untuk permukaan kayu yang rata dan juga halus. Anda tidak boleh melewatkan persiapan furniture dengan mengamplasnya.

Jika permukaan kayu tidak merata maka roll juga tidak akan menghasilkan permukaan yang halus. Amplas permukaan kayu dengan amplas alumunium oxide dimulai dari nomor 180 dan berakhir di nomor 220.

Gunakan mesin amplas untuk mempercepat finishing. Selesaikan dengan membersihkan debu amplas. Jika ada cacat pada furniture isilah dengan wood filler atau wood putty sesuai dengan hasil finishing yang ingin Anda dapatkan.

Tips Mengecat Mudah dengan Roller

Setelah mempersiapkan furniture kayu dengan sempurna, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini ketika menggunakan roller.

  • Pertahankan cat tetap basah

Menjaga bagian cat yang basah sangat penting untuk semua pekerjaan mengecat berkualitas tinggi. Baik itu Anda akan mengecat dinding, furniture hingga daun pintu. Maka perlu perencanaan yang tepat agar Anda bisa bekerja dengan cepat.

Jika Anda berhenti di tengah-tengah pekerjaan sebelum semua furniture terlapisi dengan pernis atau cat maka permukaannya akan mengering. Anda tidak dapat mengulangi aplikasi kembali dengan roller.

  • Tidak mengaplikasikan terlalu lama

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pemula adalah mengaplikasikan cat terlalu lama. Sehingga cat pernis yang cepat mengering akhirnya mengeras perlahan dan akan menimbulkan kerusakan finishing.

Tips Mengecat Mudah dengan Roller

Roll yang berkualitas baik mampu menampung cat cukup banyak sehingga ketika diaplikasikan akan menyebarkan cat dengan cepat dan mudah. Anda bisa mulai mengaplikasikan cat pada bagian tengah mengikuti arah serat kayu hingga merata baru menuju bagian pinggir.

  • Bersihkan cat yang menggumpal
Baca Juga:  Menggunakan Cat Kayu Aman Bebas VOC

Anda tidak dapat menghindari jika munculnya gumpalan pada permukaan furniture. Gumpalan ini bisa saja berasal dari cat yang tidak bercampur dengan rata atau gelembung udara. Menghindari hal tersebut sebaiknya bersihkan alat yang akan Anda gunakan ketika belum terkena cat.

Serpihan debu bekas amplas dapat menimbulkan masalah tersebut. Anda mungkin akan mendapatkan kotoran pada bibir wadah yang digunakan untuk melarutkan cat. Bagian cat yang kering tersebut akan ikut bercampur dengan cat yang masih basah.

Ketika kotoran tersebut menempel pada permukaan kayu, segera bersihkan dan ambil menggunakan kain. Ulangi pengecatan dengan roller sebelum cat mengering. Jadi pastikan alat selalu bersih dan tidak ada cat yang menggumpal.

  • Mengikis cat

Anda perlu menghilangkan cat yang mengering pada roller sebelum mencucinya. Cat yang mengering akan merusak bulu pada roller sehingga Anda tidak bisa menggunakannya kembali. Jadi sebelum mencuci pastikan Anda telah membersihkan cat yang mengering menggunakan pisau scrape.

Bilas roller dengan air bersih yang mengalir kemudian keringkan. Jika Anda menggunakan cat solvent maka perlu menggunakan thinner untuk menghilangkan gumpalan cat agar lebih mudah.

Jika tips di atas membantu Anda untuk mengaplikasikan pernis atau cat dengan roller semakin mudah, berikut ini tips lainnya. Anda yang sering menemui masalah bagian pinggir roller yang terlalu tebal dan sulit dihilangkan dengan amplas ada trik tersendiri yang perlu dilakukan.

Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan dengan mudah:

  1. Jangan merendam roll pada larutan cat terlalu lama. Penyerapan yang berlebihan akan membuat ketika diaplikasikan menimbulkan bekas cat tebal.
  2. Jangan menekan terlalu keras ketika Anda mengaplikasikan roller pada permukaan kayu. Cukup dengan ringan dan mengikuti arah serat kayu.
  3. Jangan menyentuh ujung roll yang telah dicelupkan. Jangan menyebarkan cat yang menumpuk karena bekas roll tersebut. Larutan cat yang tersimpan dalam roll justru akan membuat cat semakin tidak merata.
  4. Buanglah cat yang berlebih diserap oleh roll sebelum mengaplikasikannya pada permukaan kayu. Anda bisa memiringkan roll sehingga kelebihan cat dapat menetes.
Baca Juga:  Apakah Liquid Stain Cat Semprot Terbaik untuk Outdoor? Ikuti Panduan Memilihnya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X