Solusi Cat Tembok Berkapur dan Penyebabnya

Ketahui solusi cat tembok berkapur atau membekas ketika disentuh. Selain itu, ketahui pula penyebabnya  agar masalah serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Penampakan cat tembok berkapur. Segera atasi dengan solusi cat tembok berkapur yang tepat!
Penampakan cat tembok berkapur. Segera atasi dengan solusi cat tembok berkapur yang tepat!

Pernahkah Anda bersandar di tembok dan mendapati bagian tubuh Anda terkena bekas warna cat tembok tersebut? Maslah tersebut sering disebut sebagai masalah cat tembok berkapur. Bila pengkapuran yang terjadi tidak terlalu tinggi, memang bisa dianggap normal. Apalagi, bila cat masih termasuk baru diaplikasikan. Namun, bila pengkapuran tersebut berlangsung lama dengan intensitas hasil pengkapuran yang tinggi, bisa dibilang ada yang salah dengan lapisan cat tembok yang Anda aplikasikan.

Sayangnya, karena masalah tersebut sangat umum terjadi, kadang kita menganggapnya wajar. Padahal, selain menimbulkan kotor karena membekas setelah disentuh, masalah ini juga menunjukkan proteksi pada dinding yang kurang maksimal. Dengan kata lain, tembok menjadi rentan terhadap berbagai macam gangguan. Serangan jamur, serangga seperti rayap, bakteri, hingga cuaca dan air menjadi lebih membahayakan karena lapisan cat tembok yang buruk. Dari sisi estetika pun, penampilan dinding juga berkurang keindahannya.

Lapisan cat tembok berkapur sendiri merupakan masalah dengan beberapa kemungkinan penyebab. Masalah ini bisa ditimbulkan akibat kualitas cat yang memang tidak baik seperti kandungan pigmen dalam cat yang terlalu tinggi. Penggunaan cat interior pada bagian eksterior rumah juga bisa menimbulkan masalah ini. Kondisi lingkungan eksterior yang keras tidak bisa ditanggulangi oleh karakter cat yang ditujukan untuk penggunaan interior. Akibatnya, lapisan cat pun akan rusak yang ditunjukkan dengan pengkapuran yang memberikan bekas saat disentuh. Lalu, apa solusi cat tembok berkapur yang bisa dilakukan?

Baca Juga:  Cara Memilih Dempul Kayu Yang Bagus Untuk Finishing

Langkah-langkah Solusi Cat Tembok Berkapur

Ada beberapa solusi cat tembok berkapur yang bisa Anda usahakan. Aplikasikan langkah-langkah berikut ini untuk menghindari dinding rumah yang berkapur. Lakukan segera begitu mendapati dinding rumah yang mengalami masalah ini. Semakin cepat kita bertindak maka semakin lebih cepat pula dinding terproteksi dan terjaga keindahannya. Apalagi, cara penanggulangan dibawah ini sangat mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun:

    • Hilangkan kapur atau bekas yang dihasilkan. Gunakan sikat untuk melakukannya.
    • Bilas dengan air bersih lalu keringkan.
    • Periksa lagi apakah lapisan cat tembok masih berkapur atau tidak.
    • Bila masih ada, ulangi langkah solusi cat tembok berkapur di atas hingga benar-benar tidak berkapur.

Lakukan pengecatan ulang tembok dengan cat yang berkualitas tinggi. Selain itu, pastikan Anda menggunakan jenis cat yang tepat. Untuk cat eksterior, kami merekomendasikan Anda menggunakan cat berkualitas dari golongan cat water based, BioPaint Facade. BioPaint Facade adalah cat berpelarut air yang diformulasikan sesuai standar United States-Environmental Protection Agency dan European Chemicals Agency. Harga cat ini pun bersaing dengan cat lain pada umumnya.

Demikian 5 solusi cat tembok berkapur atau memberikan bekas. Semoga solusi cat tembok berkapur atau memberikan bekas di atas bermanfaat!

Informasi dan Pemesanan

Untuk informasi dan pemesanan BioPaint Facade, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X