Memilih Finishing Kusen Yang Tepat

finishing kusenDalam mendirikan bangunan baik hunian rumah, villa, hotel dll, kusen merupakan komponen bangunan yang krusial fungsi kegunaannya. Fungsi kusen diantaranya dipakai untuk memasang daun jendela, daun pintu atau dapat diaplikasikan sebagai hiasan rumah.  Untuk kusen bangunan di Indonesia, banyak hunian rumah masih mengandalkan warna alami kayu seperti warna coklat. Karena kusen merupakan komponen yang sering terkena paparan matahari, membuat warna kusen cepat memudar. Untuk merawat kusen pada pintu atau jendela agar warna kusen tetap terjaga, lebih baik lakukan pengecatan ulang. Untuk menghasilkan warna yang bagus, lakukan finishing kusen secara tepat.

Menyangkut warna yang dihasilkan ketika finishing kusen, perlu juga memperhatikan kualitas cat yang digunakan. Pada umumnya, cat yang sering digunakan adalah cat solvent based karena penggunaannya yang mudah didapat dan diaplikasikan. Tersebarnya cat solvent based di pasaran menjadikan cat yang sering digunakan, selain itu harga yang ditawarkan beragam, ada yang standar, murah atau bahkan mahal. Untuk menjaga kualitas warna kusen Anda, perlu memilih bahan finishing kusen dengan kualitas yang bagus.

Penggunaan cat solvent based bukanlah cat yang bisa dikatakan aman karena menggunakan pelarut thinner, spirtus, atau minyak turunan lainnya yang cenderung mengandung kimia yang tinggi. Kandungan kimianya yang tinggi ini lah, cat solvent based tidak disarankan untuk aplikasi furniture indoor atau eksterior yang notabene berinteraksi langsung terhadap keluarga atau hewan peliharaan Anda. Efek bau yang ditimbulkan oleh cat solvent based biasanya akan menimbulkan pusing-pusing, gangguan kulit jika Anda terdapat alergi seperti gatal-gatal, gangguan syaraf atau bahkan akan terjangkit kanker. Maka, disarankan menggunakan cat water based untuk finishing kusen rumah Anda.

Baca Juga:  3 Tips Memilih Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Pilihan Yang Tepat Untuk Finishing Pintu

Memilih cat yang aman dan ramah lingkungan adalah cara yang tepat digunakan untuk kusen atau furniture rumah Anda. Interaksi langsung terhadap keluarga atau hewan peliharaan Anda adalah hal yang perlu diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan keluarga Anda. Kenapa menggunakan cat water based? Karena dengan penggunaan air sebagai pelarut merupakan bahan yang tidak berbahaya dan cenderung tidak mencemari lingkungan.

Untuk menjaga kualitas kayu kusen, lakukan langkah-langkah finishing kusen berikut:

Pertama, haluskan permukaan kusen dengan menggunakan amplas guna menghilangkan debu, kotoran atau minyak yang masih menemempel pada kusen.

Kedua, jika terdapat bagian-bagian kusen yang rusak atau berlubang, aplikasikan dempul guna menyamarkan lubang.

Ketiga, aplikasikan amplas kembali pada bagian yang sudah didempul sampai merata. Tujuan amplas pada bagian yang didempul tersebut agar permukaan kusen rata. Jika permukaan kusen merata maka akan memudahkan untuk mengaplikasikan cat.

Keempat, aplikasikan cat dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain.Tunggu sampai kering lalu  ulangi kembali langkah tersebut sampai mendapatkan warna kilap yang sempurna.

Polythure
BioColours Biopolyture

Cat water based untuk saat ini tidaklah begitu sulit untuk didapatkan. Salah satu cat water based di indonesia adalah BioColours Biopolyture. Cat tersebut merupakan cat water based yang diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Untuk mendapatkan informasi lebih detai mengenai Biopolyture atau cat water based lainnya silahkan menghubungi customer care Bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433.

Biocolours Bioplyture merupakan cat water based yang dapat menggantikan plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum untuk pengaplikasian pada kayu furniture baik indoor maupun eksterior. Biopolyture juga sangat efektif dan efisien membentuk lapisan film pada furniture, selain itu cat tersebut juga lebih cepat kering, tidak lengket, tahan air dan tahan cuaca.  Jadi, pastikan Anda menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan pada furniture rumah Anda. Karena interaksi langsung terhadap keluarga, hewan peliharaan atau teman-teman Anda, cat aman dan ramah lingkungan seperti cat water based merupakan salah satu cat yang cocok digunakan karena sifatnya yang tidak berbau dan tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan. Demikian tips aplikasi dengan pilihan finishing kusen yang tepat. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga:  Grosir Cat Kayu Tidak Berbau Berkualitas di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X