Lakukan Finishing Meja TV dengan Tampilan Terbakar Ini

Lakukan Finishing Meja TV dengan Tampilan Terbakar Ini

Finishing meja TV Anda sendiri. Sudahkah Anda melakukannya? Jika Anda ingin melakukannya maka Anda bisa memilih finishing bakar yang tidak membutuhkan banyak alat berat dan juga peralatan bakar asli.

Mungkin selama ini Anda berfikir ulang ketika akan melakukan finishing bakar yang menggunakan api. Penggunaan api yang cukup berbahaya bagi para pemula belum tentu dapat memberikan hasil yang maksimal.

Tentu saja ketika Anda akan menggunakan finishing ini Anda  bisa menggunakan peralatan pengaman seperti sarung tangan, kacamata dan mempersiapkan pemadam kebakaran ketika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Namun tetap saja kegiatan tersebut adalah kegiatan yang cukup berbahaya untuk dilakukan. Hasil yang didapatkan juga belum tentu maksimal untuk meja TV yang mungkin baru saja Anda buat. Ketika Anda ingin melakukan refinishing bekas bakaran pada api akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Anda akan mendapatkan hasil yang lebih mudah dan juga lebih cepat jika menggunakan bahan alternatif yaitu berupa bahan finishing yaitu cat. Anda akan lebih mudah hanya menggunakan bahan dasar air dan juga kuas sponge proses finishing dapat berlangsung dengan cepat dan mudah.

Untuk finishing yang disarankan pada meja TV Anda, tampilan dari kayu terbakar red tiger akan sangat cocok. Untuk mendapatkan hasil finishing ini Anda bisa mengikuti beberapa langkah dalam artikel ini.

Pengamplasan Meja TV untuk Persiapan Finishing

Pengamplasan menjadi kunci terpenting dalam finishing. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka pengamplasan akan menjadi sesuatu yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda juga bisa mendapatkan tampilan yang maksimal.

Lakukan Finishing Meja TV dengan Tampilan Terbakar IniKayu jati belanda adalah jenis kayu yang direkomendasikan jika Anda ingin mendapatkan meja TV dengan finishing red tiger:

  1. Lakukan pengamplasan terakhir dengan tangan
Baca Juga:  Mengubah Jendela Kayu Kusam Tampil Berbeda dengan Chalk Paint

Sebuah orbital sander acak sangat cocok untuk sebagian besar pengamplasan. Tetapi lakukan pengamplasan akhir sebelum memulai finishing lima menit dengan tangan menggunakan grit yang sama. Pengamplasan tangan pada pori kayu akan menghilangkan lingkaran dan serat kayu robek yang ditinggalkan oleh tindakan orbital dari sander.

  1. Amplas setiap inci persegi sama

Setiap variasi dalam langkah pengamplasan dapat muncul di hasil akhir. Jika, misalnya, Anda kehabisan cakram pengamplasan 80-grit di tengah pengamplasan awal, Anda mungkin tergoda untuk beralih ke 100-grit. Tetapi jangan lakukan itu. Bahkan setelah pengamplasan dengan grit amplas yang lebih tinggi, permukaan kayu mungkin terlihat berbeda di area yang dirawat secara berbeda.

  1. Jangan berlebihan

Sebagian besar profesional berbicara untuk berhenti di 150-grit pada kayu berpori kasar seperti oak atau kenari dan 180-grit pada kayu halus seperti cherry atau maple. Tetapi itu tidak berlaku untuk mengakhiri pori-pori kasar. End grain menunjukkan pengamplasan goresan lebih dari pori, jadi Anda mungkin harus mengamplas hingga 220 – atau bahkan 320 – grit.

  1. Lewati grit yang tidak perlu saat pengamplasan

Anda tidak harus menggunakan setiap grit yang tersedia saat Anda maju dari kasar ke halus. Sebagai gantinya, Anda dapat melompat dari 80-grit ke 120- ke 180-, melompati 100-dan 150-grit.

  1. Periksa pekerjaan pengamplasan Anda

Lapisan cat akan menyoroti setiap kekurangan dalam pekerjaan pengamplasan Anda (lingkaran atau goresan pori silang). Maka Anda harus menata ulang dan mengamplas kayu dengan wood stain adalah rasa sakit yang nyata. Untuk menemukan kekurangan sebelum lapisan cat digunakan, gunakan cahaya sudut rendah. Menyeka dengan kain bersih juga membantu mengungkapkan masalah.

Proses Pengecatan Meja TV Red Tiger

Proses pengecatan kini bisa Anda mulai setelah menyelesaikan proses pengamplasan di atas. Jangan remehkan pengamplasan karena pengamplasan yang halus akan memberikan hasil yang juga halus dan rata. Untuk memulai persiapkan alat yang dibutuhkan yaitu gelas plastik untuk mencampur cat, kuas sponge untuk aplikasi dan juga terakhir adalah amplas aluminium oxide nomor 400. Paling penting adalah lap kering dan bersih, sebaiknya Anda menggunakan kain katun.

Baca Juga:  5 Tips Cara Mengecat Kayu dengan Kuas Tanpa Meninggalkan Brush Mark

Bahan yang dibutuhkan untuk aplikasi ini adalah cat dasar kayu untuk membentuk efek terbakar yaitu Biovarnish wood stain papua rose. Dilanjutkan dengan cat enamel pain dari Orchid pilihan warna red traffic. Lapisan akhir membutuhkan cat water based Biovarnish clear coat matte untuk hasil yang lebih natural.

Lakukan Finishing Meja TV dengan Tampilan Terbakar IniUntuk memulai proses pengecatan lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Lakukan finishing di ruangan yang bersih dan juga kering. Untuk proses ini Anda bisa menggunakan ruang seperti garasi yang terpenting proses aplikasi tidak terkena sinar matahari sevara langsung. Lakukan dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang sangat baik.
  2. Proses selanjutnya adalah aplikasi Biovarnish wood stain papua rose. Campurkan bahan dengan air ke dalam gelas plastik dengan takaran 2 bahan : 1 air. Kemudian Anda bisa menggunakan kuas sponge yang masih bersih untuk memulai proses aplikasi. Aplikasikan searah serat kayu secara merata dan tunggu sedikit mengering sekitar 8 hingga 10 detik agar wood stain meresap ke dalam serat kayu.
  3. Lakukan pengelapan dengan kain yang bersih dan juga kering searah serat kayu. Lakukan pengelapan dalam satu usapan saja. Selanjutnya tunggu lapisan mengering sekitar 60 menit kemudian amplas dengan amplas 400 secara ambang saja. Bersihkan debu amplas.
  4. Lapisan selanjutnya adalah Orchid traffic red. Campurkan terlebih dahulu cat Orchid dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian Anda bisa menggunakan kuas sponge yang telah dibersihkan dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan juga halus. Tunggu 8 hingga 10 detik lalu hapus lapisan cat Orchid.
  5. Anda akan melihat lapisan kayu yang tampak terbakar kemudian cukup menunggu kering selama 60 menit. Ingat dalam proses ini Anda tidak perlu menjemur lapisan cat pada panas matahari secara langsung. Cat akan mengering dengan sendirinya menggunakan udara yang berghanti dengan baik dalam ruangan.
  6. Langkah terakhir adalah memberikan lapisan Biovarnish clear coat matte. Campurkan terlebih dahulu clear coat matte dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa menggunakan kuas sponge yang bersih dan kering untuk proses aplikasi. Aplikasikan cat clear coat secara merata ke seluruh permukaan sebaiknya searah serat kayu. Tunggu lapisan cat mengering selama 24 jam. Anda bisa mendiamkannya jauh dari jangkauan anak-anak.
Baca Juga:  Tiga Langkah Mudah Mengecat Ulang Bangku Teras

Meja TV yang telah Anda finishing dengan cat Biovarnish tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat bahkan Anda tidak akan mendapatkan hasil finishing yang berbeda ketika Anda menggunakan alat pembakaran.

Serat alami kayu akan tampak gelap dengan penggunaan wood stain papua rose yang menghasilkan tampilan warna gelap kemerahan dan juga menyiratkan tampilan terbakar. Finishing ini tidak hanya bisa Anda aplikasikan pada meja TV saja namun juga pada berbagai macam jenis furnitur lainnya seperti tepat tidur, coffee table, stool bahkan kursi tamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X