Faktor Penting Saat Memilih Furniture Rumah Minimalis Modern

Faktor Penting Saat Memilih Furniture Rumah Minimalis Modern

Gaya minimalis hampir digunakan oleh semua hunian modern ini. maka lahirlah hunian dengan gaya modern minimalis. Hunian sangat nyaman karena akan mengubah ruang yang sempit agar terlihat luas.

Gaya ini banyak digunakan karena saat ini banyak sekali hunian dengan luas yang sempit. Karena pemilik rumah ingin memperlihatkan ruangan yang terlihat luas maka kombinasi antara furniture, warna dan juga dekorasi harus tampak harmoni.

Khususnya untuk furniture yang biasanya membutuhkan space lebih luas dibandingkan benda dalam ruangan yang lainnya. Furniture rumah minimalis memiliki ciri khusus yang harus diperhatikan.

Tidak ada lagi furniture klasik yang berukuran besar dan juga membutuhkan ruangan yang sangat besar. Tidak hanya itu jika Anda ingin membuat furniture sendiri maka akan lebih mudah dibandingkan dengan furniture dengan gaya lainnya.

Seperti apakah ciri furniture minimalis yang harus diperhatikan dan bagaimana finishing terbaik yang harus dipilih? Semua akan diulas dalam artikel ini.

Ciri-Ciri Furniture Minimalis Modern

Sangat mudah untuk mengetahui seperti apakah desain interior dengan gaya minimalis. gaya ini sangat terkenal dengan filosofi kehidupan. Dimana hidup secara minimalis akan mengurangi sampah dan juga membuat hidup yang lebih nyaman.

Ketika Anda akan menggunakangaya ini dalam sebuah ruangan maka membuatnya tetap[ bersih dan terlihat luas adalah kunci  penting. Ada beberapa karakteristik yang digunakan untuk menciptakan gaya ini, pertama adalah memiliki bentuk yang simpel dan fungsional.

Kedua adalah tidak menggunakan finishing yang kompleks, terbuka dan memiliki ruangan yang terang. Ketiga adalah menggunakan tampilan menarik dengan memasukan tekstur yang sesuai dengan personality.

Karakteristik tersebut terlihat rumit namun ketika diterapkan akan menjadi desain minimalis yang akan disukai oleh siapa saja. Ingin tahu bagaimana ciri dari furniture minimalis yang bisa digunakan?

Berikut ini perlu diperhatikan ciri dari furniture rumah minimalis yang sebaiknya dipilih.

  • Sederhana tanpa banyak garis

Perabotan dengan gaya minimalis kini menyatu dengan desain modern. Memanfaatkan Garis yang sederhana dan bersih yang berfokus pada kenyamanan. Rumah dengan gaya minimalis serin memiliki daya tarik yang terang.

Faktor Penting Saat Memilih Furniture Rumah Minimalis Modern
Kabinte sederhana dengan desain minimalis

Furniture akan tampak ringan, luas dan menarik secara visual dengan penampilan yang sederhana. Nakas, meja rias dan furniture yang digunakan akan memiliki permukaan yang halus dan berkilau. Garis di kayu akan tampak netral atau gelap alami bahkan hitam mengkilap.

Permukaan yang mengkilap akan memantulkan cahaya. Di sisi lain dari spektrum ada furniture tradisional dengan hiasannya yang memberikan kesan minimalis. Jangan gunakan gaya kontemporer dan gaya perkotaan karena keduanya tidak menyatu dalam pengaturan yang sama.

  • Kursi atau sofa

Sofa dan kursi dalam furniture minimalis memiliki ujung persegi yang biasanya menggunakan kaki berbentuk tabung yang tipis dan logam tanpa adanya tepi. Sehingga Anda dapat melihat di bawahnya serupa dengan gaya sofa modern.

Terdapat ruang di bawah kursi atau furniture yang tampak kosong dan itu penting untuk gaya ini. Jangan pilih sofa yang memiliki kaki menutupi lantai karena akan membuat ruangan tampak sempit.

Sofa dan kursi melambangkan gaya minimalis yang berani dengan bentuk persegi panjang. Seringkali warna yang lebih gelap atau warna netral pada kulit atau kain dengan tekstur yang ringan digunakan.

  • Bahan dan tekstur alam

Furniture rumah minimalis sering menampilkan kayu, kain dan serat alam. Furniture bisa saja menggunakan bahan berlapis yang memiliki warna hitam, putih abu-abu, coklat dan netral. Warna tersebut akan dipadukan dengan warna dekorasi yang dipilih.

Sistem furniture yang sering digunakan biasanya berbentuk ramping, rendah dan panjang. Apabila itu rak maka akan direkatkan ke dinding di bagian atas. Sedangkan untuk furniture kamar tidur, biasanya memiliki platform yang rendah seperti tempat tidur namun tetap memiliki ruang di bawahnya.

Perlengkapan pencahayaan akan sangat terang yang didukung dari lampu atau cahaya matahari. Semua ruangan harus memiliki pencahayaan alami yang masuk secara mudah. Maka semua jendela akan dibuat lebih lebar.

  • Warna minimalis

Furniture minimalis modern akan selalu menggunakan warna-warna yang netral seperti hitam dan putih. Ketika mendekorasi ruangan dengan gaya ini maka beberapa orang akan memilih warna lain untuk memberikan sedikit nuansa. Seperti misalnya warna buah persik atau salmon.

Faktor Penting Saat Memilih Furniture Rumah Minimalis Modern
Furntiure minimalis warna putih dan hitam

Tetap sebagian besar skema warna furniture dipilih yang tidak mencolok agar seimbang dengan warna yang lebih tajam dari dekorasi seperti lukisan abstrak di ruang tamu tengah. Warna pada furniture juga akan dipadukan dengan karpet goni atau sisa kain alami bertekstur untuk digunakan pada area ruang tamu.

Ruangan yang menggunakan furniture minimalis selalu memiliki nuansa terbuka, luas dan mudah dibersihkan. Inilah yang harus selalu Anda ingat ketika sedang memilih furniture pada gaya minimalis.

Cara Finishing Furniture untuk Gaya Minimalis

Kini bagi para DIY, sangat mudah untuk mendapatkan warna pada furniture dengan gaya minimalis. Anda bisa memilih warna netral seperti hitam dan putih. Karena semakin sedikit motif yang diterapkan maka tidak akan membuat Anda semakin kesulitan.

Cat kayu besi Orchid disini akan membantu anda untuk mendapatkan hasil finishing pada furniture kayu minimalis pada ruangan yang tepat. Hasil finishing yang mengkilap akan memantulkan cahaya secara sempurna dan melengkapi keindahan ruangan.

Tidak hanya itu cat kayu besi Orchid adalah cat enamel yang bisa Anda gunakan untuk material kayu dan besi. Jadi bagi Anda yang akan mengecat kursi dari bahan kayu dan besi bisa langsung menggunakan Orchid tanpa harus menggunakan cat kayu yang lain.

Faktor Penting Saat Memilih Furniture Rumah Minimalis Modern

Daya tutupnya untuk material kayu sangat baik sehingga dalam beberapa kali lapisan Anda tidak akan lagi melihat warna kayu atau seratnya. Semua proses aplikasi dipermudah dengan alat kuas nilon atau kuas busa.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna bebas brush mark, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu hingga menjadi halus. Gunakan amplas kasar dan beralih ke amplas halus maksimal nomor 220. Bersihkan debu amplas.
  2. Aplikasikan Bioduco wood putty sebagai dempul kayu untuk memperbaiki permukaan kayu yang cacat. Aplikasikan dengan pisau palet hingga rata kemudian tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan untuk menghaluskan permukaannya.
  3. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air menggunakan perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga merata tanpa ada cat yang masih mengendap. Kumasukkan cat searah untuk mendapatkan hasil merata. Jangan aplikasikan cat terlalu tebal karena akan lama mengeringnya.
  4. Tunggu permukaan cat mengering tanpa harus dijemur dibawah panas matahari. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas dengan kain yang bersih.
  5. Aplikasikan cat kayu besi Orchid kembali hingga mendapatkan warna kayu yang merata dan tebal. Pastikan tidak ada lagi warna kayu atau seratnya yang masih terlihat. Jika sudah diamkan furniture selama 24 jam atau semalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X