Jangan Salah Memilih Warna Cat Kayu Rumah Minimalis, Ini Caranya

Jangan Salah Memilih Warna Cat Kayu Rumah Minimalis, Ini Caranya

Saat ini banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat rumah Anda memiliki penampilan yang menakjubkan. Minimalis adalah salah satu jalan yang ditempuh untuk memperlihatkan bagian rumah berbeda setiap sudutnya.

Caranya adalah dengan menghilangkan beberapa item dari rumah untuk membuat ruangan yang lebih luas, lebih terbuka, besar dan bersih. Pemilihan warna, furniture dan dekorasi akan menjadi penting.

Mengurangi barang bukan berarti tidak ada dekorasi yang digunakan. Dekorasi tetap penting hanya saja model dan peletakan serta jumlahnya dibatasi. Anda bisa memulai menata satu ruangan satu per satu.

Cara tersebut akan lebih mudah dan tidak membuat suasana satu ruangan dengan yang lainnya bercampur. Kemudian beralihlah pada furniture apa saja yang akan digunakan dalam satu ruangan tersebut. Selesai dengan pemilihan furniture Anda bisa membersihkan lantai dinding dan semua permukaan perabotan.

Apabila Anda ingin menggunakan dekorasi ruangan pilihlah yang simple. Dekorasi akan memberikan aksen minimalis di dalam ruangan. Sebuah vas dengan bunga akan memberikan kesan klasik dan simpel.

Ingin tahu lebih dalam tentang desain minimalis dan cara pemilihan warna yang sangat penting? Ingat warna adalah penentu ruangan mampu tampak bersih dan luas. Jangan sampai salah memilih warna agar rumah tetap terlihat minimalis.

Karakteristik Desain Rumah Minimalis

Sebelum masuk ke dalam pemilihan warna, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu desain minimalis pada sebuah rumah. Minimalis sendiri adalah salah satu desain yang membawa perubahan besar di abad ke 20.

Saat ini minimalis memberikan efek yang sangat besar yang memberikan gaya pada rumah. Kata minimalis digunakan untuk menggambarkan trend dalam desain dan arsitektur dengan  mengurangi banyak elemen sesuai yang dibutuhkan saja.

Dalam minimalis, elemen dalam desain akan menyampaikan pesan simpel. dasar yang digunakan adalah bentuk geometri, kedamaian dengan warna yang elegan dan tekstur, material yang simpel, struktur yang berkualitas.

Baca Juga:  Gaya Rumah Nautical, Nyentrik tapi Estetik

Desain minimalis sendiri artinya adalah ruangan yang luas dengan furniture dan elemen yang minim. Elemen utama yang dimaksud adalah bentuk, warna dan tekstur. Peran penting ini akan membawa Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai karakteristik desain minimalis.

Beberapa karakteristik desain minimalis ini adalah sebagai berikut:

  • Bentuk simpel dan berfungsi

Tidak hanya indah dan furniture yang dipilih juga harus memiliki fungsi. Efisien adalah kata yang tepat untuk digunakan. Minimalis akan membentuk ruangan yang bersih dan simpel dimana area yang diciptakan tidak membingungkan.

Jangan Salah Memilih Warna Cat Kayu Rumah Minimalis, Ini Caranya
Mempertahankan furniture yang simple

Sangat penting untuk mendapatkan tampilan dari cahaya dan tempat penyimpanan yang tepat. Tanpa adanya furniture yang kompleks serat material ekstra dan terlalu banyak aksesoris adalah kunci utama.

  • Monokrom

Minimalist harus menghindari warna yang terlalu terang dan berani dan selalu berpaku pada warna netral seperti putih, beige dan abu-abu. Warna monokrom akan memberikan konsep yang mengurangi kegaduhan dan memberikan suatu gaya tersendiri.

  • Bersih, terbuka dan terang

Desain minimalis haru selalu bersih, terang dan penuh dengan cahaya. Penggunaan warna netral dan dinding yang terang akan memberikan kesan bersih. Ruangan harus penuh dengan cahaya yang akan memberikan kesan artistik.

Tidak terlalu banyak objek akan membuat ruangan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Bahkan ruangan nyaman digunakan untuk bernapas. Cahaya akan memperkuat warna natural dan menambah kesan hangat yang nyaman.

Apabila Anda sudah mengenal karakteristik dari rumah minimalis kini saatnya untuk menciptakan. Bila masih merasa sulit untuk memulai desain dari bagian mana, berikut ini ada beberapa tips yang cukup membantu.

  1. Kualitas, selalu pikirkan kualitas bukan kuantitas. Pilih desain yang ruangan dan muat di dalam ruangan. Tanpa furniture yang tinggi dan akan memenuhi ruangan.
  2. Material, pilihlah beberapa material yang berbeda seperti kaca, kanvas, kain, timber dan tanah liat. Bahan tersebut akan memberikan warna lembut dalam ruangan.
  3. Furniture, Anda juga perlu memilih furniture yang akan menjadi pusat perhatian dalam ruangan. Wujudkan dalam bentuk furniture dan dekorasi seperti lukisan.
  4. dekorasi lampu, Anda tidak harus membeli dekorasi lukisan terlalu banyak. Memberikan lampu sorot pada furniture juga akan menimbulkan kesan dekor yang apik.
  5. Ruangan luas, jangan membeli banyak furniture and dekorasi. Tetap biarkan ruangan luas. Beberapa sudut ruangan bisa Anda kosongkan tanpa adanya furniture.
Baca Juga:  4 Hal yang Wajib untuk Furniture Vintage

Cara Memilih Cat Kayu untuk Rumah Minimalis

Melihat karakteristik dari gaya minimalis, pemilihan warna dan permainan cahaya menjadi sangat penting. Tanpa adanya banyak dekorasi, lampu dapat memberikan ruangan memiliki kesan yang menarik.

Sebelum Anda memilih banyak warna dari inspirasi desain rumah minimalis ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Pertama adalah apakah fungsi ruangan? Apakah Anda akan menggunakannya sebagai ruangan bersantai, memasak, dan bekerja. Warna yang dipilih akan sangat mempengaruhi mood Anda.

Kedua adalah apakah cahaya yang didapatkan dalam ruangan? Tergantung kemana arah ruangan dan berapa banyak cahaya matahari yang akan masuk. Anda harus menentukan seberapa terang ruangan akan menciptakan bayangan.

Ketiga adalah bekerjalah dengan apa yang Anda miliki. Jika Anda memiliki lantai yang cantik apakah warna yang akan Anda pilih untuk memperlihatkan lantai? Perhatikan juga furniture yang telah Anda miliki kecuali Anda benar-benar akan melakukan perubahan di seluruh ruangan.

Syarat-syarat di atas akan membantu Anda memilih warna cat kayu minimalis yang digunakan pada rumah. Untuk mempermudah gambaran warna, berikut ini beberapa warna yang bisa menjadi pilihan.

  • Pink soft

Warna pink nude sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis. Kesan nude yang diberikan tidak lagi menghiasi ruangan dengan warna pink terkesan girly atau terjebak dalam ruangan anak.

Jangan Salah Memilih Warna Cat Kayu Rumah Minimalis, Ini Caranya
Furniture minimalis berwarna pink nude

Pink nude dan soft memberikan nuansa baru sebagai warna netral. Uniknya warna pink dalam ruangan ini tidak akan memberikan kesan kuat. Anda bisa menggunakannya pada furniture seperti lemari pakaian.

Ruangan dengan warna ini akan memberikan kenyamanan dan ketenangan tersendiri.

  • Terracotta, warna tanah

Warna yang menggambarkan bumi atau warna tanah akan memberikan ruangan menjadi lebih luas. Memberikan kedalaman dalam kengagantan dan cocok untuk ruangan dengan dinding pucat seperti putih.

Baca Juga:  Butuh Harga Cat Pernis Terbaru? Temukan Di Sini

Letakan furniture dengan warna terracota yang akan memberikan kesan berbeda. Terracotta, kesan rustic telah menjadi trend di tahun 80an dan bisa dibangkitkan kembali dengan rustic.

  • Beige

Warna beige bukanlah warna yang membosankan untuk furniture. Ketika Anda akan membuat ruangan flat atau sama mulai dari lantai dan dinding furniture berwarna beige ini akan memberikan kesan minimalis yang kuat.

Perkuat warna beige pada lantai kayu dan dipadukan aksesoris berwarna putih. Untuk membuat ruangan menarik berikan beberapa tekstur.

  • Hijau muda dan hijau tua

Kedua warna ini bisa memberikan kesan harmoni dan cocok digunakan untuk dapur yang menyatu dengan ruang makan. Warna hijau muda pada kabinet dapur akan memberikan kesan bersih.

Warna hijau tua bisa Anda berikan pada kursi makan yang dikombinasikan dengan warna kayu. Sangat menarik memberikan sesuatu yang kuat seperti hijau tua.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X