3 Cara Memilih Jenis Cat Duco Kayu yang Tepat untuk Furniture Dapur

3 Cara Memilih Jenis Cat Duco Kayu yang Tepat untuk Furniture Dapur

Mengecat adalah pekerjaan yang sebenarnya mudah untuk dilakukan di rumah. Anda bahkan tidak perlu meminta seseorang untuk mengerjakannya. Berbagai bahan finishing tersedia untuk beragam kebutuhan pengecatan.

Dapur adalah area yang sangat penting dalam sebuah rumah. Melalui dapur Anda dapat berkreasi menciptakan berbagai macam makanan. Rumah modern minimalis biasanya mempersatukan antara dapur dan ruang makan sehingga semua harus dirancang dengan tepat.

Mulai dari pemilihan jenis cat yang akan digunakan, tampilan cat (tingkat kilap) dan juga warna yang dipilih. Semua aspek di dalam dapur seperti kabinet dapur, meja dan kursi makan, dinding dan plafon harus disesuaikan dengan gaya yang Anda rencanakan.

Cat duco kayu hadir untuk memenuhi kebutuhan finishing furniture dapur Anda. Cat ini adalah cat dengan hasil finishing warna solid yang akan menutup ketidaksempurnaan kayu. Selain itu berbagai warna bisa Anda pilih menyesuaikan dengan gaya yang ingin diterapkan.

Bagaimana Anda akan memilih jenis cat duco yang tepat? Apakah cat aman dan mudah diaplikasikan sendiri di rumah? Berapa lama ketahanan cat akan melapisi furniture? Pertanyaan inilah yang akan dijawab melalui artikel ini.

Kualitas Cat Duco Kayu yang Harus Dipertimbangkan

Sebelum masuk pada pemilihan warna kayu sangat penting untuk memperhatikan seperti apakah perlindungan yang akan diberikan dari cat duco. Pada saat membeli mungkin Anda akan memperhatikan warna namun pilihlah cat dengan warna yang menarik sepadan dengan perlindungan yang diberikan.

Cat bertugas untuk melindungi kayu khususnya pada furniture dapur yang dekat dengan area basah. Kelembaban akan cepat merusak furniture dan jika Anda menggunakan kayu buatan seperti plywood maka jenis cat wajib diperhatikan.

Ada beberapa kebutuhan perlindungan yang harus dimiliki sebuah cat sebelum Anda membelinya. Berikut ini beberapa kualitas yang harus ada dalam produk cat yang akan digunakan.

  • Perlindungan terhadap air
Baca Juga:  Cleat Coat Kayu Terbaik Pilihan Bagi Para Woodworker

Pilih cat yang memiliki perlindungan terhadap air. Lapisan film yang dibentuk harus membentuk lapisan coating yang kuat terhadap genangan air terus menerus. Cat sangat rentan dengan hal ini dan biasanya hanya didapatkan dari jenis cat kayu outdoor.

3 Cara Memilih Jenis Cat Duco Kayu yang Tepat  untuk Furniture Dapur
tempat cuci piring membuat furniture dapur sering terkena air

Perhatikan apakah dalam kemasan cat terdapat label waterproof atau water resistance. Sebaiknya hindari membeli cat duco yang tidak memiliki kualitas ini.

  • Perlindungan terhadap panas

Selain air, panas dari perubahan cuaca di dalam dapur juga akan mempengaruhi kualitas kayu. Udara yang panas bisa saja berasal dari kompor yang akan memudahkan cat untuk mengelupas. Cat duco berpelarut solvent juga memiliki resiko mudah terbakar jadi hindari untuk menggunakannya.

Cat yang tahan panas akan bertahan lama artinya adhesi yang terbentuk sangat kuat dan menciptakan ikatan ke dalam pori kayu. Pilih cat yang juga memiliki label tahan panas.

  • Tidak menimbulkan bau

Satu-satunya cat yang tidak menimbulkan bau adalah cat duco yang berbasis air. Cat berpelarut air tidak akan mengeluarkan bau karena kandungan logam berat di dalamnya sangat dibatasi.

Aroma yang mengganggu ini artinya proses penguapan cat mengeluarkan gas beracun yang berasal dari logam berat.  Pastikan pada label kemasan tertera rendah logam berat seperti lead dan formalin. Setidaknya kandungannya harus berada di bawah 100 gr per liternya.

  • Proses kering yang cepat

Jika Anda akan melakukan proses finishing pada kabinet dapur yang telah terpasang maka Anda memerlukan cat yang cepat mengering. Anda tentu tidak ingin menunggu lama untuk segera melakukan aktivitas di dapur karena cat yang masih basah.

Pilih cat yang akan mengering dengan cepat. Khususnya untuk lapisan terakhir yang dapat mengering dalam waktu 24 jam saja. Cat yang cepat kering juga tidak akan memakan waktu lebih lama dalam proses aplikasinya.

Baca Juga:  Bioduco Chalk Paint : Tanpa Amplas Mengecat jadi Lebih Mudah

Tampilan Akhir Cat yang Harus Dipilih

Mengenal kualitas cat tidak terlepas dari kekuatannya menahan goresan. Tahannya furniture atas goresan dipengaruhi oleh tampilan akhir yaitu yaitu tingkat kilapnya. Apakah tampilan kilap yang sebaiknya digunakan pada dapur di rumah?

Furniture dapur yang memiliki tampilan kilap semakin tinggi maka akan semakin mudah untuk dibersihkan. Jika Anda memiliki banyak furniture yang sering digunakan maka pilihlah high gloss atau gloss.

3 Cara Memilih Jenis Cat Duco Kayu yang Tepat  untuk Furniture Dapur
tampilan gloss pada kitchen set

Apabila diukur dengan glossy meter, sheen level yang dihasilkan adalah sekitar di atas 70%. Artinya pantulan cahaya yang dipantulkan ke mata cukup tinggi. Untuk memenuhi hasil finishing gloss, Anda harus memilih  top coat (diaplikasikan di atas cat duco) tampilan gloss.

Hal ini disebabkan tingginya pantulan cahaya dari permukaan furniture akan menyamarkan goresan yang terdapat pada furniture. Jika Anda kesulitan mendapatkan top coat gloss, Anda juga bisa memilih maksimal cat dengan hasil semi gloss.

Cat dengan tampilan semi gloss tidak hanya cocok diaplikasikan pada furniture dapur namun juga area kamar mandi dan ruang keluarga. Tampilan gloss atau semi gloss akan membuat furniture tampak mewah.

Pemilihan Warna Cat yang Tepat untuk Dapur

Kini saatnya Anda memilih warna pada cat duco. Anda sudah memiliki bekal kualitas cat yang baik dan tampilan seperti apakah yang dibutuhkan. Saatnya untuk memilih warna cat berdasarkan hal berikut ini:

  • Apakah yang ingin Anda raih

Warna dikenal sebagai penyalur perasaan dan sangat berperan untuk mempengaruhi suasana hati. Jika Anda ingin merasakan suasana hati yang bersemangat ketika berjalan di dapur maka pilihlah warna kuning.

3 Cara Memilih Jenis Cat Duco Kayu yang Tepat untuk Furniture Dapur
Warna hijau memberikan kesan segar di dapur

Jika Anda ingin mendapatkan suasana yang segar dan natural maka hijau adalah pilihan yang tepat. Di sisi lain, kabinet akan memberikan warna menarik lainnya seperti warna abu-abu.

  • Komponen di dalam dapur
Baca Juga:  Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda Hanya Dengan Pernis

Apa saja komponen yang Anda berikan dalam dapur. Misalnya berapa jumlah rak dan bagaimana penempatannya. Apakah Anda akan menggunakan kitchen set atau hanya kabinet saja. Anda perlu menyamakan warna semua agar seragam atau bisa memberikan satu atau dua warna berbeda sebagai pembeda.

Jika Anda memikirkan untuk memberikan dua warna, pilihlah warna yang gelap pada furniture dominan. Sedangkan furniture yang digunakan sebagai pembeda cukup berikan warna terang.

  • Menciptakan keselarasan terhadap seluruh ruangan

Ingatlah Anda tidak hanya bermain warna pada furniture dapur saja. Banyakkomponen lain yang mempengaruhi seperti warna lantai, warna dinding, dan warna plafon rumah. Masukan juga warna kusen, jendela dan pintu.

Tentu saja Anda tidak akan memberikan semua bagian tersebut warna yang sama. Berikan kontras misalnya saja jika dinding dan plafon berwarna putih maka Anda bisa leluasa memilih warna furniture. Anda juga bisa menyeragamkan warna furniture dengan warna kusen jendela dan pintu.

  • Biarkan countertops berwarna natural

Jika Anda memberikan warna ceria atau terang pada kabinet, biarkan countertops pada dapur memiliki warna natural. Anda tidak perlu memberikan warna lain karena countertops pada dapur adalah bagian yang sering digunakan.

Anda hanya perlu memastikan bahwa countertops dibuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap kelembaban. Seperti terbuat dari kayu solid atau marmer.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X