Cara Merawat Lantai Kayu Bengkirai

Cara Merawat Lantai Kayu Bengkirai

Sebagian besar lantai kayu dapat dirawat dengan sedikit perlakukan baik. Namun dalam banyak kasus, sedikit pemeliharaan preventif akan membantu mempertahankan dan meningkatkan warna patina alami lantai tua yang diperoleh dari tahun ke tahun. Tips dan trik perawatan kayu ini berasal dari National Wood Flooring Association.

Salah satu kesalahan terbesar adalah gagasan bahwa, seperti usia lantai, berubah warna, dan bahkan mengubah dimensi, entah bagaimana menjadi hal yang negatif. Kenyataannya adalah, lantai yang paling indah, yang sering diproduksi dan dijual hari ini, adalah lantai yang mendapatkan perawatan paling baik oleh pemilik ruangan.

Baca Juga : cara menghilangkan cat di sepatu kulit

Bahkan lantai kayu yang lebih tradisional, diamplas dengan lapisan akhir yang membentuk film, akan tumbuh indah dengan usia dan kerusakan alami yang didapatkan. Namun, usia dan kerusakan normal tidak boleh disalahartikan dengan lantai kayu yang tidak dirawat dengan baik. Terlepas dari apa jenis lantai kayu yang digunakan, atau jenis finishing yang digunakan, semua lantai kayu perlu dibersihkan secara teratur.

Pembersihan Yang Tepat

Tantangan yang dihadapi secara konsisten adalah apa yang Anda digunakan untuk membersihkan lantai. Dengan banyaknya bahan pembersih lantai yang ditawarkan di banyak toko atau bahkan supermaret Anda harus mengetahui mana bahan yang tepat dan harus digunakan oleh lantai kayu Anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Cat Minyak di Kayu

Bahkan ada beberapa pendapat bahwa menggunakan uap air adalah cara yang paling efektif untuk digunakan pada lantai kayu. Karena akan memperlihatkan bahkan dapat meremajakan dan menambah kilau dari lantai kayu.

Adapula yang mengatakan bahwa memoles lantai kayu akan mengembalikan dan mempertahankan keindahan pada lantai.

Cara Merawat Lantai Kayu Bengkirai
Peralatan yang digunakan untuk membersihkan lantai kayu.

Saran paling sederhana dan paling aman untuk perawatan lantai kayu adalah mengikuti langkah-langkah ini untuk memastikan lantai mereka akan berfungsi seperti yang dimaksudkan:

  • Bersihkan semua tumpahan air atau cairan apapun dengan segera.
  • Hanya gunakan pembersih vakum yang memiliki pengaturan untuk permukaan yang keras.
  • Jangan basahi lantai kayu. Air menggenang akan menghasilkan retakan, perpecahan, cupping, warping, degradasi hasil finsihing, dan meninggalkan residu perubahan warna.
  • Jangan gunakan pembersih uap di lantai kayu. Air dalam bentuk uap akan menembus serat kayu dan menyebabkan kerusakan permanen pada lantai kayu dan lapisan cat.
  • Gunakan karpet permadani yang dapat bernapas baik di dalam maupun di luar pintu untuk mencegah pasir, garam, bahan kimia, kelembaban dan kotoran lainnya merusak ke lantai kayu.
  • Untuk lantai kayu yang dipasang di dapur, tempatkan karpet yang tidak menyimpan debu di depan wastafel dapur dan kompor.
  • Karpet harus dibersihkan, dan dikeringkan secara menyeluruh ketika basah.
  • Lakukan tindakan pencegahan khusus dengan bantalan non-selip yang sering ditempatkan di bawah karpet. Beberapa dari bantalan ini mungkin menanamkan pola mereka ke permukaan dan / atau lantai kayu. (Serat alami mungkin tidak mentransfer sebanyak beberapa bantalan sintetis.)
  • Ketahuilah bahwa karpet luas menutupi lantai kayu, melindunginya dari paparan sinar UV / matahari, yang menghasilkan perbedaan warna di lantai kayu.
  • Taruh bantalan karet di bawah kaki furnitur untuk mencegah lecet dan goresan. Secara berkala periksa pelindung lantai ini dan ganti jika perlu.
  • Hindari berjalan di lantai dengan sepatu olahraga, dan sepatu hak tinggi. Seorang wanita 125-pound di sepatu hak tinggi memiliki dampak 2.000 pound per inci persegi. Tumit yang terkena bisa mengerahkan hingga 8.000 pon per inci persegi. Dampak semacam ini akan melekukan permukaan lantai.
  • Jaga agar cakar hewan peliharaan dipangkas dan dipelahara dengan baik.
  • Saat memindahkan furnitur berat, jangan geser ke lantai kayu. Yang terbaik adalah angkat perabotan dan pindahkan untuk menghindari goresan pada lantai.
  • Gunakan humidifier yang tepat selama bulan-bulan musim dingin / kering dan / atau dehumidifier di musim panas / lembab untuk menjaga perubahan ukuran kayu dan penyusutan seminimal mungkin. Penting untuk menjaga lingkungan yang konsisten sepanjang tahun untuk meminimalkan perubahan bentuk lantai.
  • Ketika lantai kehilangan kemilaunya, saatnya untuk melakukan recoat.

Lantai yang Diminyaki Alami

Minyak alami adalah minyak pengoksidasi yang biasanya terdiri dari tung, biji rami, sayuran, atau minyak pengoksidasi lainnya yang menembus ke berbagai tingkat ke permukaan kayu, mengisi dan mengelilingi serat kayu. Perawatan untuk hasil finishing  ini biasanya khusus produk:

Di lantai dengan lapisan minyak, gunakan hanya yang direkomendasikan produsen untuk membersihkan lantai. Selesai aplikasi minyak mungkin secara berkala perlu di-reapplied oleh seorang profesional. Ada banyak jenis minyak yang berbeda, dan masing-masing memiliki program perawatan khusus.

Penggunaan pel microfiber kering akan secara aman dan efektif menghilangkan sisa-sisa kotoran dari permukaan.

Banyak produsen minyak alami merekomendasikan rutinitas perawatan khusus menggunakan minyak dan sabun secara teratur. Kegagalan mengikuti prosedur pemeliharaan khusus akan menghasilkan penyelesaian yang tidak akan berfungsi sebagaimana yang dimaksudkan.

Lantai yang Dilapisi Wax

Wax akan meresap ke dalam pori-pori kayu dan mengeras untuk membentuk segel pelindung  yang tidak mudah tembus. Lilin memberikan kilau satin berkilau rendah. Biasanya dipelihara dengan aplikasi tipis tambahan dari lilin. Hanya lilin berbasis solvent, pasta pengilap, atau cairan pembersih yang dibuat khusus untuk lantai kayu yang telah dilapisi lilin harus digunakan.

Cara Merawat Lantai Kayu Bengkirai
membersihkan lantai kayu yang telah di wax.

Pada pelapis lilin, jangan gunakan lilin di atas lantai kayu. Jika lantai tumpul, coba gunakan buffing. Hindari penumpukan lilin di bawah perabotan dan area lalu lintas ringan lainnya dengan mengaplikasikan lilin di titik-titik ini setiap kali Anda melakukan waxing.

Pada lantai yang diberi lilin, untuk menghilangkan bintik-bintik air, gunakan wol baja halus, kain lembut, atau pad sintetis dan sedikit thinner. Gosok lembut dengan gerakan memutar sampai titik itu hilang. Kemudian kembali wax area dan buff.

Pada lantai yang diberi minyak dan diminyaki, jangan gunakan pembersih berbasis air. Hanya gunakan produk perawatan khusus dari produsen bahan finishing.

Area Lantai Kayu yang Difinishing dengan PU

Ujung-ujung pembentuk film antara lain adalah pernis, urethane yang ditularkan melalui air, urethane yang diawetkan dengan uap air, vernis minyak terkonjugasi, pernis konversi atau pelapisan akhir-UV. Masing-masing dari jenis-jenis pembentuk lapisan akhir film ini seperti yang dijelaskan oleh namanya; mereka membentuk lapisan pelindung lapisan penutup di atas lantai kayu. Perawatan untuk jenis finsihing ini termasuk:

  • Untuk lantai kayu selesai difinishing, ikuti rekomendasi pemeliharaan pabrik yang mengeluarkan bahan finishing.
  • Ketika produsen kayu atau finish tidak diketahui, gunakan produk pembersih lantai kayu yang tersedia dari profesional lantai kayu setempat.
  • Menggunakan produk yang tidak direkomendasikan untuk membersihkan lantai dapat merusak tampilan finishing yang diinginkan, dan ini juga dapat menyebabkan masalah ketika saatnya lantai dilapisi ulang.
  • Jangan menggunakan produk perawatan lantai vinil atau lantai vinil di lantai kayu. Lilin akrilik yang dipoles sendiri menyebabkan kayu menjadi licin dan cepat kusam.
  • Penggunaan pembersih lantai kayu yang berlebihan dapat merusak lantai kayu. Gunakan hanya seperti yang direkomendasikan oleh produsen.
  • Jangan gunakan perawatan debu rumah tangga.
  • Jangan pernah menggunakan wax pada permukaan yang tidak dilapisi lilin.
  • Jangan gunakan pembersih berbasis minyak pada lapisan finishing berbasis air.
  • Jangan gunakan cuka pada finishing lantai kayu. Cuka bersifat asam dan akan menurunkan permukaan lantai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X