kitchen-set-anti-rayap-warna-abu-abu

Hindari Kitchen Set Terserang Jamur dengan Cara Mengecat Ini

Mencegah jamur pada kitchen set bisa dilakukan sejak dini. Anda tidak membutuhkan proses aplikasi berhari-hari. Bahkan hanya dengan beberapa jam saja kitchen set dapat terlindungi dengan baik. Kuncinya adalah memberikan lapisan cat anti jamur secara merata.

Jika Anda membeli kitchen set yang sudah di finishing di toko furniture, pasti bagian bawah atau belakang yang menempel dengan dinding tidak dilapisi dengan coating. Padahal bagian yang menempel tersebut paling cepat diserang oleh jamur bahkan rayap. 

Jamur akan muncul karena dinding lembab dan kitchen set menempel dengan rapat. Tidak adanya sirkulasi udara antara kitchen set dan dinding menjadi penyebab utamanya jamur berkembang biak. Namun tidak jika Anda telah menggunakan cat kayu Bioduco top coat yang dicampur dengan BioCide SFP. 

Cat Bioduco akan membentuk lapisan film yang kuat, dibantu dengan BioCide SFP yang akan menciptakan ketahanan dari jamur. Keduanya akan saling menguatkan kitchen set di rumah Anda dari serangan jamur. Proses aplikasinya pun tidak sulit, Anda cukup mengikuti langkah mudahnya di sini. 

Mengapa Harus Menggunakan Bioduco untuk Kitchen Set?

Ada alasan khusus mengapa Anda harus menggunakan Bioduco dan bukan cat kayu merk lainnya. Secara spesifik ada tiga alasan mengapa cat Bioduco digunakan. Pertama adalah cat kompatibel dengan produk BioCide SFP. Keduanya menggunakan bahan air sebagai pelarutnya sehingga dapat bercampur dengan merata. 

topp-coat-Bioduc-water-based

Anda tidak akan dapat mencampurkan BioCide dengan cat lain khususnya yang berbasis solvent. Alasan kedua adalah cat dengan bahan pelarut air ini aman digunakan untuk area dapur. Selama proses finishing Anda akan merasakan bahwa tidak ada gangguan sama masalah lingkungan yang ditimbulkan. 

Saat cat mengering, tidak akan bau sumber polusi udara. Alasan ketiga adalah cat memiliki banyak pilihan warna yang sangat menarik. Semua warna solid dari cat Bioduco bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Cat juga tidak mudah pudar warnanya baik warna solid dan juga top coatnya. 

Baca Juga:  Orchid Cat Buat Bondek Paling Murah Dan Aplikasi Mudah

Semua proses aplikasi dapat dilakukan dengan mudah yaitu kuas dan juga air. Rangkaian produk Bioduco yang bisa Anda gunakan dimulai dari wood putty, primer coat, Bioduco warna solid atau metalik, dan terakhir top coat. 

Mempersiapkan Kitchen Set agar Siap untuk Difinishing

Tidak ada furniture satupun yang tidak membutuhkan persiapan sebelum finishing. Apapun hasil akhir yang Anda inginkan bahkan rustic sekalipun membutuhkan persiapan yang tepat. Khusus kitchen set Anda bisa mempersiapkannya untuk mendapatkan permukaan yang halus dan juga merata. Siapkan juga semua bahan cat yang akan digunakan, sedangkan alat Anda hanya membutuhkan wadah untuk melarutkan, kuas dan juga amplas. 

Nah untuk persiapan Anda bisa memulainya dengan mengamplas dan membersihkan semua kotoran. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Lepaskan dan simpan semua perangkat keras dari kitchen set agar tidak rusak terkena cat. Simpan dengan benar karena Anda akan menggunakannya nanti. 
  • Tandai bagian bekas sekrup agar nantinya tidak tertutup dengan dempul. 
  • Lanjutkan dengan mengamplas permukaan, gunakan mesin jika punya. Jika tidak amplas manual dengan bantuan balok kayu. Amplas searah dengan serat kayu agar hasilnya merata.
  • Bersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain microfiber yang telah dibasahi. 

Memperbaiki Cacat Kayu dengan Dempul

Walaupun Anda sudah mengamplas hingga halus, pasti masih ada beberapa cacat. Misalnya seperti bekas lubang paku. Cacat akan semakin banyak apabila kayu yang digunakan adalah kayu bekas. Perbaiki semua bagian cacat tersebut dengan Bioduco wood putty.

Isi semua cacat lubang dengan wood putty menggunakan pisau palet. Hindari mengisi lubang sekrup yang tadi sudah ditandai. Tunggu lapisan mengering kurang lebih 20 menit kemudian amplas dengan kertas amplas nomor 240. 

Baca Juga:  Kupas Tuntas Standar Nasional Indonesia untuk Cat Mainan Kayu

Bersihkan debu amplas dan perhatikan apakah dempul sudah merata dan cacat tidak terlihat lagi. Jika masih ada cekungan isi kembali hingga bekas lubang tidak terlihat. 

Menutup Warna Kayu dan Seratnya

Langkah selanjutnya adalah menutup warna kayu dan serat pada kitchen set agar warna yang diinginkan nantinya dapat terlihat jelas. Tidak lagi terganggu dengan masalah tampilan serat yang kuat. Pada tahapan inilah Anda membutuhkan Bioduco primer coat dan juga air. 

Proses aplikasinya cukup mudah yaitu dengan langkah berikut ini:

  1. Campurkan Bioduco primer coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian aduk merata.
  2. Bersihkan semua debu atau kotoran pada permukaan kayu dengan kain yang kering. 
  3. Kemudian lanjutkan dengan proses penguasan pada bagian dalam terlebih dahulu. Setelah itu menyusul bagian luar khususnya belakang dan bawah. 
  4. Aplikasikan kuas satu arah untuk menghindari bekas sapuan kuas. Tunggu kering selama 60 menit. 
  5. Amplas permukaannya secara ambang hanya untuk menghaluskan. Ulangi aplikasi apabila warna kayu dan seratnya masih sangat terlihat. 

Memberikan Warna pada Kitchen Set

cat-kayu-warna-solid-Bioduco

Tugas Anda kini adalah memilih varian warna yang sesuai dengan gaya dapur. Mulai dengan warna solid atau metalik, sebaiknya pilih warna solid yang lebih mudah dipadupadankan. Kemudian ikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  • Campurkan Bioduco warna solid dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata hingga mendapatkan warna yang selaras. 
  • Kuaskan cat pada bagian dalam, ikuti teknik menguas yang sama dengan aplikasi primer. Pastikan Anda hanya mengecat tipis saja. 
  • Diamkan cat agar mengering kemudian amplas ambang. Ulangi aplikasi jika warna kayu masih terlihat pucat atau belum terlalu tajam. 
  • Jika ingin memberikan beberapa lapisan, jangan pernah lupakan untuk mengamplas di setiap lapisan coatingnya. 
Baca Juga:  Cat Besi Cepat Kering Untuk Aplikasi Di Dalam Ruangan

Jika Anda hendak memberikan lapisan coating berulang, selalu pastikan setiap lapisannya hanya tipis saja. Cat akan bekerja dengan baik dan cepat kering jika Anda memberikan lapisan berulang dengan benar. 

Menciptakan Ketahanan Jamur dengan Cat Kayu

Kini saatnya bagi Anda untuk bisa memberikan lapisan coating tahan dan anti jamur. Bioduco top coat gloss adalah cat water based yang warnanya tidak mudah menguning. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan tampilannya, obat anti jamur BioCide SFP juga tidak akan mengubah warna nantinya. 

Cara aplikasi kedua bahan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Campurkan  Bioduco top coat glossy, BioCide SFP dan juga air. Aduk ketiga bahan tersebut hingga menjadi lebih rata dan tidak ada endapan. 
  2. Jangan lupa lindungi diri Anda saat aplikasi ini dengan masker dan sarung tangan karet. Karena obat anti jamur cukup keras dan dapat menimbulkan iritasi. 
  3. Kuaskan cat dari bagian dalam dengan teknik yang sama seperti aplikasi cat sebelumnya. Mulai dari dalam bari ke bagian luar dan tetap ikuti arah sapuan kuas. 
  4. Proses pengeringan cat terakhir membutuhkan waktu yang lama yaitu semalaman atau 24 jam. Anda bisa meninggalkan kitchen set di dalam ruangan yang bersih dan kering dengan sirkulasi udara yang baik. 

Keesokan harinya setelah kering, Anda bisa memasang kembali semua perangkat keras yang sebelumnya dilepas. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X