Jenis Cat Dinding Kayu Bagus Untuk Menyambut Lebaran

Jenis Cat Dinding Kayu Bagus Untuk Menyambut Lebaran

Jika Anda ingin memiliki tampilan rumah yang baru maka tidak perlu Anda membeli rumah yang baru. Cukup melakukan pengecatan ulang maka Anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda dari rumah Anda sebelumnya.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan beberapa jenis cat dinding kayu serta aplikasinya yang mudah dan Anda akan mendapatkan dinding terlindungi dengan baik setelah pengecatan ulang.

Banyak masalah yang perlu Anda ketahui pada dinding sebelum Anda mengecat ulang dan memperbaiknya. Pertama adalah masalah rayap, Anda harus memilih cat yang tahan rayap karena dinding kayu sangat mudah berayap.

Musuh utama kayu adalah rayap, jadi walaupun Anda sudah memilih jenis kayu yang bagus seperti jati tua Anda akan mendapatkan kerusakan dari rayap jika umur penggunaan kayu sudah lebih dari puluhan tahun. Untuk mengatasi hal tersebut pemilihan cat yang mengandung anti rayap sangat diperlukan.

Jenis Cat Dinding Kayu Bagus Untuk Menyambut Lebaran
Dinding kayu bagian luar yang perlu difinishing.

Masalah kedua adalah jamur bahkan lumut. Bagian dinding luar pasti sangat mudah terserang lumut dan bagian dalam dinding akan muncul jamur. Ini yang harus Anda cegah karena jamur akan mengundang rayap untuk merusak. Lapisan film dari cat yang tepat akan membuat dinding kayu rumah Anda lebih bertahan lebih lama.

Masalah ketiga adalah  penampilan. Siapa yang tidak ingin tampilan rumah selalu baru? Anda tentu ingin mendapatkan rumah Anda yang memiliki tampilan selalu baru bahkan Anda ingin mendapatkan rumah yang berpenampilan indah saat hari raya lebaran.

Warna pudar dan dinding yang rusak akibat goresan harus segera Anda perbaiki jika ingin mendapatkan penampilan yang indah dan menarik. Tentu mengatasi hal tersebut Anda harus menggunakan cat dengan pilihan warna sesuai dan kuat atau tahan lama.

Cat Dinding Kayu yang tepat untuk Pengecatan Ulang

Anda akan mendapatkan berbagai macam merk dan juga jenis cat di toko bahan bangunan. Anda akan mendapatkan banyak tawaran mulai dari kualitas hingga harga. Namun Anda harus selektif dalam memilih karena tidak semua jenis cat sesuai dengan kebutuhan dinding Anda.

Pemilihan jenis cat didasarkan kebutuhan Anda yaitu untuk mengatasi permasalahan dinding yaitu rayap, lumut dan juga penampilan. Pertama dari penampilan jika Anda ingin mendapatkan serat kayu terlihat dengan maksimal maka Anda perlu menggunakan wood stain yang memberikan warna transparan.

Jenis Cat Dinding Kayu Bagus Untuk Menyambut Lebaran
Dinding kayu bagian dalam yang belum difinishing.

Kedua untuk lumut dan rayap Anda perlu menggunakan jenis cat yang memiliki kandungan anti rayap dan juga anti lumut. Sangat mudah menemukan jenis cat tersebut di masa sekarang.

Ketiga yang terakhir adalah cat yang tidak menimbulkan bau bahkan tidak berbahaya jika digunakan dalam ruangan. Bagian ini sering terlupakan sehingga Anda memilih jenis cat solvent yang justru menimbulkan bau.

Baca Juga:  Mau Tahu Cat Terbaik agar Pintu Pagar Besi Terlihat Mewah? Cari Tahu Disini

Efeknya Anda akan menggunakan ruangan yang baru saja di cat beberapa hari setelahnya karena terganggu dengan bau yang menyengat keluar dari cat. Satu-satunya pilihan adalah menggunakan cat water based.

Ada produk lengkap yang bisa Anda gunakan dan bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui situs ini yaitu produk BioColours.

  1. BioColours Wood Filler

Anda akan menggunakan produk ini untuk memperbaiki seluruh permukaan cacat pada kayu. Anda bisa menggunakannya langsung menggunakan pisau palet. Namun pada lubang yang berukuran besar bahkan dalam Anda bisa mencampurnya dengan serbuk kayu agar menutup dengan sempurna.

  1. BioColours Sanding Sealer

Lapisan transparan ini berfungsi sebagai lapisan intermediate antara bagian atas dan juga bagian bawahnya. Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan spray system dan akan menghasilkan lapisan kuat pada permukaan dinding kayu.

  1. BioColours Wood Stain

Ada 20 pilihan macam warna dari produk ini yang bisa Anda gunakan untuk dinding rumah. Anda bisa mengaplikasikan dengan spray dan akan menghasilkan serat kayu tampak lebih tajam dari sebelumnya. Bahkan Anda akan mendapatkan cat yang rata dan halus apabila menggunakannya beberapa lapis.

  1. BioThane

Untuk lapisan dinding bagian luar Anda memerlukan produk ini. Perlindungan yang diberikan sangat baik terutama pada perubahan suhu dari panas ke dingin dan juga perubahan cuaca. Anda akan mendapatkan dinding luar ruangan yang lebih tahan lama dibandingkan dengan produk water based lainnya.

Cara Aplikasi Produk Water Based pada Dinding

Yang perlu Anda ingat dan selalu gunakan adalah aplikasi dengan cat water based memerlukan bahan pelarut air yang memiliki kadar keasaman normal yaitu ph kurang lebih 7. Jika air terlalu asam maka akan merusak lapisan cat dan tidak bisa digunakan bahkan bisa merusak dinding rumah Anda.

Gunakan air sumur atau air PDAM yang memiliki kadar keasaman tersebut. Bnah untuk jelasnya berikut ini cara aplikasi cat pada dinding kayu di rumah Anda.

  • Pastikan permukaan kayu sudah bersih dan hilangkan semua debu atau kotoran bahkan lapisan cat yang lama.
  • Jika sudah isilah retakan atau kerusakan pada kayu menggunakan BioColours Wood filler dengan warna yang sesuai. Aplikasikan menggunakan pisau palet setelah itu tunggu kering sekitar 20 menit baru Anda aplikasikan amplas nomor 240 dan pastikan permukaan menjadi rata.
  • Setelah itu campurkan BioColours Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Semprotkan dengan spray gun nosel 1. Aplikasikan secara merata. Larutan yang tepat tidak akan menimbulkan sagging dan Anda cukup menunggu 630 menit hingga cat mengering. Setelah itu lakukan pengamplasan dengan kertas amplas 400 secara ambang.
  • Gunakan BioColours Wood stain yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aplikasikan dengan spray gun secara merata. Tunggu hingga wood stain mengering dalam waktu 60 menit dan Anda bisa mulai mengamplas kembali dengan amplas nomor 400.
  • Terakhir adalah lapisan Biothane, aplikasikan Biothane yang dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaplikasikan dengan spray gun secara merata. Tunggu permukaan hingga benar-benar kering setelah semalaman baru Anda bisa mengembalikan semua perabotan ke tempat semual.
Baca Juga:  Pilih Mana, Open Pore atau Close Pore?

Tips: Jika Anda mendapati tetesan pada pada lantai atau karpet maka jangan panik Anda bisa menyiapkan air hangat dan sikat gigi.  Gunakan sikat gigi yang sudah dicelupkan pada air hangat dan gosok pada bagian tetesan cat hingga noca cat mulai menghilang.

Lakukan tahapan terakhir dengan mengelap menggunakan kain lap fiber yang telah dibasahi dengan air hangat hingga permukaan mulai menghilang. Tahapan terkahir sebelum noda mengering kembali gunakan kain lap fiber yang kering untuk menghilangkan noda sepenuhnya.

Maka Anda akan mendapatkan tetesan atau cipratan cat yang terena area yang tidak diinginkan sep[erti karpet, lantai dan juga perabotan bahkan sofa Anda. Serta Anda akan mendapatkan lapisan dinding yang baru bahkan tahan lama.

Anda juga tidak perlu bermasalah dengan bau cat dan bisa langsung menggunakan ruangan ketika lapisan cat sudah mengering dengan benar.

Mengapa Memilih Produk Biovarnish untuk Dinding?

Pasti banyak sekali yang mempertanyakan mengapa harus memilih produk cat water based untuk mengecat dinding. Bukankah cat water based mudah luntur? Atau cat water based yang tidak bisa memiliki warna tahan lama. Banyak sekali yang mempertanyakan soal hal ini karena tidak percaya dengan kualitasnya. 

Padahal jika Anda mencoba sekali untuk mengecat dinding, bahkan dinding bagian luar cat water based recommended seperti Biovarnish ini justru tahan dengan masalah cuaca. Warna yang dihasilkan pun bisa lebih tahan lama. Inilah yang membuat Biovarnish bahkan banyak digunakan untuk furniture pabrikan yang diekspor. 

Cat dinding kayu memang wajib dipilih yang kualitasnya bagus. Apalagi dalam rangka menyambut lebaran agar menyegarkan tampilan rumah. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Biovarnish serta Biothane untuk mengecat dinding yaitu:

• Warna yang dihasilkan lebih tajam

Sebagai cat dinding apalagi yang digunakan di bagian luar rumah, maka warna tentu jadi prioritas. Pastinya Anda tidak ingin menggunakan warna pucat pada bagian tersebut. Oleh karena itulah Biovarnish menghadirkan tampilan tajam dari warna-warna kayu yang telah disediakan. 

Baca Juga:  Ciptakan Tampilan Menarik Sangkar Burung dengan Cat Orchid

Ada 20 pilihan warna natural yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Biovarnish. Pilihan warna ini semuanya mewakili warna natural kayu, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan warnanya dengan desain dan warna kayu aslinya. 

• Memberikan tampilan mengkilap

Sebuah kesalahan besar jika Anda menerapkan warna matte pada permukaan dinding kayu apalagi bagian luar. Karena dinding pasti akan lebih sering mengalami kerusakan dengan cepat. Entah itu karena goresan, cuaca atau benda lainnya yang menimbulkan kerusakan. 

Biothane memberikan perlindungan masalah gangguan pada kayu apapun itu. Bahkan sampai pada penggunaan secara sering. Anda bahkan bisa menggunakan Biothane untuk lantai kayu. Permukaannya menghasilkan tampilan kilap yang berkualitas bisa menyamarkan kerusakan gores. 

• Cat yang lebih cepat kering

Terkenalnya cat water based dalam segi aplikasi salah satunya adalah kecepatan kering. Apalagi ketika Anda hendak mengaplikasikannya pada saat musim hujan. Kecepatan kering menjadi acuan dalam pemilihan bahan finishing yang tepat. Apakah Anda salah satunya yang sering bermasalah dalam waktu aplikasi dan ingin cepat?

Hanya Biovarnish dan Biothane jawabannya. Setiap lapisan Biovarnish hanya membutuhkan waktu kering selama 60 menit saja. Dalam sehari Anda bisa mendapatkan hasil coating kering sempurna. 

• Perlindungan sempurna untuk dinding kayu

Satu hal yang paling penting selain dari segi tampilan adalah bagaimana coating bisa memberikan perlindungan. Karena itulah yang jadi fungsi utama dari lapisan coating. Biovarnish bukan hanya memberikan warna, tetapi di dalamnya terdapat kandungan bahan anti jamur. Jadi jika dinding lembab jamur tidak akan mudah tumbuh. 

Sedangkan Biothane memberikan perlindungan dari banyak hal. Mulai dari anti gores, tahan perubahan cuaca hingga masalah soal warna yang pudar. Biothane terbuat dari bahan polyurethane yang menjamin perlindungan jadi lebih kuat pada dinding kayu. 

• Proses aplikasi dengan alat apa saja

Kemudahan aplikasi juga diberikan oleh kedua produk ini. Anda tidak terpaku untuk menggunakan spray gun atau kuas saja. Hasil aplikasi dengan roller juga memuaskan bebas sagging atau bekas roll. Dengan begitu tampilan dinding juga akan lebih halus tanpa Anda takut masalah cacat finishing. 

Apakah Anda tertarik untuk membeli produk Biovarnish dan Biothane. Sekali lagi kemudahan akan Anda dapatkan, karena produk ini bisa dibeli melalui beberapa link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X