cat primer

Ingin Menggunakan Cat Primer? Ini Waktu yang Tepat dan Tekniknya

Finishing kayu untuk hasil warna solid pada jenis kayu apapun baik itu kayu keras atau kayu buatan tidak terlepas dari peranan cat primer. Cat primer sendiri tidak hanya digunakan untuk kayu, banyak macamnya baik itu untuk besi hingga alumunium. Khusus untuk kayu, cat primer tidak hanya berfungsi untuk menutup warna dan serat saja. 

Fungsi utama dari cat primer memang menutup warna sehingga warna solid di atasnya bisa lebih tajam hasilnya. Namun disisi lain, bagi kayu cat primer berfungsi untuk menutup pori kayu. Jika permukaan kayu tidak dilapisi dengan dempul maka akan digantikan dengan primer. 

Ketika penggunaan primer sudah tepat maka hasil finishing akan menjadi lebih halus dan rata. Anda tidak akan mengalami masalah ketika hendak melakukan finishing dengan tampilan gloss yang menutup permukaan harus rata. Jadi peranan cat primer tidak bisa dipisahkan oleh kayu. 

Jika begitu penting, kapankan waktu yang tepat untuk menggunakan cat primer? Kebanyakan dari Anda mungkin sudah menggunakannya. Sayangnya hasil yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan. Bisa saja kesalahan terjadi saat sebelum atau proses aplikasi berlangsung.

Waktu yang Tepat Aplikasi Primer, Persiapan hingga Pengeringan

Banyak dari pemula hanya mengetahui bahwa cat primer diaplikasikan dengan spray dan juga kuas. Tanpa berpikir panjang karena terburu-buru untuk mendapatkan hasil maka cat primer langsung diaplikasikan. Bisa juga tidak mengikuti petunjuk yang terdapat dalam kemasan kaleng karena mendengar cara aplikasi dari teman. 

Padahal produk cat primer yang Anda gunakan bisa saja berbeda dengan teman Anda. Selain jenis cat yang berbeda, keterampilan mengaplikasikan juga berbeda. Jadi apa yang sebaiknya Anda lakukan? Ikuti beberapa penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk aplikasi cat primer. 

Mengecek Jenis Cat Primer yang Digunakan

Ketika Anda sedang mengobrol dengan teman, pastikan terlebih dahulu jenis cat apa yang mereka gunakan jika ingin mengaplikasikan dengan cara yang sama. Mengenal jenis cat akan mempermudah Anda untuk memilih cat primer sesuai dengan kebutuhan. Secara umum ada dua jenis cat primer di pasaran sesuai dengan bahan dasar yang digunakan. 

Pertama adalah cat primer berbasis solvent yang membutuhkan thinner sebagai bahan pelarutnya. Proses pengeringan cat ini harus dijemur di bawah sinar matahari jadi pastikan Anda bekerja saat cuaca sedang cerah. Bau sangat menyengat sehingga disarankan untuk menggunakan masker. 

Kedua adalah cat primer berbasis air yang lebih aman sehingga Anda tidak perlu menggunakan masker. Bahan pelarut yang digunakan adalah air dan Anda tidak perlu menunggu cuaca cerah untuk bekerja. Cat akan mengering dengan sendirinya di suhu udara normal tanpa dijemur. Nah untuk produk cat primer berbasis air Anda bisa menggunakan Bioduco primer coat. 

Persiapan Material Kayu dengan Pengamplasan 

Jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan dempul karena tidak terlalu banyak cacat pada kayu maka aplikasikan langsung dengan primer juga bisa. Hanya saja persiapan kayu harus dilakukan dengan pengamplasan secara hati-hati. Kebanyakan permukaan kayu yang rata masih memiliki kotoran dan debu yang harus dihilangkan. 

Mulailah dengan menggunakan amplas nomor 180 atau langsung 220. Semakin kasar kertas amplas artinya Anda akan mengamplas permukaan kayu yang kasar juga. Gantilah kertas amplas ketika sudah semakin halus. Manfaatkan juga mesin amplas sehingga hasilnya lebih merata. 

Jangan lupa setiap selesai mengamplas bersihkan debu amplas baik dengan vakum atau kain microfiber yang dibasahi. Tidak perlu takut kayu yang lembab jika Anda menggunakan cat primer berbasis air yang bisa menyesuaikan kelembaban kayu. Pastikan saja tidak ada debu yang tertinggal atau menyumbat pori kayu. 

Proses Pengeringan Cat Primer yang Tepat

Anda mungkin sudah mengaplikasikan cat primer dengan tepat yaitu setelah cat di amplas hingga halus dan dibersihkan dari debu. Namun apakah Anda mengetahui kapan saja waktu pengeringan berlangsung? Jika cat primer berbasis solvent terlalu lama dijemur hasilnya memang kering namun sebagian besar juga mengelupas karena pengeringan yang terlalu cepat. 

Nah untuk cat berbasis solvent pengeringan bisa dilakukan di terik matahari selama 2 hingga 3 jam saja. Ketika Anda menempatkan ibu jari ke permukaannya tidak muncul bekas maka tandanya sudah kering. Apabila Anda menjemur tidak langsung di bawah panas matahari maka efek warna putih yang membayang akan muncul. 

Khusus untuk cat berbasis air janganlah pernah untuk menjemur karena akan merusak permukaan lapisan cat primer. Cat justru dikeringkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan suhu udara normal. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 60 menit saja. 

Teknik Mengecat Cat Primer dengan Spray Gun

Aplikasi yang paling tepat untuk mendapatkan tampilan yang lebih rata adalah menggunakan spray gun. Mengingat primer adalah cat dengan warna putih atau abu-abu maka menggunakan kuas akan menimbulkan brush mark jika Anda tidak profesional mengaplikasikannya. 

Nah oleh karena itu Anda perlu belajar menggunakan spray gun. Ketika mengaplikasikan spray gun, pastikan viskositas dari cat tepat sehingga tidak menimbulkan sagging. Sangat penting untuk membuat cat yang keluar dari spray gun langsung menempel tanpa meninggalkan saging. Selain itu, ada beberapa teknik yang harus dipelajari sebagai berikut ini. 

Cara Mengayunkan Spray Gun

Menyemprot cat primer dengan spray gun bukan hanya sekedar menekan spray gun saja namun juga perlu mengetahui bagaimana cara mengayunkan dengan tepat. Pertama perhatikan bentuk dari kayu, sebaiknya Anda mengayunkan di jarak yang dekat dari ujung ke ujung secara horizontal. 

Lebih baik untuk benda diletakan di atas meja atau digantung dan Anda yang bergerak. Ayunkan spray gun tanpa berhenti di satu titik terlalu lama dari ujung satu ke ujung lainnya. Tanpa berhenti juga Anda bisa melanjutkan ke bagian baris di bawahnya. Lanjutkan hingga semua permukaan tertutup. 

Teknik Penyemprotan Silang untuk Menutup Pori

Tidak hanya tekanan angin saja yang membuat cat primer bisa masuk ke dalam pori kayu secara sempurna. Anda juga harus melapisinya dengan dua lapisan dengan arah yang berbeda. Pada teknik pertama Anda sudah selesai untuk menutup permukaan kayu dengan cat primer. 

Tidak perlu menunggu kering langsung saja ubah posisi kayu ke bentuk sebaliknya sehingga Anda bisa mengecat ke arah yang berbeda namun tetap secara horizontal. Langkah ini akan membuat cat primer menempel secara silang dan dilakukan dengan cara yang sama. Dari ujung ke ujung hingga permukaan kayu tertutup merata dan baru masuk ke proses pengeringan. 

Mengatur Jarak Penyemprotan 

Jangan lupa juga untuk mengatur jarak antara spray gun dengan permukaan kayu. Jarak ini sangat penting untuk mengatur seberapa banyak cat menempel dan apakah timbul sagging. Semakin dekat warna cat semakin pekat dan efek sagging akan semakin mudah muncul. 

Jarak yang tepat adalah sekitar 15 hingga 20 cm sehingga cat menempel sempurna tanpa efek sagging. Sebelum menyemprotkan langsung ke permukaan kayu penting bagi Anda untuk menyemprotkan pada permukaan kayu yang lainnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X