Bioduco

Cat Solid atau Stain, Manakah yang Tepat untuk Finishing Deck Kayu?

Apabila Anda memiliki rumah dengan decking kayu di bagian balkon atau teras mungkin warna natural akan cocok digunakan jika gaya rumah cenderung ke tampilan klasik. Banyak orang yang menyukai tampilan kayu asli karena kesan alam dan juga hangat akan terasa. Apalagi biasanya decking kayu menggunakan jenis kayu mahal seperti jati atau merbau. 

Jenis kayu yang kuat tersebut selalu memiliki warna dan serat kayu yang sangat menarik untuk diperlihatkan. Apalagi jika Anda ingin memperlihatkan kesan tua dari decking kayu. Tidak ada yang lebih menarik dengan adanya tampilan patina dengan warna keabu-abuan. 

Decking kayu yang di finishing dengan warna natural membutuhkan perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lantai kayu biasanya. Terekspos dengan panas dan juga hujan terus menerus akan membuat lantai mudah rusak. Jadi jika tidak menggunakan bahan finishing yang tepat maka warnanya akan lebih mudah pudar. Secara tidak langsung Anda harus terus menerus melakukan perawatan intensif. 

Salah satu perawatan yang perlu diperhatikan adalah memberikan lapisan bahan finishing yang tepat. Tanpa adanya lapisan coating maka deck akan lebih cepat rusak. Apalagi jika Anda menggunakan deck kayu untuk kolam renang. Nah jika ingin memberikan perlindungan dengan bahan finishing maka terdapat dua pilihan. Baik itu menggunakan cat solid atau stain. 

Mengenal Keunggulan dari Cat Solid untuk Deck

Mengecat decking kayu di rumah dengan cat solid bisa menjadi pilihan yang terbaik. Cat solid memberikan beberapa keuntungan dibandingkan dengan stain atau sanding sealer. Namun Anda tidak akan mendapatkan tampilan warna yang natural dari jenis cat ini. 

Apa saja keuntungan dari menggunakan cat solid untuk decking di rumah? Berikut ini beberapa keuntungannya. 

  • Memiliki banyak pilihan warna
Baca Juga:  5 Faktor Penting untuk Melakukan Finishing dengan Mudah

Karena cat solid memberikan warna yang menutup warna kayu asli maka Anda akan mampu menutup warna decking kayu yang sudah usang. Artinya Anda memiliki banyak pilihan baik untuk finishing decking kayu yang baru atau lama. Keduanya bisa ditampilkan secara berbeda menggunakan cat solid. 

  • Cat dapat mengisi retakan

Cat solid memiliki jenis larutan yang lebih kental dibandingkan bahan finishing lainnya. Jadi seringkali digunakan untuk memperbaiki cacat pada permukaan kayu seperti goresan. Jika permukaan kayu memiliki jenis cacat yang ringan maka cat solid otomatis akan menutupnya dengan maksimal. Bahkan ada beberapa jenis cat solid yang memang dirancang untuk memperbaiki retakan pada permukaan kayu. 

  • Memiliki proteksi yang lebih tinggi

Cat solid secara umum lebih tahan terhadap jamur, rayap bahkan kerusakan karena sinar UV. Artinya cat solid lebih melindungi decking dibandingkan stain atau jenis cat yang lainnya. Sehingga warna dari cat yang sudah diaplikasikan tidak akan mudah pudar. Namun karena proteksi yang tinggi, kebanyakan cat solid untuk decking memiliki tampilan gloss. Ketika sering terkena air membuat permukaannya menjadi lebih licin. 

  • Ketahanan yang sangat tinggi

Cat solid memiliki ketebalan yang lebih tinggi, perlindungan pada kayu juga sangat baik. Artinya Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah refinishing dalam jarak yang pendek. Jadi Anda tidak akan kehilangan banyak budget untuk melakukan refinishing berulang kali. Cat bisa bertahan setidaknya lima tahun sekali. 

Mengenal Kelebihan dari Wood Stain

Jika Anda menganggap bahwa cat solid tidak cocok dengan gaya Anda, mungkin mencoba menggunakan wood stain adalah langkah yang tepat. Wood stain bisa diatur jenis warna dan ketebalan warnanya. Stain sendiri adalah jenis cat semi transparan bahkan transparan seperti sealer untuk bisa digunakan berbagai olahan kayu seperti decking. 

Baca Juga:  Pabrik cat kayu yang bagus BioVarnish Untuk Finishing Wooden High Chair

Keunggulan dari stain adalah memberikan keindangan warna kayu, tetapi ada juga kelebihan menggunakan stain lainnya pada decking kayu. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda cermati. 

  • Tidak licin

Berbeda dengan cat solid yang sangat mudah licin ketika musim penghujan tiba. Wood stain yang sudah diaplikasikan pada permukaan kayu akan lebih kesat dan tidak mencelakakan para penggunanya. Permukaannya tidak terlalu mengkilap dan inilah alasannya tidak membuat licin.

  • Lebih mudah untuk diaplikasikan

Baik cat solid dan juga wood stain bisa diaplikasikan dengan alat yang sama baik itu kuas, alat semprot atau roller. Namun untuk hal kerapian aplikasinya, wood stain lebih mudah karena tingkat kekentalannya yang rendah. Ketika diaplikasikan dengan kuas, wood stain tidak akan menimbulkan brush mark. Sedangkan jika diaplikasikan dengan alat semprot tidak akan sagging. 

  • Tersedia dalam berbagai macam warna semi transparan

Sama seperti cat solid, untuk wood stain Anda bisa memilih bermacam-macam warna yang semi transparan. Setebal apapun Anda mengaplikasikan wood stain, warna dan serat kayu akan tetap terlihat. Anda bisa memperlihatkan keindahan warna asli kayu, dimana wood stain fungsinya hanyalah untuk mempertajam warna aslinya saja. 

  • Memberikan kesan rustic

Karena tampilannya berwarna natural, maka Anda akan lebih mudah untuk memberikan efek patina atau rustic. Jika menguasai teknik aplikasi yang tepat, decking di rumah akan memiliki tampilan warna dan kesan yang lebih artistik. Namun Anda tidak bisa menggunakan hasil yang sama jika menggunakan cat solid. 

Mengenal Produk Cat Solid dan Wood Stain Terbaik

Manakah produk yang terbaik untuk digunakan pada decking di rumah? Anda harus mencermati setiap merk cat solid dan juga wood stain di pasaran. Karena tidak semua produk memberikan kelebihan-kelebihan seperti yang disebutkan di atas. Tetapi sebagai saran, sebaiknya Anda memilih jenis cat yang berbasis air. 

Baca Juga:  Suplier Cat Kayu Orchid

Apakah produk cat water based yang bisa digunakan? Berikut ini kedua produk tersebut. 

  • Cat Kayu BioColours Solid Color

Cat solid kayu water based BioColours adalah jenis cat yang aman digunakan di lingkungan. Kandungan bahan kimianya sangat dibatasi jadi sangat aman untuk digunakan di lingkungan rumah. Jika Anda hendak mengecat nya sendiri, maka jangan khawatir untuk masalah kesehatan dan lainnya. 

Selain aman digunakan cat BioColours juga lebih cepat kering dan proses aplikasinya sangat cepat. Hanya dengan alat semprot saja, cat bisa menempel pada permukaan dengan daya sebar dan daya tutup yang tinggi. Anda tidak lagi perlu mencari produk cat solid yang lainnya. Cat telah mengandung bahan pengawet yang tinggi untuk melindungi kayu dari serangan jamur hingga rayap. 

  • Cat Kayu Biovarnish Wood Stain

Jika Anda mencari wood stain yang terbaik maka merk yang bisa digunakan adalah Biovarnish. Produk ini adalah stain water based yang proses aplikasinya diunggulkan menggunakan kuas. Hanya dengan kuas berbulu nylons saja, cat akan sangat halus setelah diaplikasikan. 

Bahan pelarut air membuatnya menjadi cat yang aman dan hemat. Terdapat 20 pilihan warna yang menarik untuk digunakan. Masing-masing warna mewakili berbagai jenis kayu seperti kayu jati, mahoni dan juga oak hingga walnut. Apakah warna kayu yang ingin diaplikasikan pada decking di rumah Anda cukup mencarinya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X