cat mainan anak

7 Alasan Cat Aman untuk Mainan Anak Itu Perlu Digunakan

Sudahkah Anda sebagai orang tua memperhatikan jenis mainan apa saja yang akan atau telah dibeli? Mainan menjadi media yang sangat penting bagi anak-anak bukan hanya membuat mereka senang tetapi melatih saraf motoriknya. Ada begitu banyak mainan edukasi yang dijual di pasaran, tapi tahukah Anda bahwa mainan yang dibeli bisa berbahaya? 

Anak-anak sangat suka dengan berbagai macam mainan yang memiliki warna menarik. Oleh karena itu para pembuat mainan pasti akan memilih cat yang memiliki warna-warna mencolok. Cat dengan warna sangat terang biasanya memanfaatkan timbal dan juga merkuri untuk memberikan warna. 

Padahal sudah menjadi rahasia umum bahwa bahan seperti timbal dan merkuri berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya itu, formalin juga digunakan sebagai bahan pengawet dari cat supaya bisa bertahan lama. Begitu berbahaya bukan jika Anda tidak memilih cat mainan anak yang aman. 

Kesadaran memilih jenis mainan anak dengan lapisan coating yang aman harus dilakukan dari sekarang. Bagi Anda yang masih belum sadar betapa berbahayanya cat tersebut, ketahui alasan mengapa cat yang aman untuk mainan anak begitu dibutuhkan. Yuk cek disini. 

Pentingnya Menggunakan Cat Mainan Anak yang Aman

Masalah kesehatan pasti menjadi prioritas utama untuk anak-anak Anda. Tapi siapa yang menyangka, akibat keteledoran memilih jenis mainan, anak Anda terserang penyakit. Masih banyak orang tua yang tak percaya akan keadaan ini, karena bahaya cat memang tidak kelihatan. 

Bahaya yang muncul jarang diketahui sejak dini karena kemunculannya dalam waktu yang cukup lama. Namun jika tidak dihindari dari sekarang maka Anda bisa tetap menjaga kesehatan anak. Berikut ini beberapa alasan mengapa cat untuk mainan anak yang aman begitu penting untuk digunakan. 

Baca Juga:  Merk Zat Pemutih Kayu WA 250, Produk Yang Tidak Menimbulkan Karat

Tidak Menimbulkan Bau yang Mengganggu Pernapasan

Alasan pertama yang sangat mudah untuk langsung diketahui adalah tak ada bau yang muncul. Ketika mainan menggunakan cat aman, anak-anak tidak lagi akan menghirup gas amonia yang keluar dari penguapan formalin. Gas ini sangat berbahaya, karena mampu mengganggu sistem pernapasan anak. 

Gejala yang muncul jika anak terlalu sering menghirup amonia adalah batuk hingga pusing. Cat aman pada mainan anak tidak menimbulkan bau jadi tidak akan menimbulkan masalah pada sistem pernapasan. 

Memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI)

Cat yang aman sudah pasti SNI, artinya teruji dengan baik di laboratorium baik dari segi formula hingga hasilnya. Cat khusus untuk mainan yang SNI mengurangi semua kandungan logam berat yang artinya Anda tak perlu khawatir lagi soal masalah cat berbahaya. Karena cat SNI digunakan untuk semua mainan. 

Harganya mungkin sedikit mahal, tapi bukan masalah karena demi keamanan dan kesehatan anak. Mainan juga akan memiliki logo SNI yang artinya bukan hanya dicat dengan aman tetapi juga dibuat sesuai kebutuhan anak. Anda tak perlu bingung lagi memilih mainan yang aman. 

Mainan Aman untuk Balita

Ada perbedaan besar mainan untuk anak usia balita dan diatasnya. Mainan untuk balita keamanannya harus benar-benar terjamin. Alasannya adalah  balita seringkali memasukkan mainan ke dalam mulut. Jika lapisan cat yang digunakan tidak aman atau mainan kotor maka semua bakteri dan virus bisa langsung masuk ke dalam tubuh. 

Cat aman untuk mainan anak biasanya memiliki standar khusus untuk khusus. Cat yang digunakan standarnya tidak jauh berbeda dengan cat yang diaplikasikan pada peralatan makan dari kayu. Supaya ketika dimasukan ke dalam mulut cat tetap aman. 

Baca Juga:  Trik Finishing Kayu Jati yang Halus

Tampilannya Lebih Tahan Lama

Dikarenakan cat yang aman kandungan formalinnya sangat rendah bahkan tidak ada sama sekali, efeknya juga muncul pada tampilan mainan. Yang tadinya cat biasanya mudah berubah warna kekuningan kusam kini tidak lagi. Cat yang aman tidak akan membuat efek menguning yang dikenal sebagai yellowing. 

Warna yang dihasilkan lebih bertahan lebih lama, sehingga Anda masih bisa menggunakannya dalam beberapa tahun ke depan. Mainan yang awet tentunya akan menghemat pengeluaran Anda. 

Bisa Diaplikasikan Sendiri

Karena tidak menimbulkan bau maka Anda bisa mengaplikasikannya sendiri dengan aman. Bagi Anda para DIY, bisa membuat lapisan coating sendiri untuk mainan anak daripada beli yang sudah jadi. Proses aplikasi cat yang aman pun tergolong mudah, bisa menggunakan kuas atau menggunakan alat semprot. 

Hasil yang didapatkan tentu sesuai dengan keinginan Anda. Pilih warna-warna yang disukai oleh anak sendiri dan pastinya mereka akan sangat senang. Anda bahkan bisa menjadikan kegiatan mengecat bersama anak di saat liburan. 

Pilihan Warna Juga Bervariasi

Tak kalah dengan cat kayu yang memiliki kandungan logam berat, cat yang aman juga memiliki banyak pilihan menarik. Anda pastinya berpikir, jika kandungan timbal sebagai bahan pewarna dikurangi apakah hasil warna akan menarik? Tentu saja bisa. Buktinya ada banyak cat kayu untuk mainan anak yang terbuat dari bahan air memiliki banyak pilihan warna solid yang menarik. 

Warna yang dihasilkan pun juga terlihat menarik sesuai dengan kesukaan anak-anak. Sudah menarik dan juga aman, jadi alasan apalagi yang akan digunakan untuk tidak memilihnya? 

Cat Lebih Hemat Membuat Mainan Lebih Murah

Mainan mahal artinya cat yang digunakan juga mahal harganya. Dibandingkan cat dengan kandungan logam berat tinggi, cat water based justru lebih murah. Ya, cat yang aman untuk digunakan tidak lain adalah cat water based. Cat ini murah harganya ditambah lagi jika Anda menggunakan bahan pelarut air, modal yang dibutuhkan hanya membeli cat saja. 

Baca Juga:  Yuk Belajar Mengecat Rotan dengan Warna Hitam Chalk Paint dan Cat Enamel

Air sebagai bahan pelarut harganya tentu lebih murah dibandingkan dengan thinner. Tak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan cat supaya bisa finishing mainan anak sendiri, maka gunakanlah cat water based. 

Merk Cat untuk Mainan Anak dari Kayu yang Aman

Seperti yang dikatakan bahwa cat water based merupakan cat yang aman. Namun di antara sekian merk, manakah merk cat untuk mainan anak? Anda bisa mencoba menggunakan Bioduco chalk paint yang kemudian dilapisi dengan Bioduco top coat. 

Produk chalk paint adalah yang paling direkomendasikan daripada cat duco yang sama-sama memberikan warna solid. Bedanya adalah warna yang dihasilkan chalk paint lebih lembut dan menarik untuk anak-anak. 

Ditambah lagi, chalk paint sudah teruji keamanannya ketika digunakan untuk mainan anak-anak. Sifatnya yang aman dikarenakan mengikuti regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga EPA (Environmental Protection Agency). 

Dalam regulasi tersebut dijelaskan bagaimana formula yang aman dalam pembuatan cat mainan anak yang aman. Oleh karena itu, Bioduco chalk paint dan top coat mengikuti regulasi tersebut. Dalam Bioduco kandungan formalin, timbal, merkuri semua dibatasi sehingga tak lagi menimbulkan bau menyengat bahkan menciptakan polusi dalam ruangan. 

Anda yang akan menggunakan Bioduco chalk paint akan lebih dipermudah karena fungsinya sebagai primer. Fungsi ini akan mempercepat proses pengecatan apabila Anda melakukannya sendiri di rumah. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X