assorted color paint buckets

Harga Pernis Kayu Terbaru Maret 2022

Proses finishing memang tidak bisa terlepas dari kebutuhan penggunaan cat. Sebelum membeli, perhatikan harga pernis kayu Maret 2022.

Pernis dikenal sebagai tampilan finishing yang bagus untuk menghasilkan tampilan warna natural kayu yang transparan. Pernis juga tidak hanya digunakan untuk furniture ataupun perabotan interior saja tapi juga komponen bangunan rumah seperti tiang kayu, lantai kayu, jendela, pintu, lis langit-langit dan bagian bangunan rumah lainnya.

Umumnya, cat ini cukup dikuaskan ke permukaan kayu untuk menghasilkan tampilan yang mengkilap. Dengan tampilan mengkilap menggunakan pernis ini akan membuat media yang dilapisinya menjadi lebih bersih.

Baca Juga : Pernis dan Obat untuk Kayu yang Ampuh Mengatasi Rayap

Harga Pernis Kayu 2022

Penggunaannya yang tidak terlepas dari finishing ini membuat persaingan harga pernis kayu semakin ketat saja. Banyak brand lokal berlomba-lomba menawarkan berbagai keunggulan kualitas pernis kayu agar menarik pembeli.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih pernis, di antaranya:

  1. Pilih pernis sesuai kebutuhan finishing

Tidak semua pernis dapat diaplikasikan dengan cara oles, kuas dan semprot. Terdapat beberapa cat pernis yang hanya bisa menggunakan cara kuas atau semprot saja. Nah, hal ini penting untuk diperhatikan terlebih bagi Anda yang belum ahli atau masih melakukan teknik DIY dalam finishing.

Baca Juga : Bingung Cari Plitur Kayu Transparan Kursi Jati Lebaran? Ikuti Tips Memilihnya Disini

Jika Anda seorang new user, tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada penjual cat mengenai cara yang digunakan pada cat yang akan Anda gunakan. Hal tersebut akan berpengaruh pada hasil finishing nantinya.

2. Gunakan pernis yang tidak berbau

Pilih cat pernis yang tidak mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Beberapa orang mungkin saja akan merasa kurang nyaman dengan aroma cat saat aplikasi atau setelahnya. Bahkan sebagian orang mungkin akan mengalami masalah pernafasan ataupun pusing akibat bau pernis tersebut.

3. Ketahanan terhadap air

Hal yang tidak kalah penting ketika Anda memilih cat pernis adalah ketahanannya terhadap air. Misalkan pada lantai, adakalanya lantai terkena air dan tidak segera dilap. Hal ini akan menyebabkan lapisan cat belang akibat memudar. Hal ini perluj jadi pertimbangan ketika Anda akan membeli cat pernis.

  • Persaingan harga

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, persaingan harga pernis juga cukup berpengaruh kepada pembeli. Namun, sebagai pengguna, Anda cukup memperhatikan kualitas yang ditawarkan setiap pernis.

Harga Pernis Kayu Maret 2022

Pernis umumnya hanya dapat digunakan untuk indoor saja sehingga tidak disarankan untuk penggunaan outdoor atau furniture yang selalu terpapar sinar matahari langsung.

Sebagai pengetahuan dalam memilih cat, pernis telah diproduksi dengan dua jenis bahan yang berbeda. Terdapat pernis dengan bahan dasar solvent dan adapula pernis dengan bahan dasar air. Keduanya saling bersaing di pasar bahan finishing Indonesia.

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia telah mengetahui cat water based untuk finishing kayu. Meskipun telah mengetahui hal tersebut, masih sedikit orang belum percaya akan kualitas cat satu ini.

Nah, baik Anda yang ingin menggunakan pernis water based atau pernis solvent based, berikut daftar harga pernis kayu Maret 2021 untuk pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Nama Brand Pernis Harga (Rp)
Biovarnish Wood Stain (1kg) 89.500
Biovarnish Wood Stain (400gr) 47.500
Belazo (1liter) 75.000
Impra (1 kg) 71.500
Mowilex (1 liter) 72.000
SEIV Varnis ( 1kg) 67.500
FTALIT Clear Varnish (1kg) 49.000

Apa Yang Dimaksud Dengan Cat Water Based?

Masih belum diketahui sejak kapan cat water based mulai digunakan. Dahulu di Mesir, cat water based sudah digunakan. Umumnya, cat water based hanya digunakan untuk mengecat tembok.

Bermula pada tahun 1940 hingga 1950an dan seterusnya, penggunaan cat water based tergantikan oleh cat latex. Sejak saat itu, water based harus berjuang mengalahkan cat latex.

Persaingan pasar kedua cat tersebut cukup ketat namun sayang sekali cat water based tenggelam oleh pamor cat latex.

Mulai tahun 1970-an, cat mulai mengalami perkembangan. Dan cat yang cukup terkenal pada saat itu adalah cat dengan bahan epoxi dan acrylic. Pada  sekitar tahun 1970 hingga 1980an ini lah yang membuat cat water based mulai kembali eksis dalam dunia finishing.

Selama ini, cat dengan pelarut air baru dikenal pada cat tembok atau cat untuk melukis. Namun, seiring berkembangnya teknologi, cat berbahan air ini mulai merambah pada cat kayu.

Cat water based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan dasar air. Cat ini umumnya menggunakan bahan yang khusus digunakan pada cat kayu. Namun, berkat kecanggihan teknologi bahan tersebut dapat dicampur dengan air.

Cat water based sendiri tahan terhadap air sehingga tidak mudah memudar ketika sering terkena tetesan air. Hal berbeda terjadi pada cat solvent, apabila air tidak dibersihkan maka permukaan kayu yang dilapisi cat tersebut akan memudar atau dikenal dengan istilah blocking.

Berikut keunggulan cat water based.

  • Rendah VOC

Salah satu inovasi munculnya cat kayu berbahan dasar air adalah karena kandungan cat pada umumnya yang tinggi VOC. VOC sendiri merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan sangat beracun.

Untuk mencegah polusi udara yang diakibatkan oleh tingginya VOC, cat water based menjadi solusi terbaik.

  • Tidak berbau

Meskipun sebagian cat solvent juga tidak terlalu mengeluarkan cat yang menyengat, cat water based lebih dikenal sebagai cat yang tidak berbau sama sekali. Cat ini sangat nyaman saat pengaplikasian pada furniture, perabotan atau komponen bangunan yang terletak pada bagian dalam ruangan.

  • Waktu kering

Hal yang lebih unggul oleh cat water based dibandingkan dengan cat solvent adalah waktukeringnya. Cat water based mampu kering dengan cepat hanya dalam suhu ruangan sedangkan cat solvent membutuhkan sinar matahari langsung untuk dapat cepat kering.

Di mana Anda Bisa Mendapatkan Produk Cat dan Pernis Water Based?

Meskipun baru dikenal oleh masyarakat Indonesia namun popularitas cat dan pernis water based ini lebih cepat dibandingkan cat solvent.

Cat ini sudah banyak dijumpai di pasaran. Brand lokal pun mulai mengembangkan jenis cat ini. Salah satu brand lokal yang khusus mengembangkan cat water based serta produk perkayuan yang ramah lingkungan adalah Bio Industries Omnipresen.

Untuk membeli produk Bio Industries Omnipresen, silahkan menghungi CS melalui kontak hotline yang telah tercantum pada halaman website ini. Selain itu, Anda juga dapat membeli via marketplace berikut.

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X