Biovarnish Wood Filler, dempul kayu aman

Dempul Kayu untuk Atasi Pori-Pori Kayu

Sejak dulu, kayu dimanfaatkan untuk kebutuhan seperti pondasi rumah, dekorasi dan perabotan. Di sisi lain, kayu sendiri terdiri dari banyak jenis. Karakter yang dimiliki pun berbeda-beda.Hal ini yang menarik dari kayu.

Kayu memiliki durabilitas yang bagus serta dapat menyesuaikan banyak konsep bangunan. Wajar saja jika kayu banyak dipilih sebagai dekorasi dan perabotan. Selain itu, tekstur kayu juga tidak kalah penting menciptakan hasil yang indah.

Mengenal Tekstur Kayu yang Bagus untuk Dekorasi

Tekstur kayu memiliki peranan yang penting untuk menciptakan kesan unik dan menarik. Oleh karena itu, sangat penting mempertahankan tekstur material kayu agar bisa sesuai dengan interior ruangan. Tekstur kayu yang kasar akan mengganggu kesan estetik pada ruangan.

Terdapat jenis kayu yang memiliki tekstur yang halus dan indah sehingga tidak memerlukan perlakuan khusus saat difinishing, contohnya kayu jati. Berbeda halnya dengan kayu glugu yang terkenal dengan tekstur kasar dan seratnya yang terlihat tajam.

Jenis tekstur kasar lainnya bisa dilihat dari jenis kayu oak. Kayu tersebut  memang menghasilkan tampilan yang menawan namun kayu oak memiliki pori-pori yang cukup besar dan banyak. Dibutuhkan proses pendempulan secara merata untuk hasil cat yang sempurna.

Terdapat pula tekstur kayu kasar ketika diraba seperti kayu merbau. Serat kayu ini melintang lurus dan warna yang menarik. Teksturnya yang kasar memang cukup mengganggu ketika diraba. Apabila tidak di dempul, bulu halus kadang muncul dan membuat tidak nyaman.

Bukan hanya dapat dirasakan dengan cara diraba, tekstur kasar pada kayu juga bisa dilihat. Jika tekstur terlalu kasar, proses finishing akan semakin sulit. Tekstur kasar ini biasanya didapatkan karena pori-pori kayu yang besar. 

Kayu yang memiliki tekstur yang kasar tidak bisa langsung diampelas begitu saja. Di beberapa kondisi kayu, justru pengampelasan bisa menyebabkan serat bulu halus bermunculan. Serat bulu halus tersebut sulit diampelas. Salah satu cara menghilangkan bulu kayu ini adalah dengan mengaplikasikan sanding sealer. 

Sanding sealer juga bisa mengatasi pori-pori kayu, namun hanya berlaku pada pori-pori kayu yang kecil. Aplikasi sanding sealer ini akan menghasilkan finishing yang lebih halus. 

Untuk mengatasi pori-pori kayu yang besar, diaplikasikan dempul kayu agar hasilnya lebih halus. Hasil dempul ini akan mengoptimalkan proses aplikasi di atasnya. Jika tidak dilakukan proses pendempulan, cat justru akan menyerap ke dalam pori-pori dan warna cat tidak akan setajam ketika diaplikasi dempul.

Jika demikian, cat yang diaplikasikan harus berulang kali agar hasilnya sesuai harapan.

Fungsi dan Kegunaan Dempul Kayu

dempul kayu Biovarnsh Wood Filler yang berfungsi menutup pori pada material kayu

Pori-pori kayu dapat terbentuk karena proses pertumbuhan dari pohon atau faktor lain setelah pohon ditebang menjadi kayu.

Masalah pori semacam ini seringkali terlihat ketika pemotongan kayu log. Kondisi kayu yang dengan pori-pori besar biasanya sering dijumpai pada kayu keras.

Untuk mengatasi masalah pori pada kayu, rekomendasinya biasanya adalah aplikasi dempul kayu. Namun, sebelum pembahasan berlanjut, ada baiknya kita memahami apa saja fungsi dan kegunaan dari dempul kayu?

Mengatasi Cacat Kayu

Selama proses pertumbuhan, batang kayu akan menghasilkan tekstur secara alami, di antaranya mata kayu yang biasanya terdapat pada bagian batang dan ranting. Mata kayu ini cukup riskan karena bisa membuat kayu pecah. 

Selain itu, mata kayu juga mampu mempengaruhi tampilan sehingga dibutuhkan dempul kayu untuk menutupi dan menyamarkan cacat pada kayu. Penggunaan dempul kayu bisa disesuaikan dengan diameter atau lebar dari cacat kayu tersebut.

Pori-pori pada kayu punya banyak jenis. Meskipun demikian pori-pori tersebut bisa sangat menyulitkan finishing apabila ukurannya yang cukup besar.

Selain kasar, pori-pori yang tidak tertutup oleh dempul juga bisa jadi sebab boros pada penggunaan cat. Oleh karena itu, fungsi dempul kayu sangat dibutuhkan untuk mengatasi pori-pori pada kayu

Menyamakan Warna 

Warna kayu kadang tidak sama rata sehingga akan cukup sulit diaplikasikan cat. Oleh karena itu, dibutuhkan perataan warna agar hasilnya optimal. Selain melalui tahap bleaching, Anda bisa menggunakan dempul kayu.

Sesuaikan warna dempul dengan warna yang ingin dihasilkan. Khusus untuk jenis kayu gelap, Anda bisa memilih menggunakan warna dempul kayu yang gelap seperti sonokeling. Dengan tips ini, warna kayu merata dan hasilnya tampak menarik ketika sudah diaplikasikan cat.

Dempul kayu bisa dengan mudah Anda jumpai di pasaran. Namun, cukup sedikit dempul yang aman digunakan. Kenapa harus menggunakan dempul yang aman? Dempul yang mengandung senyawa kimia berbahaya bisa menyebabkan keracunan dan polusi.

Anda tidak perlu kesulitan mencari produk finishing yang aman, sebab telah hadir cat water based yakni Biovarnish. Produk cat Biovarnish sangat lengkap mulai dari dempul, wood stain, sanding sealer hingga top coat. Cat water based tergolong aman karena kandungan VOC yang rendah. Hal ini telah sesuai dengan standar keamanan bahan kimia internasional.

Di mana bisa beli Biovarnish? Anda bisa membeli secara online dengan menghubungi kontak hotline pada website ini atau melalui email di [email protected] Selain itu, Anda bisa membeli melalui marketplace berikut.

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X