produk chalk paint

Mengenal Chalk Paint sebagai Primer Coat Berwarna-Warni

Jika mendengar jenis cat chalk paint, Anda pasti akan membayangkan produk luar negeri seperti Annie Sloan. Apabila ingin membelinya, perlu banyak uang yang dipersiapkan. Namun kini tidak lagi karena Anda bisa membeli chalk paint keluaran Indonesia yang pertama.

Chalk paint adalah bahan finishing yang merupakan primer coat. Bahan finishing ini akan menutup warna kayu dengan berbagai pilihan warna pastel yang sangat menarik. Bahkan proses aplikasinya cenderung unik dan menghasilkan tampilan vintage. 

Furniture yang menggunakan chalk paint sangat berbeda hasilnya dari cat warna natural atau solid. Cat memberikan kesan yang sangat berbeda. Anda bisa mendapatkan warna pastel dengan kesan rustic, distressed hingga antik. 

Produk chalk paint juga terkenal dengan mudah digunakan karena merupakan produk primer coat. Anda tidak membutuhkan banyak lapisan coating dan berlama-lama dalam finishing kayu. Apakah produk chalk paint milik Indonesia yang pertama kali dikeluarkan? 

Produk Chalk Paint Pertama di Indonesia

Cat kayu yang merupakan chalk paint pertama di Indonesia adalah Bioduco. Sama seperti chalk paint yang merupakan produk impor, Bioduco menggunakan bahan dasar air sebagai pembuatnya. Berperan sebagai primer coat, Anda tidak perlu menggunakan produk lainnya kecuali dempul. 

Bioduco chalk paint menyediakan 20 pilihan warna pastel yang sangat unik untuk dipilih. Kelebihan dari produk ini berbeda dengan produk impor. Satu yang utama adalah harganya sangat sangat murah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk chalk paint impor lagi. 

Ada beberapa kelebihan lainnya selain harga yang murah untuk digunakan. Berikut ini beberapa kelebihan yang akan didapatkan. 

  • Aman dan ramah lingkungan

Kelebihan yang pertama adalah soal keamanannya. Cat berbasis air seperti Bioduco ini memiliki batasan dalam penggunaan logam berat. Sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat apalagi menciptakan polusi udara. Setelah cat mengering tidak ada logam berat yang dikeluarkan dari lapisan coating. 

  • Memiliki daya tutup yang tinggi
Baca Juga:  7 Tips Ampuh Mengecat dengan Chalk Paint untuk Hasil Antik

Anda tidak perlu memperhatikan lagi masalah daya tutup. Cat akan menutup warna dan serat kayu setelah diaplikasikan setidaknya dua kali lapisan yang tipis. Cat menutup dengan sempurna sehingga Anda akan mendapatkan warna berbeda dari furniture kayu. Hasilnya sangat memuaskan dan lebih hemat bahan. 

  • Proses aplikasi cepat dan mudah

Kecepatan dari proses aplikasi dilihat dari pengeringannya. Proses kering lapisan coating dari chalk paint hanya membutuhkan waktu 60 menit. Itu pun Anda tidak perlu menjemur furniture. Sedangkan kemudahannya adalah Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas saja. Kuas akan menambah kesan artistik dan proses aplikasi yang sangat murah. Walaupun diaplikasikan dengan kuas cat tidak mudah menetes atau ndlewer. 

  • Struktur yang keras dan lentur 

Setelah cat mengering, Anda bisa menilai kualitasnya ketika kayu berubah bentuk akibat perubahan cuaca. Kayu adalah material yang bisa menyusut dan memuai tergantung suhu udara. Nah jika menggunakan chalk paint, Anda akan melihat bahwa lapisan coatingnya sangat lentur. 

Macam-Macam Cara Mengaplikasikan Chalk Paint 

Dilihat dari berbagai macam keunggulan dari Bioduco, setidaknya Anda bisa mencoba menggunakannya. Anda akan bisa menggunakannya dengan kuas berbulu nilon yang tidak menyerap cat berlebihan. Namun mampu meratakan kuas secara merata ke permukaan furniture kayu. 

Ada berbagai macam cara aplikasi chalk paint sesuai dengan hasil yang diinginkan. Anda bisa menggunakan cat ini untuk berbagai furniture dengan gaya shabby chic, vintage, bahkan modern. Warnanya yang pastel membuat suasana ruangan menjadi lebih lembut. 

Apa saja jenis finishing yang menarik untuk dipraktekkan dalam proyek kayu Anda selanjutnya? Berikut ini macam-macamnya. 

Finishing Chalk Paint Konvensional

Cara konvensional adalah cara yang digunakan untuk mengecat furniture hasil yang tertutup rapi. Langkah ini hampir sama dengan cara aplikasi cat pada umumnya. Hasilnya adalah tingkat kerapian yang tinggi dan warna yang menutup serat kayu secara merata. Untuk menghasilkan finishing ini Anda harus mempersiapkan air sebagai bahan pelarutnya. 

Baca Juga:  Cara Finishing Furniture Anak Karakter dengan Cat Water Based

Kemudian untuk alatnya adalah kuas nilon, amplas alumunium oxide dan juga kain lap. Sisanya Anda hanya perlu memilih jenis warna dari Bioduco chalk paint apa yang ingin digunakan. 

Berikut ini langkah-langkah aplikasinya. 

  1. Amplas permukaan kayu hingga menjadi lebih rata dan halus. Anda bisa menggunakan amplas nomor 220. Pastikan debu amplas dibersihkan. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint warna pilihan dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan :  1 air kemudian aduk hingga benar-benar homogen. 
  3. Kuaskan chalk paint ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan selama 60 menit, amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas. 
  4. Aplikasikan chalk paint sekali lagi dengan langkah yang sama. Pastikan tidak ada permukaan yang tidak tertutup dengan rata.

Finishing Chalk Paint Antik

Kesan antik juga bisa didapatkan, Anda hanya perlu mengetahui teknik distress sebelumnya. Teknik ini adalah untuk menghilangkan warna cat di beberapa bagian sehingga akan memperlihatkan kesan tua karena warna kayu sedikit terlihat. Caranya Anda harus mencermati bagian mana saja yang biasanya cat sering mengelupas pertama kali. 

Langkah-langkah aplikasinya juga tidak jauh berbeda dengan pengecatan konvensional. Hanya saja pada lapisan terakhir Anda bisa mengaplikasikan Bioduco top coat matte. Tampilan matte akan melindungi warna cat sekaligus meningkatkan kesan antik. 

Cara aplikasi chalk paint untuk kesan antik adalah sebagai berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kayu dan rapikan. Hilangkan semua kotoran yang melekat dengan kuat dan bersihkan. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint sesuai dengan warna yang Anda pilih. Gunakan perbandingan 2 : 1 dengan air dan aduk hingga merata.
  3.  Kuaskan cat hingga merata, tunggu kering, dan amplas kembali. Aplikasikan hingga membentuk dua lapisan coating. 
  4. Amplas bagian yang ingin di distress dengan kertas amplas nomor 320. Biasanya adalah bagian siku luar atau dalam. 
  5. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte. 
Baca Juga:  Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah

Finishing Chalk Paint Rustic

Finishing yang terakhir adalah rustic. Disini kayu akan terlihat seperti lapuk dan lebih lama digunakan. Bedanya adalah permukaan kayu tidak merata seperti finishing antik. Anda justru harus merusak permukaan kayu sehingga terkesan sudah lama atau rusak karena penggunaan. 

Proses aplikasinya melibatkan perusakan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan mesin rustic khusus atau merusaknya dengan palu, paku hingga benda keras lainnya. Kerusakan harus dibuat sealami mungkin sehingga finishing tampak lebih sempurna. 

Jika kayu sudah dirusak, Anda bisa mengikuti langkah aplikasi chalk paint berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kayu yang telah dirusak. Bersihkan semua serbuk kayu. 
  2. Campurkan chalk paint dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata.
  3. Kuaskan chalk paint ke seluruh permukaan kayu dengan searah. Kumasukkan merta dan ulangi dengan cara yang sama sebanyak dua kali. 
  4. Setelah lapisan mengering, Anda harus menggunakan teknik distress. Kali ini Anda harus mengamplas pada beberapa siku sekaligus bagian yang telah dirusak. 
  5. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X