Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah

Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah

Rumah selalu mengenal warna, rumah tidak akan menjadi menarik jika tidak pada warna yang diberikan baik pada dinding hingga pada furniture di dalamnya. Furniture kini menjadi salah satu aspek yang sangat penting di dalam rumah. Tanpa furniture tentunya ruangan akan terlihat kosong, kebutuhan pun menjadi tidak terpenuhi, inilah yang disebut kebutuhan sekunder.

Berbicara mengenai furniture pasti dong tidak akan jauh-jauh dengan bahan finishing yaitu cat. Ada banyak jenis cat yang digunakan untuk finishing furniture. Cat digunakan sebagai bahan pelapis kayu dan memberikan warna-warna menarik layaknya rumah yang sesuai dengan pemiliknya.

Baca Juga : cara mengecat tembok belang belang

Pemilihan bentuk dan warna furniture seringkali menjadi cerminan sang pemilik rumah. memadukan warna antara furniture dan dinding rumah seringkali menjadi pertimbangan yang berat. Namun jangan khawatir, cat kayu duco memiliki solusinya karena pilihan warna yang beragam sesuai gaya yang ingin diterapkan.

Apakah gaya yang ingin Anda terapkan menjadi kunci utama pemilihan warna cat duco ini. Penyempurnaan warna yang telah dipilih akan menjadi tugas dari teknik finishing. Jika Anda adalah seorang DIY maka melakukan finishing sendiri di rumah adalah langkah terbaik untuk berhemat.

Sebelum itu mari tentukan warna cat duco manakah yang akan Anda pilih sesuai gaya. Berikut ini beberapa gaya yang bisa Anda pilih disesuaikan dengan warna yang akan digunakan.

  • Gaya minimalis

Pemilik rumah modern seringkali ingin menerapkan gaya minimalis pada rumah. Gaya ini dipilih karena ingin memperlihatkan ruangan rumah yang sempit menjadi luas dan juga bersih. Beragam warna cat duco yang ingin digunakan antara lain adalah putih dan juga hitam.

Kedua warna ini bisa diterapkan pada furniture dimanapun baik di ruang tamu atau di kamar. Warna tersebut sangat minimalis dan membuat ruangan akan terlihat lebih luas.

  • Gaya kontemporer

Gaya ini adalah memperlihatkan gaya sekarang dan saat ini. Seringkali digunakan untuk memperlihatkan gaya dimasanya. Nah warna duco netral banyak digunakan untuk mewujudkan gaya ini. Warna netral dipilih karena warna yang bisa dipasangkan dengan warna lainnya.

Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah
Kamar tidur dengan furniture warna abu-abu dan putih

Warna netral yang digunakan antara lain adalah coklat, abu-abu dan cooper. Warna ini bisa digabungkan dengan warna lainnya khususnya pada warna yang digunakan pada dinding rumah.

  • Gaya pop art

Bagi Anda yang suka dengan warna cerah dan meriah bisa mengaplikasikan gaya pop art. gaya ini banyak menggunakan warna-warna cerah sebagai furniture. Warna merah, warna kuning, warna orange adalah warna yang sering digunakan.

Tentu saja warna ini harus disesuaikan untuk memberikan tampilan kontras pada ruangan. Bahkan walaupun warna yang digunakan sudah sangat terang namun untuk dekorasi ruangan juga tetap menggunakan warna ini.

Inilah beberapa contoh gaya yang menggunakan cat kayu duco untuk furniture. Warna cat duco yang dipilih harus memberikan ketajaman dan kesempurnaan dari furniture. Untuk mendapatkan hasil tersebut maka pemilihan produk dan teknik aplikasi sangat menentukan.

Keunggulan dan Kelemahan Cat Kayu Duco

mengapa Anda harus menggunakan cat duco dan bukan cat yang lainnya? Apa keunggulan cat duco dan apakah kerugiannya jika menggunakan cat duco pada furniture? Setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan. Dalam hal ini cat duco memiliki kelebihan dan kelemahan sama rata.

Sebelum diulas dari kelemahannya, perhatikan beberapa kelebihan dari cat duco berikut ini:

  • Cat duco dapat digunakan untuk menutup cacat pada kayu. Anda yang menggunakan kayu dengan banyak cacat permukaan misalnya warna kayu yang belang dan terdapat banyak mata kayu bisa menggunakan cat duco. Cat akan menutup cacat pada kayu dan memberikannya tampilan yang benar-benar berbeda.
  • Cat dapat didaur ulang, cat duco bisa didaur ulang bukan cairan cat yang didaur ulang dan cat yang sudah diaplikasikan. Apabila Anda bosan dengan penampilan furniture warna solid maka Anda bisa membuatnya dengan sedikit rustic. Cukup dengan mengamplas beberapa bagian sehingga terlihat bahwa furniture sudah sering digunakan untuk memperlihatkan kesan rusak.
  • Warna yang bisa dicampur, beberapa jenis cat duco dapat dicampur untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Biasanya para DIY sering bereksperimen untuk mendapatkan warna yang berbeda.
  • Tampilan mengkilap hingga doff bisa didapatkan sesuai dengan selera. Jika Anda menggunakan furniture pada ruang anak-anak sebaiknya gunakan cat duco glossy agar tidak memperlihatkan efek goresan yang sering muncul karena penggunaan.

Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah
Aplikasi cat duco dengan alat semprot

Beberapa kelebihan tentu ada kelemahan. Anda perlu mengetahui apa saja kelemahan cat duco agar bisa mengantisipasi kerusakan yang kapan saja bisa muncul. Berikut ini beberapa kelemahan yang dimiliki oleh cat duco kayu.

  • Waktu aplikasi yang lumayan lama karena Anda akan menutup warna dan serat kayu. Warna ini tentu perlu banyak lapisan cat untuk memberikan penampilan yang baru.
  • Cat yang buruk akan mengendap dengan mudah saat proses penyemprotan sehingga menyumbat lubang alat semprot.
  • Memiliki harga yang mahal karena pigmen yang digunakan untuk memberikan warna tidaklah murah.
  • Jika menggunakan cat kayu duco solvent maka akan menimbulkan efek penyakit khususnya pada ruangan anak.

Produk Cat Kayu Duco Terbaik

Dilihat dari kelebihan dan kelemahan cat duco maka pemilihan cat yang terbaik akan menjadi solusi terbaik warna furniture menjadi lebih sempurna. Anda kini bisa menggunakan  cat duco merk BioColours yang tidak akan memberikan kelemahan seperti yang telah dijelaskan.

Cat merk BioColours ini merupakan cat water based yang akan memberikan warna solid pada furniture. Pada aplikasinya terdapat empat produk yang wajib digunakan yaitu BioColours wood putty, primer coat, Bioduco, dan top coat. Keempat produk ini harus diaplikasikan secara berurutan karena memiliki fungsi masing-masing yang berbeda.

Jika kelebihan cat duco adalah lama kering, tidak dengan BioColours. bahan dasar air yang digunakan justru membuat cat mudah mengering bahkan tanpa dijemur dibawah panas matahari. Cat duco ini dapat mengering dengan cepat dalam suhu udara ruang yang memiliki sirkulasi udara terbaik.

Apabila Anda mengeringkan cat ini setelah aplikasi cukup diletakan dalam ruangan atau diangin-anginkan saja. Waktu kering yang dibutuhkan setiap lapisannya hanyalah 60 menit. Berbeda dengan cat duco yang terbuat dari solvent, bahan thinner yang digunakan diganti dengan air.

Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah
Cat duco berbasis air mudah diaplikasikan

Ya, pelarut cat BioColours adalah air jadi pada saat proses pengeringannya Anda tidak perlu takut dengan cat yang mengeluarkan zat beracun. Penguapan yang terjadi adalah air ketika furniture yang masih menguap sudah digunakan tentu tidak akan menimbulkan efek beracun di dalam ruangan.

Bahan pelarut air tentu saja membuat finishing tidak mahal. Anda tidak perlu lagi membeli thinner satu kaleng harga 30 ribu. dan Anda cukup membeli catnya saja. Sebagai produk cat kayu duco terbaik, BioColours tidak memberikan efek mengendap saat diaplikasikan.

Cat yang sudah dicampur dengan air akan larut dan tidak menimbulkan endapan pada saat penyemprotan berlangsung. Anda bisa tenang dan cat tidak merusak alat semprot.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X