Memilih Warna Cat Kayu Natural yang Sesuai untuk Ruangan

Memilih Warna Cat Kayu Natural yang Sesuai untuk Ruangan

Warna furniture seringkali menjadi pertimbangan yang penting pada saat menata rumah baru. Jika Anda ingin mendapatkan rumah yang nyaman maka pemilihan warna kontras atau harmoni pada ruangan harus ditentukan dari sekarang. Pemilik rumah seringkali berbeda satu sama lain ketika sedang memadukan warna dinding, lantai dan juga furniture hingga dekorasi ruangan.

Menentukan di awal tentu akan lebih mudah mendapatkan ruangan yang lebih nyaman. Furniture seringkali yang menjadi membingungkan, karena warna furniture tidak mudah diubah apabila Anda sudah bosan menggunakannya.

Mengubah warna furniture perlu waktu dan cara aplikasi yang benar untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal tentu saja harus memastikan bahwa warna kayu yang digunakan sudah sesuai. Warna kayu bisa berbagai macam, warna kayu dikenal dengan warna natural.

Warna natural ini memberikan efek yang sangat nyaman bagi pemilik rumah. Efek warna kayu akan memberi ketenangan dan perasaan dekat dengan alam. Jangan lupa kayu juga memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban dikarenakan pori kayu yang masih terbuka.

Inilah mengapa dibutuhkan cat kayu natural untuk menutup pori kayu tersebut agar kelembaban tidak terserap ke dalam kayu. Kayu yang lembab akan membuat substrat kayu berjamur, mengundang rayap dan menimbulkan kerusakan. Menghindari masalah kerusakan yang lebih besar lagi maka dari sekarang sebaiknya putuskan manakah cat kayu natural yang akan digunakan.

Cat memiliki berbagai macam pilihan warna natural. Pilihan warna ini ditentukan oleh si pemilik rumah untuk disesuaikan dengan gaya yang akan digunakan. Cara memilih warna tentu saja sangat penting karena gaya di dalam rumah akan menjadi acuan utama. Sebagai gambaran, Anda bisa memilih beberapa warna natural yang paling banyak digunakan.

Baca Juga:  Cat Kayu Anti Air Biovarnish Untuk Furniture Kayu

Memilih warna kayu yang banyak digunakan tentu menjadi lebih mudah  untuk Anda dibandingkan harus memilih dari sekian banyak warna yang tersedia di pasaran. Berikut ini beberapa contoh warna natural yang bisa dipilih.

  • Walnut

Kayu walnut berasal dari Amerika, warna kayu walnut ini adalah warna yang paling banyak digunakan. Alasannya adalah warna ini tidak akan pernah berhenti disukai. Kayu walnut asli memang berasal dari Amerika namun tenang saja cat kayu natural di Indonesia sudah banyak menyediakan pilihan warna kayu walnut.

Memilih Warna Cat Kayu Natural yang Sesuai untuk Ruangan
Warna walnut

Mengapa warna kayu walnut disukai? Warna ini sangat kaya dengan tampilan coklat medium yang akan cocok dipadukan dengan warna dekorasi, dinding dan lantai. Banyak sekali desain kontemporer, klasik, hingga tradisional yang menggunakan furniture dengan warna walnut ini.

Furniture warna walnut mencerminkan kedekatan dengan alam paling tinggi. Jika Anda menggunakan warna ini pada kayu yang memiliki serta menarik maka kayu akan tampak lebih indah.

  • Mahoni

Bagi pemilik rumah yang sudah cukup tua maka furniture di dalam rumah juga akan menyesuaikan dengan selera umur mereka. Pemilik rumah yang masih muda biasanya menginginkan furniture dengan warna-warna yang modern sedangkan pemilik rumah yang lebih tua akan memilih desain klasik.

Desain klasik untuk furniture tidak harus digunakan pada rumah lama tapi juga dapat digunakan pada rumah baru. Apakah warna yang cocok untuk furniture kayu tradisional? Tentu saja warna yang merah gelap sangat cocok digunakan dengan kata lain adalah warna kayu mahoni.

Warna kayu mahoni mencerminkan gaya klasik yang memberikan keindahan tersendiri. Warna kayu ini tidak akan memberikan kesan modern dan sangat kaya akan warna kayu tua. Jika Anda ingin menggunakan warna kayu ini pada furniture maka gunakan pada furniture seperti dining set, tempat tidur dan furniture berukuran besar lainnya. Kehangatan ruangan akan sangat terasa dengan warna ini.

  • Warna maple
Baca Juga:  Langkah-Langkah Membangun Bisnis Mebel Online Secara Cepat

Sama seperti kayu walnut, kayu maple juga berasal dari Amerika, warna kayu ini bertolak belakang dari warna walnut dan mahoni yang memberikan kesan gelap, hangat dan elegan. Warna kayu maple cenderung terang seperti kayu ramin atau sungkai. Jika Anda ingin memiliki ruangan yang bernuansa gelap maka gunakan warna maple untuk memberikan sedikit terang tanpa cahaya lampu atau matahari.

Memilih Warna Cat Kayu Natural yang Sesuai untuk Ruangan
Warna maple

Warna ini juga dapat digunakan untuk ruangan yang bertujuan mendapatkan tampilan segar dan terang bahkan bersih. Warna kayu maple sering digunakan pada gaya kontemporer yang meliputi ruangan kamar, atau dapur.

Jika ingin menggunakan warna kayu maple pada ruangan maka padukan dengan warna terang pada tirai atau sprei tempat tidur. Warna yang cocok dipadukan seperti turquoise, kuning gading, dan sedikit dekorasi ruangan.

  • Golden oak

Masih dengan nuansa warna natural kayu yang terang, Anda bisa memilih warna kayu yang terang lainnya seperti golden oak. Warna ini juga dapat digunakan pada desain modern dan tradisional. Baik dipadukan dengan dinding dan lantai dengan warna yang kontras atau harmoni.

Warna emas kekuningan dari kayu oak ini akan memberikan kehangatan pada ruangan. Warna ini cocok digunakan untuk ruangan yang sepi dan penuh inspirasi seperti ruang belajar, ruang kerja atau ruang baca.

  • Ceri

Pada satu lagi warna cat kayu natural yang sangat kaya dan banyak digunakan yaitu warna cherry. Kayu cherry banyak diproduksi di Amerika dan memiliki warna khas, di Indonesia Anda juga bisa mendapatkannya pada produk wood stain. Warna coklat medium yang diberikan akan memberikan kesan yang hangat dan menimbulkan kesan natural yang luas.

Memilih Warna Cat Kayu Natural yang Sesuai untuk Ruangan
Warna cherry wood

Anda bisa menggunakan warna kayu ini pada ruangan yang sering digunakan atau pada kabinet di ruang keluarga. Kesan hangat yang diberikan sama seperti kayu walnut.

Baca Juga:  Mengubah Tampilan Kabinet Dapur dengan Cat Duco Kayu

Tips Untuk Memadukan Warna Kayu

Warna kayu sudah Anda pelajari, namun dari beberapa warna tersebut bagaimana cara memadukannya pada furniture lain atau warna lain dari lantai, dinding dan juga dekorasi ruangan? Tentu saja Anda bisa mendapatkannya dengan mudah mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Jangan gunakan warna yang sama-sama berani

Anda harus memutuskan manakah yang akan menjadi pusat perhatian dalam ruangan. Jangan gunakan warna yang sama-sama berani karena ruangan akan terlihat mati. Jika Anda ingin memunculkan warna natural maka gunakan warna natural yang gelap dan terang, sedangkan warna lain dalam ruangan tidak boleh berlebihan.

  • Gunakan warna kontras

Adanya warna kontras dalam ruangan bisa juga menjadi perhatian. Warna kayu natural yang gelap seperti walnut dan mahoni sangat kontras jika dipadukan dengan warna yang terang. Apakah warna itu berasal dari jendela, dekorasi ruangan seperti lampu dan cushion pada kursi.

  • Gunakan warna harmoni

Jika warna kontras tidak berhasil maka berikan tampilan harmoni. Warna ini adalah warna yang akan tampak selaras dan tidak memiliki tone color yang berbeda jauh dari furniture. Walaupun memiliki tone color yang hampir sama namun kesan yang diberikan akan tetap hidup. Misalnya warna kayu adalah maple, warna kuning gading bisa diberikan pada dinding.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X