penguasan biovarnish

Plitur Kayu Serbaguna dalam Segala Kebutuhan Finishing

Semua produk olahan kayu membutuhkan banyak perawatan. Hal ini menjadikan banyak orang enggan menggunakan kayu sebagai furniture, struktur rumah dan juga berbagai macam jenis kebutuhan rumah. Namun sebenarnya tidak masalah jika Anda telah menemukan jenis plitur kayu yang tepat. 

Kayu adalah material yang sangat mudah digunakan dan juga memiliki tampilan yang sangat bagus. Material ini akan memberikan keindahan sekaligus kesan hangat dalam sebuah hunian. Air, kelembaban dan mikroorganisme adalah perusak kayu, inilah penyebabnya banyak orang menghindari penggunaan kayu. 

Masalah yang dihadapi kayu tersebut bukan tidak bisa diatasi, Anda hanya perlu menemukan produk yang tepat. Produk plitur harus serbaguna, bisa digunakan untuk berbagai macam jenis olahan kayu. Memberikannya perlindungan baik dari semua masalah kayu sekaligus memberikan keindahan. 

Biovarnish, Plitur Kayu Serbaguna yang Tahan Lama

Anda mungkin akan menggunakan kayu yang terbaik seperti kayu jati. Artinya Anda harus benar-benar memilih jenis plitur kayu yang tepat. Biovarnish adalah salah satu jenis plitur kayu yang terbaik untuk digunakan. Mengingat plitur ini terbuat dari bahan dasar air, maka sangat aman digunakan untuk berbagai macam keadaan. 

Misalnya saja Anda akan mengecat bersama dengan anak atau hendak mengecat di dalam ruangan. Biovarnish water based yang tidak mengeluarkan bau toxic menjadi kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh cat lainnya. Plitur kayu jati Biovarnish, memberikan kemudahan dan bisa dianggap sebagai cat kayu serbaguna. 

Beberapa kemudahan yang diberikan oleh plitur kayu Biovarnish adalah sebagai berikut. 

  1. Cepat kering, sehingga Anda bisa menyelesaikan pengecatan dalam sehari.
  2. Aplikasi mudah hanya dengan kuas berbulu nilon, hasilnya sangat halus. 
  3. Tarikan kuas yang sangat ringan sehingga menimbulkan bebas brush mark. 
  4. Mudah dibersihkan dengan air apabila cat tumpah.
Baca Juga:  Cat Kayu Anti Air Biovarnish Untuk Furniture Kayu

Dilihat dari kemudahannya untuk digunakan, tentu tidak hanya para profesional saja yang memanfaatkan plitur kayu Biovarnish. Banyak dari DIY dan juga pemula yang tidak pernah mengecat menggunakannya. Kemudahan ini juga berhubungan dengan cat yang serbaguna. Apakah benar cat Biovarnish termasuk plitur yang serbaguna?

Biovarnish Serbaguna untuk Semua Olahan Kayu

Kita mengenal bahwa ada dua jenis olahan kayu, pertama adalah kayu solid yang diolah menjadi furniture, kusen hingga struktur bangunan. Kedua adalah jenis kayu yang telah diolah menjadi plywood, barecore, MDF dan lain sebagainya. Jenis kayu olahan yang kedua ini biasanya hanya digunakan di dalam ruangan saja.

Apapun jenis olahan kayu, Biovarnish bisa digunakan dengan mudah. Anda tidak perlu bingung untuk mengaplikasikannya karena hasilnya tetap sempurna. Apa saja tingkat serbaguna dari Biovarnish? Berikut ini macam-macam olahan kayu dan jenis Biovarnish apa saja yang dapat digunakan. 

  • Berbagai Macam Furniture

Anda sedang berencana untuk mengecat furniture dalam ruangan atau luar ruangan? Maka gunakanlah Biovarnish. Cat kayu ini memberikan perlindungan terbaik yang dibagi menjadi dua yaitu indoor dan juga outdoor. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain dengan clear coat untuk furniture dalam ruangan. 

Sedangkan untuk furniture luar ruangan, Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat. Dua produk Biovarnish series ini akan memberikan hasil warna natural seperti warna kayu yang diinginkan. 

  • Kayu untuk bangunan

Bagian bangunan yang menggunakan kayu seperti pintu, kusen, dan juga jendela sama seperti furniture outdoor, membutuhkan perlindungan yang lebih. Dilihat dari kebutuhan perlindungannya yang lebih, maka sebaiknya Anda menggunakan Biovarnish liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat. 

Baca Juga:  Mengubah Tampilan Kabinet Dapur dengan Cat Duco Kayu

Penggunaan kayu sebagai bagian dari bangunan ini tentu akan lebih berat dan mudah tergores. Oleh karena itu pilihlah Biovarnish clear coat sebagai lapisan akhirnya. Hal ini disebabkan clear coat dapat menutup kerusakan akibat goresan. 

  • Kerajinan kayu

Di Indonesia, kerajinan kayu memiliki nilai ekspor yang sangat tinggi hampir menyusul ekspor furniture. Disinilah, para pengrajin kayu berlomba-lomba untuk bisa menggunakan jenis plitur kayu yang terbaik. Demi meningkatkan kualitas kerajinan kayu Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain dan juga clear coat. 

Kerajinan kayu membutuhkan warna natural yang lebih bervariasi dan tajam. Oleh karena itu, Biovarnish wood stain yang menyediakan 24 jenis warna bisa Anda pilih. Tiga lapisan yang diaplikasikan yaitu wood filler, wood stain dan juga clear coat membuatnya semakin praktis namun tetap terlindungi. 

  • Mainan kayu

Berbeda dengan kerajinan kayu, mainan kayu bisa saja dimainkan langsung oleh anak-anak. Oleh karena itu tidak boleh menggunakan plitur kayu murah sembarangan yang dijual kiloan tanpa merk. Hal ini berkaitan dengan kandungan toxic di dalamnya berbahaya bagi anak-anak yang menggunakan. 

Anda sebaiknya menggunakan plitur kayu Biovarnish yang aman dan juga ramah lingkungan. Bahan dasar dan pelarut air membuatnya menjadi cat kayu yang aman digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

Trik Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Serbaguna

Anda mungkin sudah memutuskan untuk menggunakan Biovarnish pada furniture kayu atau kusen di rumah. Namun bagaimana cara menggunakannya sehingga bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Proses aplikasinya memang sangat mudah, bahkan Anda akan mendapatkan hasil pernis yang halus pada kayu. 

Beberapa kegagalan saat menggunakan plitur pertama kali seringkali terjadi. Demi menghindari kegagalan, sebaiknya pelajari dengan benar apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan. Setelah itu belajar juga trik apa saja yang akan membantu finishing kayu Anda menjadi berhasil. 

Baca Juga:  Tips dan Trik Mengecat Furniture Kayu Jati Belanda Mudah

Berikut ini beberapa trik yang sangat membantu, banyak diantaranya juga masih diterapkan oleh para profesional. 

  • Melepaskan semua perangkat keras

Sebelum melakukan pengecatan, perlu diingat bahwa Anda harus melepaskan semua perangkat keras yang menempel pada kayu. Biasanya paling banyak dimiliki oleh furniture seperti knob dari logam atau hiasan. Semua perangkat ini harus dilepaskan agar tidak terkena cat. 

  • Sering mengaduk cat sebelum menggunakan

Cat sudah bercampur dengan air, namun untuk memastikan warna yang didapatkan benar-benar sama maka Anda harus sering mengaduk. Teruslah untuk mengaduk ketika hendak digunakan, mengantisipasi jika ternyata terdapat endapan cat. Sehingga hasil finishing akan tetap rata.

  •  Mengecat satu arah

Sebelum mengecat cobalah untuk mengecek kemanakah arah serat dari kayu. Arah serat ini harus diperhatikan sehingga hasil finishing akan lebih halus. Kuas harus diangkat sedikit dan jangan terlalu ditekan sehingga menghindari bekas sapuan kuas. Semua lapisan cat yang diaplikasikan juga harus mengikuti arah serat. Jadi harus selalu diperhatikan. 

  • Memilih warna yang tepat

Pastikan Anda sudah menentukan warna yang tepat. Warna dari wood stain dan juga liquid stain sama, dan ketika diaplikasikan semakin banyak maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap. Pastikan Anda hanya melapisi tipis saja setiap lapisannya agar hasil warna lebih natural. 

  • Jangan menjemur

Proses pengeringan tidak membutuhkan panas matahari. Bahan pelarut air akan mengering di dalam ruangan, cukup diangin-anginkan saja dan jauh dari debu. Pastikan ruangan kering dan juga bersih. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X