Finishing Kayu Water Based Memperkuat Gilding Cover

Finishing Kayu Water Based Memperkuat Gilding Cover

Cara finishing kayu water based akan membuat lapisan gilding cover bertahan lama. Simak rinciannya dalam artikel ini.

Rumah akan sangat menarik jika Anda bisa memilih salah satu gaya. Jenis gaya klasik adalah jenis gaya yang meniru gaya keemasan di Eropa tepatnya pada saat zaman victoria. Pada zaman ini gaya Victoria yang dimaksud adalah gaya klasik dimana banyak furniture diciptakan untuk para bangsawan dan juga untuk para warga kerajaan. Furniture dan juga home decor kala ini lebih menonjolkan kemewahan dengan pilihan warna emas dan silver. Tidak jarang juga furniture memang dilapisi oleh emas khususnya untuk keluarga kerajaan. Saat ini bahan pelapis emas hanya digunakan untuk perhiasan saja karena harganya yang sangat mahal. Tetapi Anda jangan khawatir karena sudah banyak bahan finishing lainnya yang akan memberikan tampilan warna emas mengkilap salah satunya adalah gilding cover.

Finishing Kayu Water Based Memperkuat Gilding CoverFinishing jenis ini berbeda dengan finishing pada umumnya karena Anda menggunakan kertas yang disebut dengan gold leaf atau silver leaf kemudian direkatkan pada permukaan media kayu. Cara ini sangat mudah bahkan lebih murah. Anda tidak hanya bisa mengaplikasikannya  pada material kayu tetapi berbagai macam material seperti besi, stereofoam, gipsum dan gerabah. Menariknya lagi adalah banyak otomotif baik motor dan juga mobil yang menggunakan finishing gilding cover ini. Baik itu silver leaf maupun golden leaf ada yang memiliki motif sehingga Anda tidak perlu mengukirnya. Bahkan jika diaplikasikan pada furniture berukir akan memiliki hasil yang sempurna.

Jika melihat dari lapisan kertas yang ditempelkan pada media kayu, apakah lapisan tersebut tidak mudah tergores dan juga rusak apabila terkena goresan? Untuk membuat lapisan gilding cover ini bertahan lebih lama dan tahan terhadap goresan maka Anda harus menggunakan juga finishing kayu water based. Jenis finishing ini adalah untuk memberikan lapisan terkahir yang kuat dan melindungi sebagai bahan tahan gores. Untuk menempelkan silver leaf maupun golden leaf in ada tiga bahan perekat yang bisa Anda gunakan. Macam bahan perekat tersebut adalah adhesive white, adhesive ping dan juga bahan perekat dari oil. Anda bisa memiliki dari ketiga bahan finishing tersebut manakah yang paling mudah digunakan dan juga paling mudah untuk didapatkan. Dari ketiga bahan tersebut yang paling disarankan adalah adhesive dari water based karena lebih aman dan juga berkualitas.

Baca Juga:  Sangkar Burung dari Bambu Mulai Berjamur? Atasi Segera dengan Produk Ini

Cara Menggunakan Gilding Cover

Bila Anda memilih untuk menggunakan gilding cover maka Anda harus mengetahui cara menggunakannya. Ada dua jenis gilding cover yaitu dengan cara digosok dan juga ditempel. Untuk cara aplikasi digosok, caranya tidak jauh berbeda seperti menempelkan stiker Anda cukup menempelkannya dan meggosoknya pada permukaan media dengan sikat gigi atau dengan kain lap yang bersih dan juga kering. Sedangkan untuk cara aplikasi gilding cover tempel Anda membutuhkan alat-alat seperti kain katun bersih dan kering, kuas lebar untuk menempelkan, bahan perekat atau adhesive. Dari kedua jenis gilding cover tersebut Anda tetap membutuhkan sentuhan akhir dengan finishing kayu water based sebagai pemberi lapisan film yang kuat dan juga tidak merubah warna dari gold leaf. Bahkan memberikan proteksi tidak terjadi proses oksidasi dari kondisi udara yang berubah-ubah. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:Finishing Kayu Water Based Memperkuat Gilding Cover

  1. Siapkan media kayu atau media yang lainnya yaitu kering dan bersih dari kotoran atau dari debu amplas. Jika masih kotor akan mengganggu proses adhesi dan tampilan akan tidak rata atua tidak rapi.
  2. Anda bisa menggunakan bahan perekat Eva Phaeotn yang merupakan adhesive white dengan kemampuan rekat bagus dan tidak menimbulkan bekas. Campurkan bahan lem dengan air sekitar 10%-50% sesuai kebutuhan. Kemudian oleskan lem pada permukaan media hingga rata diserap dengan baik.
  3. Pasang golden leaf atau silver leaf satu persatu menggunakan kuas dan jangan sentuh atau menggunakan tangan secara langsung karena akan mempermudah lapisan menjadi robek dan membekas sidik jari. Pasang sedikit demi sedikit atau pada satu sisi kemudian ratakan dengan kuas halus hingga menempel. Lalu ratakan permukaan golden leaf dengan kain secara perlahan.
Baca Juga:  Keunggulan Biocolours Primer White 670 Dibanding Primer Coat Merk Lain

Membuat Finishing Gilding Cover Lebih Tahan Lama

Jika memperhatikan dari hasil finishing cara di atas maka Anda tentu bisa melihat apakah permukaan sudah tertempel dengan benar, memiliki permukaan yang halus dan juga sudah kering. Untuk sentuhan terakhir dan membuat lapisan gilding lebih tahan lama. Finishing kayu water based dengan Biovarnish Clear Coat Gloss akan membuat tampilan dari furnituire menjadi lebih bagus dan juga lebih menarik bahkan melindungi dari gangguan cuaca maupun goresan lebih baik. Untuk cara aplikasi Biovarnish Clear Coat Gloss ini Anda bisa mengikuti langkah-langah berikut ini:

  1. Persiapkan media kayu yang sudah selesai dilapisi oleh gilding cover. Pastikan media bersih dari debu dan kotoran.
  2. Campurkan Biovarnish Clear Coat Gloss yang sudah dicampur dengan air bersih perbandingan 1 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga rata.
  3. Kuaskan atau oleskan pada seluruh permukaan material secara merata. Tunggu hingga kering sentuh sekitar 20 menit tanpa dijemur pada sinar matahari. Diamkan saja dalam suhu ruangan, agar kering sempurna tunggu sekitar satu malam.

Penggunaan Bivarnish Clear Coat Glos sini wajib karena tampilan dari furniture akan menjadi lebih mewah. Bahkan warna emas atu warna silver akan terjaga dengan baik. Biovarnish Clear Coat berbeda dengan lapisan clear lainnya karena tidak akan muncul efek menguning. Efek ini biasanya muncul karena adanya kandungan formalin. Padahal kandungan formalin ini jika terdapat dalam cat selain memberikan efek warna kuning juga akan membahayakan kesehatan dari penggunanya. Finishing water based dengan Biovarnish Clear Coat ini tentu akan membuat lapisan film yang kuat untuk melindugi dan juga memberikan tampilan yang sempurna pada gilding cover.

Finishing Kayu Water Based, Finishing Modern Yang Harus Digunakan

Melihat dari gilding cover yang membutuhkan bahan-bahan water based maka apakah produk water based untuk finishing sangat mendominasi? Jawabannya adalah belum. Saat ini masih banyak pengrajin yang menggunakan material cat minyak untuk finishing termasuk untuk gilding cover. Lalu mangapa produk yang disarankan adalah produk finishing kayu water based? Alasan utama Anda harus menggunakan produk water based adalah karena produk in aman dan ramah lingkungan khususnya Biovarnish, produk Biovarnish ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya khususnya formalin timbal dan juga merkuri. Produk ini disubat sesuai dengan standar regulasi ECHA dn US EPA sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakannya akan terjangkit penyakit yang mematikan seperti kanker.

Baca Juga:  Beli Silica Gel Dimana Untuk Wilayah Jogja?

Berbeda dengan cat minyak yang berbasis solvent sehingga sangat berbahaya digunakan karena kandungan kimia berbahaya yang sangat banyak. Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Biovarnish ini bisa langsung membeli melalui situs toko online peralatan cat water based ini. Anda akan menemukan berbagai macam jenis bahan finishing serta perawatan kayu yang aman dan juga ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X