chalk paint

Menggunakan Chalk Paint dengan Teknik Distress Dua Warna

Chalk paint adalah produk primer coat yang akan memberikan warna berbeda dari warna kayu yang asli. Hanya saja warna yang diberikan berbeda dari cat kayu solid dengan pigmen yang lebih kuat. Warna dari chalk paint lebih lembut dan produk yang tersedia di Indonesia masih sangat sedikit. 

Biasanya mereka yang ingin menggunakan chalk paint, harus membeli produk dari luar negeri. Tentu saja dengan harga yang sangat mahal dan membuat furniture memiliki harga lebih mahal lagi. Kini Anda tidak perlu lagi penasaran dengan produk chalk paint karena di Indonesia telah diproduksi dan mudah didapatkan. 

Chalk paint dari Indonesia tidak lain adalah Bioduco chalk paint. Cat ini menyediakan 20 pilihan warna beragam yang bisa dikombinasikan satu sama lain atau hanya satu warna. Apapun warna yang Anda pilih, hasilnya akan sangat menarik. Bioduci chalk paint adalah jenis cat pertama yang berada di Indonesia. 

Mengapa Chalk Paint Menarik untuk Digunakan? 

Banyak yang masih belum mengenal chalk paint karena selama ini produk belum tersebar di Indonesia. Sehingga sebagian besar orang hanya akan menggunakan cat kayu solid untuk menutup warna kayu. Nah apa yang membuat chalk paint ini lebih menarik digunakan dibandingkan dengan cat solid atau cat natural? 

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan pengrajin jika menggunakan chalk paint. Apalagi jika Anda membeli Bioduco chalk paint. Berikut ini beberapa kelebihan yang akan didapatkan. 

Lebih Aman dan Ramah Lingkungan

Chalk paint adalah jenis cat yang dibuat dari bahan dasar air. Baik itu Bioduco chalk paint atau cat dengan merk impor. Cat ini tidak menimbulkan polusi udara karena kandungan logam berat yang membuatnya telah dibatasi. Cat tidak menimbulkan bau dan juga warna pigmen tidak terlalu terang seperti terlalu kuning atau merah. 

Mudah untuk Diaplikasikan

Di antara berbagai macam jenis cat, chalk paint adalah satu-satunya produk yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Anda tidak membutuhkan waktu dan alat yang profesional. Cukup dengan kuas, Anda bisa menciptakan cat yang halus atau artistik. Kemudahan aplikasinya sama seperti pernis kayu. 

Bisa dicampur dengan beberapa warna

Demi mendapatkan hasil yang artistik, Anda bisa mencampurkan beberapa warna dalam satu furniture. Hasilnya tentu warna yang berbeda, namun memberikan kesatuan yang sangat unik. Anda bisa memberikan warna dasar dan warna di atasnya untuk menciptakan kesan artistik. 

Bisa diaplikasikan untuk berbagai macam serat alam

Bekerja sebagai primer coat, chalk paint dapat diaplikasikan pada berbagai jenis serat alam. Artinya Anda tidak harus mengaplikasikannya pada kayu saja, namun juga bisa pada material bambu hingga rotan. Semua serat alam sama-sama akan mendapatkan warna yang menarik dari chalk paint. 

Mengenal Teknik Distress dan Cara Mengaplikasikannya

Saatnya memasuki teknik aplikasi. Jika Anda ingin mendapatkan dua warna dari chalk paint maka teknik distressing adalah cara yang tepat. Teknik ini bisa diaplikasikan pada finishing antik atau rustic. Keduanya membutuhkan efek usang yang dihasilkan dari distressing yaitu mengamplas bagian yang biasanya rusak. 

Beberapa bagian kayu yang biasanya mudah rusak adalah siku dalam atau luar, duduk kursi, sandaran kursi atau bagian dekat dengan knob. Ketika menggunakan teknik ini Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

  1. Pastikan telah memilih bagian kayu yang akan di distress. 
  2. Mengamplas hanya dengan kertas amplas nomor 320.
  3. Mengamplas hingga warna kayu atau warna chalk paint dasar sedikit terlihat.
  4. Mengamplas sebelum aplikasi top coat. 

Persiapan sangat dibutuhkan sebelum menggunakan teknik ini. Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengamplas hingga seberapa jauh proses pengamplasan dilakukan. Bagian yang didistress dan juga warna cat apa saja yang harus digunakan harus dipersiapkan terlebih dahulu. 

Teknik Mengecat Distress Chalk Paint Dua Warna

Mengecat dengan teknik distress kini tinggal dipraktekkan. Anda bisa memilih terlebih dahulu warna cat yang sebaiknya digunakan. Pemilihan warna ini sebaiknya jangan terlalu sama sehingga perbedaan warnanya akan tetap terlihat. 

Pilihlah warna-warna kontras yang memiliki kesan berbeda. Baik itu warna yang terang sebagai dasar atau gelap. Kemudian gunakan kuas untuk memberikan kesan brush mark, Pastikan kuas yang digunakan terbuat dari bahan nilon. Tampilan brush mark justru akan memperlihatkan kesan artistik yang berbeda. 

Apa saja warna yang menarik untuk dikombinasikan? Bagaimana cara mengaplikasikannya? Anda bisa mengikuti beberapa pilihan aplikasi dan kombinasi warna berikut ini. 

Bioduco Chalk Paint Pastel Pink dengan Sea Green

Warna pink sangat menarik untuk diaplikasikan pada lemari anak atau meja rias. Warna yang didominasi dengan pastel pink dari Bioduco chalk paint ini akan sangat menarik. Apalagi jika ditambah dengan warna sea green sebagai lapisan semu di atasnya. 

Teknik mengaplikasikan kedua warna ini dengan mudah adalah sebagai berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 220. Bersihkan kotoran pada furniture hingga kering dan benar-benar bersih. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint warna pastel pink dengan air. Gunakan perbandingan 2:1 dan aduk cat merata.
  3. Kuaskan cat warna pastel pink merata, tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas 400. 
  4. Campurkan Bioduco warna sea green dengan perbandingan 2:1. Aduk merata dan kuaskan, tunggu kering. 
  5. Gunakan amplas nomor 320 pada bagian siku furniture. Kemudian Amplas hingga warna pink terlihat. Bersihkan debu bekas pengamplasan.
  6. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte. 

Bioduco Pastel Green dengan Black

Pilihan warna kedua yang bisa Anda gunakan dari Bioduco chalk paint adalah warna pastel green dan juga black. Karena menggunakan kontras yang sangat berbeda, Anda tidak perlu mengaplikasikan warna black secara keseluruhan. Cukup kuaskan di beberapa tempat saja, khususnya bagian kayu yang akan di distress. 

Proses aplikasinya masih sama yaitu menggunakan kuas. Anda juga bisa menekankan chalk paint dengan kuas sehingga meninggalkan bekas sapuan kuas yang artistik. Berikut ini langkah aplikasinya. 

  1. Buatlah permukaan kayu menjadi rustic terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan mesin rustic atau palu, dan benda keras lainnya. Pastikan saja kerusakan yang diciptakan tampak natural. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint warna pastel green dengan air perbandingan 2:1 air. Aduk merata kemudian kuaskan ke permukaan kayu. Tunggu kering dan amplas ambang. 
  3. Campurkan Bioduco chalk paint warna black dengan air. Aduk hingga merata, kemudian kuaskan hanya pada bagian yang akan di distress tipis saja. Diamkan hingga kering. 
  4. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 320. Amplas bagian yang ingin dirusak serta bagian yang telah dirusak sebelumnya. Hingga warna kayu terlihat. 
  5. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte. 

Proses aplikasi warna dari chalk paint yang berbeda ini akan terasa sulit jika Anda tidak berhati-hati. Membayangkan hasil warna yang jadi terlebih dahulu adalah langkah tepat. Sehingga pemilihan warna dan peletakannya tidak salah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X