bahaya mainan kayu bagi anak

Pentingnya Memilih Cat Mainan Kayu yang Aman

Jangan sembarangan memilih cat mainan kayu. Berbagai produk cat dan bahan finishing yang ada di pasaran belum tentu aman digunakan. Bagi Anda yang sedang mencari informasi dan referensi produk cat mainan kayu yang aman dan ramah lingkungan, silahkan simak jabaran berikut ini.

Mainan Kayu Bisa Membuat Si Kecil Sakit

bahaya mainan kayu bagi anakPertama-tama, kita harus bisa membedakan produk cat berdasaran tingkat keamanannya. Selama ini, yang kita kenal cat untuk outdoor berbeda dengan cat untuk indoor. Secara umum, cat indoor memerlukan standar keamanan yang lebih tinggi. Ini artinya tiap keperluan membutuhkan persyaratan sendiri-sendiri.

Kalau cat indoor saja perlu lebih aman dibanding cat outdoor, maka standar untuk mainan kayu jelas harus lebih tinggi. Sebab, anak secara langsung menyentuh produk-produk tersebut. Belum lagi anak di fase oral yang sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Sistem pertahanan tubuh buah hati yang belum sempurna akan semakin membuat situasi mengkhawatirkan.Hal inilah yang harus diperhatikan benar-benar oleh produsen mainan kayu.

Kandungan Ftalat Harus Diperhatikan

Salah satu kandungan berbahaya cat mainan kayu yang harus diwaspadai adalah ftalat. Ftalat atau phthalate merupakan senyawa sintetis yang biasa digunakan sebagai plastilizer pada produk polimer seperti vinil. Bahan ini banyak dimanfaatkan pada mainan plastik untuk menjaga kelenturan dan fleksibilitas.

Sebenarnya, ftalat merupakan alasan banyak pihak beralih menggunakan mainan kayu dibanding plastik. Sayangnya, ternyata tidak semua mainan kayu bebas ftalat. Sebabnya, apalagi kalau bukan berasal dari produk cat yang digunakan.

Efek paparan ftalat sendiri sangat mengkhawatirkan. Studi ilmiah yang dilakukan ilmuwan menemukan paparan ftalat berkorelasi signifikan dengan penurunan kondisi kesehatan manusia. Sedangkan pada hewan, sudah dilakukan eksperimen yang menunjukkan hewan-hewan menderita gangguan reproduksi akibat senyawa ini.

Baca Juga:  Kunci Sukses Pengamplasan Furnitur Untuk Hasil yang Halus

Selain ftalat, bahan lain yang harus diwaspadai adalah senyawa organik mudah menguap seperti benzena dan formalin, serta logam berat seperti timbal dan kobalt. Sepertihalnya ftalat, kedua jenis bahan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti gangguan organ dalam, penurunan fungsi kecerdasan, hambatan pertumbuhan, dan peningkatan resiko kanker.

Cerdas Memilih Cat Mainan Kayu yang Aman

pilih cat mainan kayu yang amanLalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan cat mainan kayu yang aman?

Di pasaran, ada beragam jenis produk cat. Untuk mencari yang standarnya baik untuk mainan kayu memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi bukan berarti tak bisa dilakukan.

Untuk mendapatkan cat mainan kayu yang aman, ikuti langkah cerdas berikut ini:

1. Pilih cat water based

Untuk finishing mainan kayu, jangan pernah menggunakan cat solvent based. Pelarut cat solvent based seperti thinner dan spiritus banyak mengandung senyawa organik mudah menguap seperti benzena yang tidak baik bagi kesehatan. Gunakanlah cat water based yang menggunakan pelarut air sehingga secara kesehatan dan lingkungan sangat aman digunakan

2. Pilih cat water based bebas ftalat, formalin, dan logam berat

Setelah mendapatkan list produk cat water based, seleksi cat yang akan Anda gunakan berdasarkan ada tidaknya kandungan ftalat, formalin maupun logam berat. Sebab, meski lebih aman, belum tentu cat water based bebas dari bahan-bahan seperti itu.

3. Minta standar bukti bebas dari zat-zat berbahaya

Jangan hanya percaya pada klaim dari perusahaan cat. Minta tanda bukti bahwa cat yang akan Anda beli benar-benar aman. Tanda bukti berupa SNI sudah cukup bagus. Tapi akan lebih bagus bila produk yang Anda beli sudah memiliki standar aman versi lembaga yang lebih kredibel seperti Environmental Proction Agency.
Demikian tips yang kami sarankan untuk memilih cat mainan kayu yang aman. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas hasil finishing dan cara aplikasi yang dipersyaratkan.

Baca Juga:  Jewelery Box Decoupage Dengan Top Coat Gloss

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X