cat water based berbasis air

Cat Mainan Kayu Water Based Tetap yang Terbaik

Cat mainan kayu water based masih merupakan pilihan terbaik dibanding cat dari golongan solvent based. Bahkan meski keduanya sudah bebas logam berat atau ftalat, cat water based tetap lebih baik. Mengapa demikian?

Sekilas Mengenal Cat Water Based

cat water based berbasis air
cat water based berbasis air

Sebagaimana namanya, cat water based adalah cat yang menggunakan pengecer air. Karena memanfaatkan pengencer air, cat water based tidak mengandung senyawa organik mudah menguap seperti yang banyak terdapat di kandungan pengencer cat solvent based. Cat solvent based sendiri adalah jenis cat yang selama ini banyak kita kenal, yaitu produk-produk cat dengan pelarut semacam thinner dan spiritus.

Di banyak negara maju, teknologi water based paint sudah menggantikan solvent based paint. Hal ini dikarenakan kualitas cat water based yang memang lebih unggul. Misalnya saja seri cat Biocolours dari Bioindustries yang memiliki kualitas lebih baik karena:

  1. Lapisan film kuat namun lebih lentur terhadap perubahan suhu sehingga tidak mudah retak maupun mengelupas
  2. Aplikasi lebih fleksibel dengan sistem spray
  3. Tak berbau menyengat
  4. Hasil finishing indah menyamai atau malah sudah mengungguli cat solvent based

Cat Mainan Kayu Water Based Jadi Satu-satunya Pilihan

cat mainan kayu water based jauh lebih baik
cat mainan kayu water based jauh lebih baik

Selain lebih unggul dari segi kualitas hasil finishing, cat water based merupakan satu-satunya jawaban untuk finishing produk yang aman seperti mainan kayu. Menggunakan cat mainan kayu water based akan membuat produk mainan kayu yang Anda hasilkan lebih aman.

Bahkan meski Anda dihadapkan pada cat water based dan solvent based yang sama-sama tak mengandung logam berat seperti timbal, cat water based tetap lebih baik. Pasalnya, golongan cat water based tidak menggunakan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus.

Sebagaimana sudah disebut di atas, thinner dan spiritus dapat mengandung senyawa organik mudah menguap atau Volatile Organic Compounds (VOC). Mayoritas golongan senyawa VOC memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan. Contohnya saja benzena yang ditemukan menyebabkan menurunnya kesehatan fisik serta mental manusia. Organisasi-organisasi kesahatn dunia seperti WHO dan FAO pun sudah membatasi penggunakan VOC. Demikian juga di Amerika Serikat dengan EPA dan Uni Eropa dnegan ECHA.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengecat Ulang Sangkar Burung?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X