cat mainan kayu

Cat Mainan Kayu Harus Aman dan Berkualitas

Persoalan aman tidaknya cat mainan kayu harus diperhatikan betul-betul. Namun demikian juga dengan kualitas hasil finishing dan kemudahan aplikasinya.

Apa Bedanya Cat Mainan Kayu dengan Cat Lain?

cat mainan kayuCat mainan kayu, sebagaimana namanya, adalah cat atau bahan finishing yang digunakan untuk mengecat mainan anak yang terbuat dari kayu. Keindahan hasil aplikasi bahan ini dapat Anda temukan pada warna-warni mainan kayu edukatif, puzzle, ular-ularan, dll. Lalu apa bedanya cat mainan kayu dengan produk cat kayu pada umumnya? Sebenarnya sama saja. Akan tetapi, karena digunakan untuk mengecat produk mainan, cat tersebut harus benar-benar memperhatikan faktor keamanan.

Ftalat Jadi Ancaman Utama untuk Anak

Sebab, tidak sedikit produk cat yang beredar di pasaran mengandung bahan-bahan berbahaya. Dari golongan logam berat, kita mengenal ancaman dari timbal, kobalt, hingga merkuri. Sedangkan dari kandungan senyawa kimianya, ada Volatile Organic Compounds (VOC) yang sama membahayakannya. Bahan-bahan tersebut bisa meningkatkan resiko kanker, kerusakan permanen organ dalam setelah pemakaian jangka panjang, penurunan fungsi kecerdasan, dll.ftalat phthalate adalah

Namun, yang kini jadi konsen di industri mainan kayu adalah ftalat atau phthalate. Phthalate pada dasarnya merupakan plastilizer bahan-bahan polimer. Banyak produk mainan plastik yang mengandung bahan ini. Mainan kayu yang diharapkan bebas ftalat ternyata tak bisa begitu saja dipilih sembarangan. Sebab, meski material kayu bebas ftalat, belum tentu dengan catnya.

Fungsi ftalat pada mainan kayu sendiri ialah sebagai binder. Bahan ini dapat membuat lapisan coating atau cat lebih smooth, fleksibel, dan tak mudah rusak. Akan tetapi efeknya terbukti membahayakan. Studi yang dilakukan para ilmuwan menemukan kerusakan organ reproduksi pada hewan yang terpapar ftalat. Pada manusia, ditemukan korelasi signifikan antara paparan ftalat dengan gangguan kesehatan terutama reproduksi.

Baca Juga:  Realistis Mengenai Harga Cat dan Kualitasnya
Keceriaan anak bisa terkorbankan karena ia sakit.
Keceriaan anak bisa terkorbankan karena ia sakit.

Orangtua mana yang ingin anaknya sakit hanya karena mainan? Apalagi, paparan bahan-bahan tersebut akan lebih berdampak pada si kecil. Sebab:

  1. Anak memiliki tubuh lebih kecil. Artinya, zat dengan massa sama yang masuk tubuhnya memiliki proporsi atau persentase lebih besar dibanding bila zat tersebut masuk ke tubuh orang dewasa.
  2. Sistem pertahanan tubuh anak belum sempurna.
  3. Anak memiliki perilaku beresiko seperti suka menjilat barang-barangnya

Kualitas Finishing dan Metode Aplikasi

Selain faktor keamanan, kualitas hasil finishing juga harus diperhatikan oleh para produsen mainan kayu. Apalagi, anak-anak masih sangat visual sehingga diperlukan kualitas hasil finishing yang bagus.

Seperti apa produk cat yang bisa memberikan hasil finishing bagus? Jawabannya tentu sesuai kebutuhan Anda. Apakah Anda menginginkan mainan kayu warna solid? Atau transparan? Yang jelas, pilihlah produk yang paling sedikit menghasilkan cacat finishing. Selain itu, pilih juga produk yang metode aplikasinya mudah. Misalnya bisa dicelup agar dalam pengecetannya lebih mudah.

Produk yang Kami Rekomendasikan

cat biocolours bioindustries cat mainan kayu yang aman
Seri cat Biocolours yang kami rekomendasikan.

Bagi Anda yang sedang mencari cat mainan kayu dengan kriteria di atas, produk yang bisa kami rekomendasikan adalah seri cat kayu Biocolours dari Bioindustries. Terdapat beberapa alasan mengapa seri cat Biocolours adalah produk yang cocok untuk finishing mainan kayu, yakni:

  1. Seri cat Biocolours tergolong kelompok water based paint (pengencer air) yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan dibanding cat solvent based. Produk Biocolours juga sudah mendapat sertifikat tanda aman dari Environmental Protection Agency dan European Chemical Agency.
  2. Produk bervariasi untuk memenuhi kebutuhan mainan kayu warna solid maupun transparan.
  3. Resiko cacat finishing lebih kecil
  4. Mudah diaplikasikan termasuk dengan dicelup.

Demikian rekomendasi cat mainan kayu yang sarankan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Harga Cat Kayu dan Besi 2016 Terbaru

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X