Tips Membersihkan Dinding yang Kotor

Hal utama yang perlu diperhatikan saat hendak membersihkan dinding yang kotor adalah mengetahui dahulu jenis cat tembok yang diaplikasikan. Selanjutnya, baru bisa diterapkan langkah-langkah proses pembersihan tembok.

cara membersihkan dinding yang kotor
cara membersihkan dinding yang kotor

Dinding atau tembok bangunan rentan terkena berbagai macam kotoran. Cuaca, serangga, hingga aktivitas manusia dapat menyebabkan dinding bangunan terkotori oleh berbagai noda. Si kecil di rumah pun sering menjadi sumber penyebab menempelnya beragam kotoran pada tembok. Imajnasi kanak-kanaknya menyebabkan ia sering menggambar pada permukaan tembok rumah. Estetika rumah pun akan menurun seiring dengan terakumulasinya beragam noda pada permukaan cat tembok.

Untuk mengembalikan keindahan rumah yang dindingnya terkotori oleh noda-noda, ada dua solusi yang bisa dipilih. Pertama mengecat ulang dinding, dan yang kedua membersihkannya. Proses pembersihan cat tembok sebaiknya dipilih bila jenis kotoran yang menempel tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sulit dihilangkan.

Prinsip Utama Membersihkan Dinding yang Kotor

Cara membersihkan dinding yang kotor sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ada banyak bahan yang tersedia untuk proses pembersihan ini.

Namun demikian, harus diketahui terlebih dahulu jenis cat tembok yang sebelumnya diaplikasikan (link perbedaan cat water based dan oil based). Berdasarkan pelarutnya, cat tembok bisa dibedakan menjadi cat tembok berbasis air dan cat tembok berbasis minyak.

Kedua jenis cat tembok ini memerlukan bahan pembersih yang berbeda-beda. Bila tidak dilakukan dengan tepat, bisa jadi cat pada permukaan dinding malah rusak.

  1. Cara Membersihkan Dinding yang Diaplikasikan dengan Cat Tembok Berbasis Minyak.Untuk membersihkan dinding yang diaplikasikan dengan cat tembok berbasis minyak, gunakan campuran antara air hangat dan detergen. Campur rata keduanya lalu bilaskan dengan sponge atau kain lap lembut pada area dinding yang kotor. Bilas dengan air bersih, selanjutnya pastikan benar-benar kering agar tidak dijadikan tempat tumbuh jamur.
  1. Cara Membersihkan Dinding yang Diaplikasikan dengan Cat Tembok Berbasis Air.Untuk membersihkan dinding yang kotor yang diaplikasikan dengan cat tembok berbasis air, cukup gunakan air hangat saja. Penggunaan detergen malah dapat merusak cat tembok berbasis air. Gunakan sponge atau kain lap lembut yang telah dibasahi air bersih lalu usapkan pada area tembok yang kotor. Bilas dengan air bersih dan pastikan benar-benar kering.
Baca Juga:  Jual Bahan Pemutih Kayu WA 250 Untuk Catur

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X