Apakah Pernis Kayu Water Based Tepat untuk Meja Dapur?

Apakah Pernis Kayu Water Based Tepat untuk Meja Dapur?

Jika Anda sedang mempersiapkan bahan finishing yang tepat untuk melapisi meja dapur maka kini saatnya untuk mempertimbangkan aplikasi pernis. Sayangnya banyak profesional yang berpendapat untuk tidak menggunakan lapisan coating apapun pada meja dapur. Lalu bagaimana solusinya?

Meja dapur adalah furniture yang memiliki permukaan sangat atraktif dan akan memperindah tampilan dapur. Dan menggunakan treatment yang tepat sangat penting untuk memberikan garansi pada meja dapat bertahan lebih lama.

Pernis walaupun adalah pilihan yang terbaik di beberapa situasi biasanya tidak digunakan untuk dapur. Lapisan coating yang dihasilkan akan menyerupai plastik dan biasanya akan menimbulkan bekas sapuan kuas yang mengurangi tampilan indah kayu.

Lapisan coating ini juga akan mudah tergores dan rusak seiring penggunaannya. Goresan diakibatkan oleh gesekan peralatan masak dan pisau perlu dihindari. Sekali lapisan coating rusak maka air dapat masuk ke dalam pori kayu dan menyebabkan pelapukan.

Kekurangan inilah yang membuat banyak profesional akhirnya memilih finishing dengan minyak khusus yang akan meresap ke dalam pori kayu. Minyak ini cukup mahal dan kurang aman ketika bersentuhan dengan makanan.

Bagaimana jika saat ini terdapat lapisan pernis kayu yang akan membentuk coating kuat, tahan goresan dan aman digunakan? Bahkan pernis ini mudah Anda dapatkan, proses aplikasinya sangat mudah baik itu dengan kuas atau alat semprot.

Bagi Anda yang sedang mencari jenis pernis yang tepat untuk meja dapur kini saat yang tepat untuk mendapatkannya.

Alternatif Pernis Kayu Water Based yang Aman dan Kuat

Pernahkah Anda mendengar pernis kayu water based? Pernis inilah yang direkomendasikan untuk seluruh finishing meja dapur Anda. Bekerja untuk melakukan finishing meja yang sering bersentuhan seperti meja dapur membutuhkan lapisan coating yang sangat kuat.

Baca Juga:  Produsen¬† Cat Kayu Tahan Air BioVarnish Di Indonesia

Maka Anda perlu menggunakan pernis water based yang aman dan kuat. Ada beberapa alasan yang menjadikan pernis kayu water based layak digunakan. Berikut ini faktor apa saja yang menjadi pertimbangan penting.

  • Hasil transparan

Mari kita perhatikan dari hasil tampilan finishingnya. Pernis yang berbasis air ini memiliki tampilan transparan tinggi. Berkat kandungan air yang memiliki sifat transparan akan memperlihatkan warna dan serat kayu aslinya.

Apakah Pernis Kayu Water Based Tepat untuk Meja Dapur?
Tampilan transparan meja dapur setelah dipernis

Tampilan ini akan bertahan lama karena tidak mengandung bahan kimia yang menjadi penyebab berubahnya warna menjadi menguning. Meja dapur di rumah akan memiliki tampilan transparan yang lebih lama daripada yang Anda duga.

  • Waktu kering yang lebih cepat

Ketika Anda akan mengecat furniture dapur baru atau melakukan refinishing maka kecepatan proses finishing menjadi kunci utama. Anda tidak perlu berlama-lama dalam satu lapisan coating dan dapat segera menggunakan dapur.

Pernis berpelarut air ini memiliki waktu kering yang sangat cepat. Anda bisa melapisi ulang dan melakukan pengamplasan setelah 60 menit. Sisanya pada lapisan akhir Anda perlu mendiamkannya selama semalaman sebelum digunakan.

  • Eco friendly, Aman dan Sehat

Dimana lagi Anda akan menemukan bahan finishing berupa pernis yang aman? Keamanan pada saat proses finishing dan setelahnya harus menjadi prioritas utama Anda. Bayangkan saja Anda akan menggunakan dapur setiap hari, jika pernis mengeluarkan gas beracun maka kesehatan akan sangat terancam.

Kandungan voc (volatile organic compound) dalam water based finish sangat dibatasi. Tidak berbahaya ketika makanan tersentuh oleh lapisan pernis pada meja. Tidak akan ada kontaminasi yang terjadi. Inilah yang membuat pernis water based lebih banyak dipilih saat ini.

  • Kekuatan perlindungan

Pernis kayu water based diciptakan oleh pabrik dengan bahan yang lebih kuat. Kekuatan ini meliputi tahan terhadap panas, goresan bahkan debu sekalipun, dan dingin atau perubahan suhu lainya. Hal ini dikarenakan binder yang telah dimodifikasi khusus membuat pernis menjadi lebih tahan dan kuat.

Baca Juga:  Mengenal Dempul Kayu Warna Putih yang Cepat Kering

Anda tidak perlu lagi menggunakan pernis konvensional seperti shellac dan plitur yang tidak memiliki perlindungan kuat. Anda juga akan menjaga meja dapur menjadi lebih tahan lama dengan perawatan kayu yang tepat.

  • Proses aplikasi yang beragam

Jika Anda adalah seorang pemula maka finishing dengan kuas adalah hal yang biasa. Jika Anda adalah seorang profesional menggunakan alat semprot untuk finishing adalah kewajiban untuk mempersingkat waktu. Tidak semua pernis kayu dapat diaplikasikan sempurna dengan berbagai alat.

Apakah Pernis Kayu Water Based Tepat untuk Meja Dapur?
Aplikasi pernis dengan kuas

Inilah keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan pernis kayu water based. Fleksibilitas aplikasi bisa menguntungkan siapa saja yang menggunakan baik itu profesional dan DIY. Hasil yang diberikan sama-sama sempurna.

Dilihat keuntungan dari pernis ini maka dapat dikatakan bahwa pernis kayu water based tepat untuk digunakan finishing meja dapur rumah Anda. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan hasil sempurna ikuti tips mudah ini.

Tips Finishing Meja Dapur Tampak Sempurna

Jika ingin mendapatkan tampilan sempurna maka ingat bahwa proses finishing memiliki peranan yang sangat penting. Produk yang digunakan serat perawatan adalah bagian penting dari seluruh proses finishing.

Disarankan bagi Anda yang baru memulai finishing gunakan Biovarnish clear coat gloss yang akan memberikan wajah baru pada furniture. Sebelum memulai, pastikan bahwa furniture telah diamplas dengan benar.

Pengamplasan permukaan kayu baru membutuhkan kertas amplas kasar. Bersihkan bulu kayu dengan amplas 180 dan beralih ke amplas 220. Bersihkan debu amplas selanjutnya dan perbaiki apabila terdapat cacat kayu pada meja dapur.

Kunci sukses lainnya dari finishing pernis adalah aplikasi sanding sealer. Produk ini berfungsi untuk menutup pori kayu menghindari agar minyak kayu tidak naik. Gunakanlah BioColours sanding sealer dengan alat semprot secara merata.

Baca Juga:  Kapan Idealnya Menggunakan Sanding Sealer Outdoor?
Apakah Pernis Kayu Water Based Tepat untuk Meja Dapur?
Pernis Biovarnish

Tunggu lapisan sanding sealer mengering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Gunakan amplas 400 dan bersihkan debu amplas sesudahnya. Apabila permukaan sudah benar-benar siap, lanjutkan dengan langkah berikut ini:

  • Campurkan Biovarnish clear coat glossy dengan air, dapatkan larutan hingga 11-12 NK2.
  • Ambil kuas nilon dan celupkan dalam larutan cat. Sampukan kuas ke seluruh permukaan meja dapur searah serat kayu. Dilakukan dalam satu kali sapuan untuk menghindari brush mark dan bubble.
  • Setelah merata tunggu lapisan kering 60 menit. Jika ingin melapisi kembali amplas halus dengan amplas 400. Jika tidak diamkan furniture selama 24 jam.

Cara yang sangat mudah untuk meraih tampilan transparan yang tahan lama dan kuat. Lanjutkan proses perawatan setelah finishing pernis ini mengering.

Perawatan meja dapur dari kayu bisa dimulai setelah satu bulan kemudian. Lanjutkan dengan proses pemolesan table top yang sering digunakan. Gunakan Biopolish Beeswax yang diusapkan tipis menggunakan  kain katun yang kering.

Usapkan searah serat kayu hingga merata dan proses ini dapat diulang setiap tiga minggu sekali. Tampilan meja dapur akan lebih mengkilap dan tahan lama. Goresan yang timbul akan tertutup dengan baik dan membuat lapisan coating bertahan lebih lama.

Produk poles yang digunakan ini juga aman sehingga Anda tidak perlu khawatir jika makanan terkena langsung dengan meja dapur di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X