Cara Menggunakan BiColours Untuk Kayu Jati Kampung

Cara Menggunakan BiColours Untuk Kayu Jati Kampung

Jenis cat apakah yang cocok digunakan untuk furnitur yang terbuat dari kayu mahal seperti jati kampung? Kayu jati adalah jenis kayu yang sangat mahal karena terkenal dengan kualitasnya. Siapa yang tidak mengenal kualitas dari kayu jati kampung? Kayu yang tmbuh bisa hingga ratusan tahun. Maka tidak heran harga yang diberikan sangat tinggi.

Kualitas yang diberikan tidak percuma karena ketahanannya terhadap panas matahari bahkan hujan dan perubahan suhu keduanya. Ketika Anda akan menggunakan kayu jati kampung maka pemilihan jenis cat yang tepat sangat dibutuhkan. Misalnya Anda ingin mengecat furnitur kayu jati kampung pada garden furnitur, maka pilih plitur atau pernis yang mampu digunakan untuk furnitur outdoor.

Mengapa Anda harus memilih pernis atau plitur? Keduanya adalah jenis cat dengan hasil warna transparan. Warna transparan yang diberikan bisa sesuai dengan kebutuhan Anda yaitu memberikan penampilan menarik dengan menonjolkan warna dari kayu jati dan serat kayunya.

Kayu jati kampung memiliki ciri khas dengan serat yang membentuk lingkaran tahun. Lingkaran tahun ini dapat terlihat apabila Anda menggunakan pernis atau plitur dengan transparansi tinggi seperti bahan water based.

Bahan dasar air serat pelarutnya memiliki hasil yang akan memperlihatkan transparansi sangat tinggi. Ketika Anda ingin menggunakannya maka Anda bisa memilih jenis cat water based seperti BioColours. Produk ini merupakan jenis cat water based dengan nilai transparansi sangat tinggi.

Anda yang ingin menggunakannya tidak perlu kahwatir dengan hasil yang diberikan. Perlindungan dari lapisan film yang tebal namun lentur akan menjaga ketajaman warna dari kayu jati kampung. Warna dari kayu jati kampung cenderung keemasan, produk BioColours series akan membantu menjaga tingkat warna keemasan yang dihasilkan.

Baca Juga:  Perlukah Furniture yang Sudah Di Pernis Dilapisi dengan Beeswax?

Nah penasaran dengan bagaimana Anda bisa mengaplikasikan produk BioColours dan bagaimana hasilnya?

Pilihan Warna BioColours untuk Kayu Jati Kampung

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan produk BioColours, perlu Anda ketahui ada pilihan warna yang bisa Anda dapatkan. Warna yang bisa Anda pilih sangatlah bervariasi bahkan hasil tampilan dari cat sangat natural. Ada beberapa pilihan warna unggulan berikut yang bisa Anda gunakan:

  1. Dark teak

Jangan terkecoh dengan warna hitam dari kayu, warna hitam tidak selalu menutup warna kayu dan juga seratnya. Justru warna hitam dari BioColours akan mempertajam tampilan serat kayu dan lingkaran tahun akan semakin tajam terlihat.

Anda yang ingin menggunakan warna ini akan membuat furnitur di rumah menjadi terlihat lebih elegan dan cocok digunakan pada gaya minimalis.

  1. Red teak

Warna kemerahan dari kayu jati, mirip dengan warna kemerahan dari kayu mahoni. Anda bisa mendapatkan kayu warna red teak ini dari BioColours wood stain. Warna kemerahan akan memberikan kesan hangat dalam ruangan, tak hanya itu kesan hangat bisa Anda berikan juga pada dinding kayu dan lantai kayu.

Apabila Anda ingin menggunakannya di rumah maka furnitur dengan gaya skandinavia cocok menggunakan gaya ini.

  1. Sonokeling

warna kayu sonokeling lebih gelap dibandingkan dengan warna kayu dark teak. Warna kayu sonokeling lebih gelap namun akan memperlihatkan sifat keemasan dari kayu jati kampung. Kesan hitam lebih elegan dan minimalis akan Anda dapatkan jika menggunakan warna ini.

  1. Papua rose

Seperti apakah warna papua rose? Warna yang cenderung hitam dan juga memperlihatkan sifat elegan dari kayu jati kampung. Namun tidak hanya hitam saja, Anda juga akan menikmati kesan warna merah yang tersembunyi.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Merawat Lantai Kayu Mengkilap Paling Cepat

Warna kemerahan akan bisa Anda nikmati ketika kayu jati kampung terkena sinar matahari berpadu dengan warna keemasan dari kayu itu sendiri. Nah jika Anda ingin menggunakan kayu jati kampung sebagai furnitur outdoor yang terkena sinar matahari terus menerus maka warna papua rose sangat cocok menjadi pilihan Anda.

Langkah-Langkah Aplikasi BioColours

Kini Anda sudah masu ke dala tahapan finishing. Untuk mengecat menggunakan BioColours Anda membutuhkan empat jenis bahan yang harus Anda gunakan setiap lapis. Penggunaan setiap lapis harus dilakukan bertahap dan tipis-tipis saja. Semakin Anda tebal mengaplikasikan maka akan timbul kegagalan finishing yang tidak diinginkan.

Nah selanjutnya untuk keempat bahan yang dibutuhkan dimulai dari aplikasi BioColours wood filler. Fungsinya adalah untuk mengisi pori kayu dan membuat finishing menjadi finishing dengan pori kayu tertutup yang sempurna. Mengurangi fungsi kayu untuk menyerap kelembaban.

Cara Menggunakan BiColours Untuk Kayu Jati KampungUntuk memberikan lapisan antar wood filler dan lapisan selanjutnya maka dibutuhkan bahan finishing sanding sealer. Bahan ini akan memberikan lapisan kuat sebagai base coat dan juga memberikan kekuatan pada lapisan di atasnya. Sanding sealer memiliki warna transparan sehingga Anda akan mendapatkan warna transparan yang menarik.

Selanjutnya produk yang dibutuhkan adalah BioColours wood stain. Seperti pilihan warna di atas Anda bisa menggunakan warna pilihan kesukaan atau kebutuhan Anda. Wood stain akan memberikan warna pada kayu tetapi tetap menjaga nilai transparansi pada furnitur Anda.

Lapisan terakhir dan merupakan lapisan pelindung akan membentuk film yang menarik adalah BioColours Top Coat. Berbeda dengan lapisan top coat BioColours pada umumnya, Anda akan mendapatkan lapisan yang aman digunakan pada mainan anak atau peralatan makan. Bahan top coat ini sudah memiliki sertifikasi food grade sehingga aman digunakan pada mainan anak atau top table.

Baca Juga:  Memilih dan Menggunakan Kayu Bekas Palet

Nah saatnya Anda memilau melakukan finishing pada furnitur kayu jati kampung sekarang juga:

  1. Persiapkan dengan benar kayu jati kampung milik Anda. Kayu jati kampung harus diamplas dengan benar dan memiliki permukaan yang halus. Permukaan halus bahkan bersih dari kotoran dan debu. Anda harus bisa memiliki permukaan yang jauh dari kotoran agar hasil finishing menjadi halus dan rata bahkan bersih.
  2. Pertama aplikasikan BioCours wood filler yang telah dicampurkan dengan sedikit air allu Anda aplikasikan menggunakan kape atau pisau palet. Aplikasikan berlawanan dengan pori kayu dan tunggu kering. Amplas dengan amplas 240 kemudian perhatikan dan berhenti ketika permukaan berubah menjadi halus dengan serat kayu yang terlihat. Gunakan hand sander jika perlu.
  3. Kedua adalah Anda bisa mengaplikasikan BioColours sanding sealer. Campurkan terlebih dahulu sanding sealer dengan air kemudian aduk hingga rata. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga menjadi rata. Tunggu kering kemudian amplas menyeluruh secara ambang dengan amplas 400.
  4. Ketiga adalah mewarnai kayu, gunakan BioColours wood stain yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Apabila Anda sudah mendapatkan hasil yang rata maka semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu lapisan mengering dan amplas ambang 400.
  5. Langkah terkahir adalah aplikasi BioColours top coat. Campur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Semprotkan ke seluruh permukaan hingga rata dan tunggu kering selama 24 jam. Jika sudah kering baru Anda bisa menggunakannya.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X