Cara Mengecat Tembok yang Benar dan Tepat

Aplikasikan cara mengecat tembok yang benar agar hasil yang Anda dapat maksimal. Perhatikan tips-tips yang akan dijelaskan pada tulisan di bawah ini.

cara mengecat tembok yang benar
Aplikasikan cara mengecat tembok yang benar agar hasil pengecatan yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Mengecat tembok adalah perkara yang gampang-gampang susah terutama bagi orang awam. Mengecat terlihat sederhana namun ketika dilakukan ternyata tidak sesederhana itu. Sebenarnya, Anda bisa saja langsung mengaplikasikan langkah-langkah yang ditulis pada label kaleng cat. Namun, kadang beberapa merek cat tidak menuliskan langkah aplikasinya dengan lengkap.

Baca Juga : solusi untuk cat tembok berkapur dan luntur ketika disentuh

Selain itu, mengecat adalah sesuatu yang bersifat kondisional. Ada beragam faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hasil pengecatan. Karena itulah diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai cara mengecat tembok yang benar. Aplikasikan pengetahuan tersebut kapanpun dan dimanapun Anda hendak mengecat. Jadi fungsi cat untuk memberikan proteksi dan atau menambah estetika dinding bisa benar-benar maksimal. Usaha yang Anda lakukan pun tidak menjadi sesuatu yang sia-sia belaka.

Baca Juga : tips mengatasi cat dinding yang menggelembung

8 Tips Cara Mengecat Tembok yang Benar

Berikut ini cara mengecat tembok yang benar untuk hasil maksimal:

  1. Lakukan langkah persiapan mengecat tembok yang tepat. Baca keterangan lebih lanjut disini. Jangan sampai Anda yang masih awam tidak melakukan persiapan sehingga harus membuang banyak waktu dan tenaga dengan sia-sia.
  2. Encerkan cat dan aduk sampai benar-benar rata.
  3. Gunakan lapisan cat dasar sebelum menggunakan cat warna yang biasa kita kenal.
  4. Tunggu hingga lapisan cat dasar benar-benar kering sebelum aplikasi cat berikutnya. Baca keterangan pada label mengenai berapa lama waktu yang akan dihabiskan agar cat tersebut mengering.
  5. Lakukan pengecatan per bagian dinding. Ini untuk menghindari waktu tunggu yang terlalu lama setelah aplikasi cat dasar. Terlalu lama menunggu bisa disebabkan kita yang masih sibuk mengaplikasikan cat dasar pada bagian tembok lainnya.
  6. Agar lapisan cat benar-benar rata, aplikasikan dengan cara zig zag ke atas dan ke bawah.
  7. Cara mengecat tembok yang benar berikutnya terkait dengan masalah pengeringan. Jangan mempercepat pengeringan cat dengan suhu yang tidak direkomendasikan. Lapisan cat malah bisa rusak karena hal tersebut.
  8. Gunakan kuas, semprot, dan berbagai cara lainnya untuk melakukan pengecatan yang sesuai dengan media tembok yang Anda cat. Anda bisa menggunakan roller pada permukaan tembok yang luas. Namun, pada bagian yang terdapat detil-detil seperti colokan lampu, gunakanlah kuas yang memang bisa mencakup celah-celah kecil tersebut.

Demikian 8 tips cara mengecat tembok yang benar. Aplikasikan tips cara mengecat tembok yang benar di atas bersamaan dengan petunjuk pemakaian tiap produk cat yang Anda gunakan. Agar hasil yang didapat semakin baik, kami merekomendasikan Anda menggunakan cat berkualitas dari golongan cat water based. Cat water based akan membuat aplikasi cara mengecat tembok yang benar yang Anda memberikan hasil lebih baik.

Baca Juga : cara simpel mengecat tembok berjamur

Baca Juga : cara mengecat dinding batu bata yang tepat

Baca Juga : tips mudah membuat motif tembok bergaris dengan cat

Cat water based sendiri adalah cat yang menggunakan pelarut air. Cat ini berbeda dibanding cat konvensional lainnya yang menggunakan pelarut thinner. Jenis cat water based jauh lebih aman serta mampu memberikan proteksi dan warna lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cat water based, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected] Kami juga menyediakan berbagai produk cat water based bagi Anda yang tertarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X