hasil-cat-dinding-bergaris

Cara Mengecat Dinding Bergaris Sendiri

Tampilan ruang dengan furniture yang minim bisa diakali oleh dinding bergaris. Cara mengecat dinding bergaris juga tidak sulit dan Anda bisa melakukan sendiri.

Anda membutuhkan ruangan yang tidak banyak furnture tetapi tetap memberikan tampilan dekorasi ruangan yang menarik? Tentu saja bisa dengan memodifikasi dinding yang polos dengan sedikit corak menarik. Modern ini untuk memberikan dinding yang memberikan hiasan dalam ruangan banyak digunakan wallpaper. Bentuk dari wallpaper ini adalah kertas dengan banyak pilihan warna, corak dan juga desain. Wallpaper akan ditempelkan pada dinding dengan bahan perekat yaitu lem khusus.

Baca Juga : mengatasi cat berkapur untuk dinding

Ada banyak sekali desain wallpaper untuk berbagai macam ruangan seperti gambar kartun untuk kamar anak, gambar bunga atau motif batik untuk ruang tamu atau ruang keluarga, dll. Sayangnya wallpaper ini tidak cocok jika ruangan Anda lembab karena kertas akan mudah mengelupas. Selain itu juga, wallpaper direkatkan menggunakan lem yang akan membekas pada dinding. Jika tidak menggunakan wallpaper dinding akan terlihat jelek. Maka sekali Anda menggunakan wallpaper maka Anda harus menggunakan wallpaper seterusnya. Harga wallpaper pun cukup mahal dan akan menguras budget Anda.

Baca Juga : cara mengecat tembok motif garis

Alternatif lain selain menggunakan wallpaper adalah menggunakan cat dinding. Jika Anda bisa dengan cat dinding yang polos maka Anda bisa menggunakan dinding bergaris. Cara mengecat dinding bergaris bukanlah hal yang sulit dan membutuhkan bantuan tukang.

Anda sendiri bisa melakukan di waktu senggang. Alat yang digunakan tidak sesulit yang Anda bayangkan misalnya harus membeli roll karena dengan alat sederhana yang ada di sekitar rumah bisa dijadikan alat aplikasi. Untuk garis Anda bisa memilih yang tidak kaku seperti horizontal atau vertikal dengan garis yang miring atau menyilang.

Baca Juga : penyebab timbulnya cat tembok menggelembung

Cara Mengecat Dinding Bergaris Menggunakan Alat Sederhana

Jika cara mengecat dinding bergaris adalah hal yang sulit maka dinding bergaris akan sulit untuk diwujudkan. Tetapi pada kenyataannya adalah sebaliknya, aplikasi dinding bergaris bukanlah hal yang sulit sehingga jika Anda seorang ibu rumah tangga sekalipun bisa melakukan aplikasi. Untuk alat-alatnya, Anda tidak perlu membeli yang baru karena Anda bisa mencarinya di sekitar rumah. berikut ini beberapa alat sederhana yang bisa digunakan untuk menciptakan dinding bergaris.

Baca Juga : cara mengecat tembok yang rembes

cara-cat-dinding-bergaris

  1. Selotip kertas, gunakan selotip kertas untuk membuat garis yang memisahkan antar warna cat dinding. Jangan gunakna plastik karena akan licin dan membuat cat melebar ke mana-mana. Untuk aplikasinya cukup direkatkan pada dinding saja dan Anda bisa mulai mengecat dengan garis batas selotip kertas.
  2. Tali bangunan dan kapur. Menggunakan tali bangunan maka Anda akan menciptakan garis lurus yang tipis. Caranya adalah dengan membentangkan tali dari ujung ke ujung kemudian garis dengan kapur di atas tali. Tarik tali dan biarkan lepas hingga mengenai tembok dan muncul garis dari kapur. Anda bisa langsung mengecat dengan warna yang beda dengan pembatas garis tersebut.
  3. Gunakan sikat pakaian untuk membentuk dining yang bergaris lebih artistik. Ketika Anda selesai mengecat dinding dnegan kuas dan dining setengah kering maka goreskan sikat pakaian searah saja maka akan timbul garis garis tipis yang artistik. Selain itu juga akan timbul tekstur yang menarik.
  4. Kardus dan pensil. Ini adalah cara yang cukup rumit tetapi memiliki hasil yang bagus. Anda dapat menggambar dan memotong kardus sesuai dengan pola yang diinginkan. Lalu buat mal di dinding dan garis bentuk kardus dengan pensil. Lalu Anda bisa mengecat dinding sesuai dengan hasil gambar dari kardus. Metode ini sangat cocok untuk kamar anak-anak.

Cara mengecat dinding bergaris dengan alat sederhana di atas akan meminimalkan budgent Anda tentunya. Tanpa menggunakan alat semprot atau spray gun untuk mengecat tembok layaknya profesional. Selain garis, Anda juga bisa menimbulkan dinding yang artistik dengan alat tersebut. Adalagi alat seperti busa atau sponge yang diusapkan perlahan pada cat yang setengah mengering. Maka akan muncul efek berlubang dan tekstur yang berbeda. Anda bisa juga menggunakan kuas pada cat yang setengah kering maka akan meninggalkan brush mark.  Lalu tunggu apalagi? Kumpulan alat-alat yang bisa digunakan di dalam rumah Anda.

Baca Juga : teknik mengecat dinding batu bata rumah

3 Langkah Mudah Menciptakan Dinding Bergaris

Dalam melakukan 3 langkah mudah menciptakan dinding bergaris, Anda bisa mulai dari memilih alat yang akan digunakan. Pada kesempatan ini akan dijelaskan cara mengecat dinding bergaris menggunakan selotip kertas. Sebelum itu siapkan alat-alat berikut ini:

  • 2 atau lebih pilhan warna cat tembok sesuai yang diinginkan
  • Selotip kertas bisa berukuran 3 cm atau 5 cm lebarnya
  • Kuas cat tembok berukuran sedang bisa 5 inci

hasil-cat-dinding-bergaris

Cara mengecat dinding bergaris:

  1. Pastikan dinding Anda sudah memiliki lapisan dasar dengan sudah di plamir. Warna putih plamir akan menimbulkan warna yang lebih tajam. Lakukan pola yaitu dengan menempelkan selotip kertas dan pastikan tidak ada gelembung udara dan selotip merekat dengan baik. Jika selotip ada gelembung udara akan membuat cat melebar kemana-mana. Dan garis yang dihasilkan tidak rapi.
  2. Jika selotip sudah tertempal dengan baik lakukan pengecatan dan jangan melewati batas yang ditentukan oleh selotip. Tidak apa jika mengenai bagian atas selotip karena tidak akan tembus dalam tembok. Aplikasikan semua warna cat sesuai yang diinginknan.
  3. Jika cat sudah benar-benar kering baru lepaskan selotip . Jangan lepas selotip apabila cat dinding masih basah karena cat bisa melebar kemana-mana.

Jika Anda mengikuti cara mengecat dinding bergaris di atas maka akan didapatkan hasil yang maksimal. Jika dinding Anda belum di plamir maka warna yang dihasilkan tidak akan tajam terutama jika Anda akan menggunakan warna terang seperti kuning, hijau, putih, dll. Warna semen dari dinding akan menimbulkan hasil warna terang menjadi lebih gelap. Untuk kunci keberhasilan dalam mengecat dining bergaris adalah dengan menentukan pola, pastikan pola yang dihasilkan benar-benar lurus dan saat pengecatan tidak melebihi garis dari selotip sehingga hasilnya akan rapi. Anda juga bisa menciptakan pola tidak hanya vertikal dan horizontal saja tetapi bisa miring bahkan menyilang.

Hal penting yang lain lagi adalah kreatifitas Anda dalam menciptakan pola. Pola yang menarik dan sesuai akan membuat ruang bisa terlihat sempit atau terlihat luas. Biasanya pola garis horizontal akan menciptakan suasana ruangan yang lebih luas dibandingkan pola garis vertikal. Lalu pola seperti apakah yang cocok pada ruangan Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X