Cara Mengatasi Tembok Rembes

Bagaimana cara mengatasi tembok rembes? Aplikasikan cara-cara berikut ini segera setelah Anda mengetahui masalah dinding rembes di rumah Anda untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Tembok rembes.
Tembok rembes.

Masalah tembok rembes merupakan salah satu masalah yang umum ditemui pada dinding rumah kita. Tembok rembes sendiri mengacu pada suatu kondisi dimana air masuk ke dalam pori-pori tembok dan merasuk ke dalamnya sehingga menciptakan dinding dengan kelembaban tinggi. Bila tidak segera di atasi, dalam jangka panjang akan tercipta dinding yang rapuh.

Sedangkan dalam jangka pendek, masalah ini bisa memicu tumbuhnya jamur dan berbagai jenis serangga pada tembok. Munculnya serangga dan jamur akan menimbulkan masalah yang lebih kompleks. Bukan hanya tembok yang akan rusak, kesehatan penghuni bangunan pun dapat terganggu. Sebagai contoh, jamur bisa menghasilkan mikotoksin yang dapat menyebabkan alergi hingga asma bagi beberapa orang.

Ikuti langkah-langkah cara mengatasi tembok rembes sebagai berikut:

  1. Cari tahu apa sumber penyebab dinding rembes. Bila yang menjadi penyebabnya adalah paparan air yang terlalu deras, maka Anda harus bisa melapisi dinding dengan lebih ekstra. Contoh, bila dinding rembes bersumber dari kamar mandi, maka sebaiknya Anda melapisi dinding kamar mandi dengan lantai marmer. Sedang bila sumber penyebabnya adalah kebocoran di atap, maka segera perbaiki atap bocor tersebut.
  2. Pastikan bahwa Anda menggunakan cat eksterior yang bisa memproteksi dengan sempurna. Banyak masalah dinding rembes yang diakibatkan dinding luar yang kurang terproteksi dengan sempurna oleh cat yang diaplikasikan.

Setelah Anda berhasil mengatasi penyebab dinding rembes dengan cara di atas, aplikasikan langkah lanjutan untuk mempebaiki kerusakan akibat dinding yang rembes. Bila lapisan cat yang ada telah rusak atau terbukti tidak bisa memberikan perlindungan, lakukan pengecatan ulang dengan cara berikut ini. Sedangkan untuk membersihkan jamur yang muncul, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Gunakan pelindung berupa masker, kacamata, dan sarung tangan.
  2. Kerok jamur.
  3. Lapisi dengan kaporit dan klorin.
  4. Diamkan hingga semalaman.
  5. Bersihkan kembali.
  6. Lakukan pengecatan ulang.
Baca Juga:  Informasi Lengkap Harga Cat Tembok 2016 dan Tips untuk Membelinya

Dengan berbagai cara mengatasi tembok rembes yang komprehensif, diharapkan Anda tidak lagi mengalami masalah yang sama atau mendapatkan efek lanjutan dari masalah yang terdahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X