Tips Mendesain Kamar Tidur untuk Anak

Mendesain kamar tidur anak yang nyaman dengan warna dan dekorasi yang cocok untuknya bisa Anda usahakan dengan beberapa cara. Buatlah kesan imajinatif sehingga menstimuli daya khayal anak sekaligus membuatnya nyaman berada di kamar.

ciptakan ruang yang imajinatif bagi si kecil.
ciptakan ruang yang imajinatif bagi si kecil.

Anak memiliki dunianya sendiri. Imajinasi mereka masih begitu bebas, tidak dibatasi oleh kenyataan dan cara berpikir yang lebih kontekstual. Stimuli karakter anak ini dengan menciptakan ruangan yang cocok dengannya. Dengan demikian, anak bukan hanya senang berada di kamar, namun juga terpicu daya khayalnya. Mengajak anak belajar dan tidur di kamar juga tidak akan lagi terlalu sulit dengan desain kamar yang menarik tersebut.

Gunakan tips di bawah ini untuk mendesain kamar tidur anak yang mereka idamkan:

  1. Gunakan warna cat yang cerah namun tetap nyaman untuk membuat mereka tidur. Seringkali kamar tidur anak dibuat dengan warna-warna cerah yang begitu ramai. Padahal, kamar tidur memiliki fungsi utama untuk beristirahat. Karena itu, kombinasikan warna cerah yang mewakili pribadi anak dengan kesan menenangkan yang membuatnya nyaman untuk tidur.
  2. Buat motif dan gambar yang menarik. Anda bisa membuat motif atau gambar yang mereka sukai, seperti gambar bunga untuk anak perempuan dan gambar superman untuk anak laki-laki.
  3. Ciptakan desain yang bukan hanya nyaman, namun juga aman. Faktor ini sangat penting mengingat terkait dengan keselamatan anak. Misalnya, bila kamar anak terletak di lantai atas, pastikan bahwa ia tidak bisa keluar lewat jendela saat sedang bermain-main.
  4. Ciptakan ruang dengan kesan yang luas. Kalaupun Anda hanya bisa menyediakan ruang yang sempit, pilihlah warna cat yang tidak membuat ruangan semakin terlihat sempit. Atur pula perabot di dalamnya agar tidak menciptakan kesan sumpek. Anak akan lebih merasa nyaman dengan kamar yang lebih luas. Ia di kamar bukan hanya untuk tidur, namun juga untuk bermain dan belajar.

    lantai putih menciptakan kesan yang lebih luas.
    Lantai putih menciptakan kesan yang lebih luas.
  5. Saat mendesain kamar tidur anak, Anda juga bisa mempercantiknya dengan dekorasi yang menarik. Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan karakternya. Anda juga bisa menggunakan bentuk-bentuk lucu pada perabot anak. Contohnya, tempat tidur anak dengan bentuk mobil balap.

Ajak anak Anda untuk berpartisipasi mendesain kamarnya. Anda bisa mengajaknya menata kamar hingga mengecat ruangan dengan warna pilihan. Untuk itu, pilihlah produk cat yang sekiranya aman. Kami merekomendasikan produk cat water based yang memang lebih aman digunakan seperti produk cat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X