Mengenal Konsep Warna, dari Warna Dasar hingga Warna Primer Aditif

Konsep warna memecah pembagian warna menjadi beberapa kategori. Pelajari lebih dalam mengenai warna dasar, warna primer aditif, dan berbagai sistem warna lainnya dengan membaca artikel di bawah ini.

Warna Dasar, Warna Sekunder, dan Warna Tersier

warna dasar terdiri dari warna merah, kuning, dan biru.
warna dasar terdiri dari warna merah, kuning, dan biru.

Menurut teori pigmen Brewster, terdapat tiga jenis warna primer atau dasar. Warna-warna tersebut adalah warna merah seperti darah, warna kuning seperti kuning telur, dan warna biru seperti birunya air di tengah laut. Hal ini berbeda dengan pemahaman yang lebih dulu hadir, bahwa warna primer terdiri atas warna merah, kuning, dan hijau.

Kombinasi ketiga warna tersebut akan menciptakan beberapa warna yang disebut dengan warna sekunder. Campuran warna merah dan kuning akan menghasilkan warna oranye. Campuran warna merah dan hijau akan menghasilkan warna ungu. Sedangkan campuran antara warna kuning dan biru akan menghasilkan warna hijau. Bila warna-warna sekunder tersebut dicampurkan dengan warna primer, maka akan kita kenal selanjutnya dengan yang disebut warna tersier.

Landasan sistem warna ini didasarkan pada pemahaman mengenai warna sebagai konsep biologis. Warna adalah respon fisiologi organ mata. Pada dasarnya, cahaya memang memiliki spektrum yang sangat luas. Akan tetapi, yang bisa diterima manusia terbatas pada organ matanya. Di antara warna-warna yang bisa diterima mata manusia, merah, biru, dan kuning adalah warna dasar yang membentuk warna lain saat kombinasinya diterima mata.

Warna Primer Aditif

Konsep warna primer aditif bersumber dari pemahaman bahwa warna yang dipancarkan sebuah benda. Contohnya adalah warna yang dihasilkan TV dan komputer. Terdapat tiga warna primer aditif dalam membangun sistem warna ini, yakni merah, hijau, dan biru. Campuran ketiga warna ini akan menghasilkan warna putih.

warna primer aditif dan substraktif.
warna primer aditif dan substraktif.

Warna Primer Substraktif

Konsep warna subtraktif (subtractive color systems) adalah konsep yang mengacu pada pemahaman bahwa beragam warna berasal dari refleksi atas cahaya yang mengenai berbagai macam material/unsur. Sistem ini berpandangan bahwa warna tidak menghasilkan cahaya sendiri melainkan bergantung dengan material yang mencerminkan sumber cahaya di lingkungannya untuk menentukan warna yang dilihat manusia. Pada sistem ini, pencampuran antara ketiga warna primer dengan komposisi yang sama, akan didapatkan warna yang mendekati hitam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X