warna cat plitur

Cara Memilih Warna Cat Plitur yang Tepat untuk Lantai Kayu di Rumah

Memiliki lantai dari kayu mampu membawa keindahan alami dalam ruangan. Material kayu solid digunakan dan perlu warna cat plitur yang tepat untuk memperindah lantai. Seringkali pemilihan warna menjadi dilema yang harus dihadapi. Bagi Anda yang hendak memilih warna harus tahu bagaimana cara memilihnya yang tepat. 

Baik itu lantai kayu baru atau proyek renovasi rumah, warna plitur memiliki peranan yang sangat penting. Warna mampu menghidupkan suasana dalam ruangan sesuai dengan gaya interior yang telah Anda pilih. Nilai dari sebuah ruangan pun akan meningkat. 

Tidak sedikit juga pemilik rumah yang membeda-bedakan warna lantai kayu antar ruangan. Tujuannya karena fungsi dari masing-masing ruangan berbeda. Walaupun menggunakan jenis kayu yang sama, warna bisa berbeda berkat bantuan dari plitur atau stain. 

Supaya Anda tidak kebingungan dalam memilih stain atau plitur mana yang digunakan serta warnanya, ikuti beberapa tipsnya di sini. Anda juga akan menemukan produk apa yang sebaiknya digunakan hingga cara menggunakannya. 

Tips Mudah Memilih Warna Cat Plitur untuk Lantai yang Tepat

finishing lantai kayu

Kayu adalah material yang banyak disukai karena tampilannya yang sangat indah. Berbeda dengan besi yang tampak dingin. Sebuah kayu memiliki warna serta serat yang bahkan berbeda-beda untuk jenis yang sama. Baik itu bagian kayu lunak atau keras warnanya bisa sama atau berbeda. 

Ketika kayu gubal dan teras berbeda tetapi keduanya digunakan sebagai material lantai maka menjadi alasan kuat mengapa Anda harus menyamakan warnanya. Untungnya juga, kayu adalah material yang mudah untuk dicat warna apapun. Dengan adanya coating dari plitur akan membuat tampilan estetik dan eksotisnya muncul.

Memilih warna cat plitur yang tepat untuk lantai akan mengubah yang tadinya biasa jadi lebih bernilai di dalam rumah. Kayu juga akan terlihat karakternya, bisa tampak lebih mahal dari nilai aslinya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih. 

Baca Juga:  Aplikasi Dempul Kayu Jati Yang Tepat

1. Warna yang Anda sukai

Tips pertama dalam memilih yang bisa Anda ikuti adalah menyesuaikan dengan warna apa yang disukai. Tidak mungkin semua warna yang tersedia dari produk stain Anda sukai. Cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri, adakah warna yang cocok dengan eksterior atau interior rumah. 

Apabila tidak ada yang cocok atau warna lebih mendominasi, cobalah memilih warna sebagai komplimen pada interior ruangan. Anda juga bisa membaginya menjadi dua jenis yaitu warna gelap dan terang. Manakah di antara keduanya yang menarik perhatian? 

Untuk mengetahui kecocokan ini, cobalah untuk mencari contoh warna secara online. Melakukan riset terlebih dahulu atau meminta sampel ke toko cat bisa jadi solusinya. Jadi cat kayu yang Anda dapatkan nantinya akan langsung pas. 

2. Bagaimana daya tutup dari cat

Bukan hanya cat warna solid saja yang harus diperhatikan daya tutupnya. Anda juga harus memperhatikan daya tutup dari produk plitur. Walaupun plitur memberikan warna transparan, namun penting mengetahui apakah permukaan lantai bisa tertutup dengan sempurna. 

Beberapa produk cat memiliki daya tutup yang rendah. Untuk mengetahui kemampuan daya tutup ini Anda harus meminta sampel dan mengaplikasikannya langsung pada kayu. Buatlah satu lapisan, dua lapisan hingga tiga lapisan. 

Bagaimana kemampuannya menutup dalam satu lapisan hingga 3 lapisan? Jika warna sudah tajam artinya daya tutup cat tersebut baik. Semakin sedikit lapisan dan hasilnya lebih tajam artinya produk tersebut adalah cat plitur terbaik. 

3. Sumber cahaya dalam ruangan

Pertimbangan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah sumber cahaya. Anda bisa mempertimbangkan soal lantai kayu dalam atau luar ruangan. Ditambah lagi apakah warna cahaya yang digunakan. Cahaya yang mengenai lantai mempengaruhi warna secara signifikan. 

Baca Juga:  Finishing Kayu Pinus untuk Kursi Bergaya Kontemporer

Warna cahaya matahari adalah warna yang kekuningan sehingga memberikan lantai kayu tampak keemasan. Ada juga warna lampu tungsten yang mirip dengan matahari. Ada juga cahaya lampu kebiruan yang memberikan hasil warna lantai sama seperti color swatch. 

Jika perlu untuk menentukan bagaimana efek cahaya yang terjadi pada kayu, Anda perlu mengamplas permukaan kayu terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui warna asli permukaan kayu dan bayangkan ketika sudah dilapisi dengan cat plitur kayu. Seperti apakah warnanya? 

4. Pertimbangkan sesuai jenis kayu

Masing-masing jenis kayu memiliki warna berbeda-beda. Bahkan warna kayu yang sudah lama digunakan berbeda dengan warna kayu yang baru saja dikeringkan. Tentu saja jenis kayu ini jadi pertimbangan dalam pemilihan warna plitur. 

Tekstur pada kayu memberikan peranan besar dalam mengubah warna stain. Jika kayu memiliki pori yang besar maka warnanya akan lebih cepat meresap dan butuh banyak lapisan coating. Tapi jika pori kayu lebih kecil dan rapat maka warna lebih mudah didapatkan. 

Misalnya saja plitur kayu jati jika Anda menggunakannya maka warna yang dihasilkan tidak akan jauh berbeda dari contoh warna dari pabriknya. Stain akan memberikan highlight pada kayu jadi penting untuk tahu kualitas kayu sesuai dengan jenisnya. 

5. Jangan lupakan keamanan

Tips terakhir dalam memilih warna cat plitur adalah keamanan. Percuma saja jika warna yang dihasilkan indah tetapi produknya berbahaya dan menciptakan polusi. Anda pasti tidak ingin udara dalam ruangan terkontaminasi dengan zat organik yang keluar dari coating. Apalagi jika Anda berencana mengecat kamar anak atau bayi. 

Cat water based adalah pilihan tepat yang bisa Anda pilih dan menjadi titik utama dalam produk yang eco friendly. Volatile Organic Compound atau voc yang biasanya terkandung dalam cat, jumlahnya sangat rendah dalam cat water based dan tidak menimbulkan bahaya. Semakin rendah kandungan voc dalam cat maka akan semakin baik. 

Baca Juga:  Mudah! Cara Menyamarkan Jamur Blue Stain pada Kayu Pinus

Cat Plitur Kayu dengan Pilihan Warna-Warna Terbaik

Biovarnish liquid stain

Menentukan produk yang akan digunakan juga penting ketika Anda memilih warna. Biovarnish adalah cat plitur kayu yang menyediakan beragam warna transparan sangat indah. Daya tutup maksimalnya memudahkan Anda untuk mendapatkan lantai kayu dengan tampilan eksotis. 

Biovarnish liquid stain menjadi plitur dengan 24 pilihan warna untuk bisa Anda dapatkan. Produk stain berpelarut air ini juga dijamin menjaga keamanan dalam ruangan. Buktinya ketika diaplikasikan ruangan tidak akan terganggu dengan aroma menyengat dari cat. Jadi Anda bisa dengan cepat memfungsikan ruangan. 

Jika Anda mencari warna plitur kayu jati yang bagus Biovarnish liquid stain juga menyediakan tiga warna pilihan yaitu dark teak, red teak dan gardena teak. Ketiga warna ini bisa Anda gunakan untuk lantai kayu dari terang hingga gelap. 

Tapi jika Anda menggunakan jenis kayu dengan warna terang seperti bengkirai, warna gardena teak, light brown atau light walnut lebih cocok dipilih. Ada juga warna yang sangat gelap yaitu Sonokeling atau Papua rose untuk ruangan terkesan lebih elegan. 

Semua warna cat plitur dari Biovarnish liquid stain ini bisa Anda temukan melalui beberapa link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  2. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X