dinding-dan-kayu-yang-memiliki-jamur

Cegah Jamur Pada Furniture Kayu dengan Dua Produk Ampuh Ini

Memiliki lemari yang sudah berumur puluhan tahun di rumah? Setelah Anda berencana memindah posisinya ternyata pada bagian lemari tumbuh banyak jamur. Masalah ini sudah sering terjadi pada furniture kayu yang berdekatan dengan dinding. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jika Anda masih ingin memiliki furniture tersebut, maka langkah pertama adalah menghilangkan jamur. Kemudian Anda harus mengecat ulang dengan jenis cat kayu yang anti jamur. Kedua cara ini dilakukan secara berurutan untuk mencegah datangnya jamur kembali. 

Walaupun tidak mencegah jamur selamanya, setidaknya cara ini akan menghambat pertumbuhan jamur dalam beberapa tahun ke depan. Treatment seperti ini adalah makanan sehari-hari bagi tempat reparasi furniture. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sendiri. 

Menghilangkan jamur kemudian melapisi furniture ulang dengan pernis anti jamur bisa menjadi kegiatan menyenangkan di akhir pekan Anda. Banyak orang yang akhirnya menjadikan kegiatan finishing menjadi hobi. Jika Anda berhasil, bisa juga mendatangkan uang atau membuka bisnis reparasi furniture. 

Faktor Pemicu datangnya Jamur pada Furniture Kayu

Kenali darimanakah datangnya jamur pada furniture di rumah akan memudahkan Anda untuk memperbaikinya. Anda juga harus menghindari penyebab datangnya jamur setelah furniture dicat ulang. Jamur bisa datang darimana saja dan yang pastinya terdapat masalah kelembaban di dalam ruangan. 

Ketika Anda meletakan lemari berhimpitan dengan dinding, tidak ada sirkulasi udara yang terjadi. Akibatnya pertumbuhan jamur terus meningkat. Dinding merupakan bagian rumah yang mudah terserang kelembaban. Dari sinilah jamur mulai berkembang.

Menghindari datangnya jamur, sebaiknya Anda meletakan bahan serap lembab. Pastikan juga sirkulasi udara terjadi di seluruh ruangan. Udara akan mengurangi tingkat kelembaban sehingga jamur tidak lagi mudah tumbuh. 

Selain udara komponen lain yang dibutuhkan adalah cahaya. Membuka jendela agar cahaya matahari masuk efektif mencegah jamur. Ruangan juga setidaknya harus memiliki sumber cahaya seperti lampu yang terang. Semakin gelap ruangan maka kelembaban akan meningkat. 

Produk Terbaik untuk Mencegah Jamur pada Kayu

produk-anti-jamur-BioCide-SFP

Ketika jamur permukaan pada furniture menyerang Anda harus segera mengatasinya. Jamur pada kayu tersebut tidak akan hilang walaupun Anda menggunakan kain yang dibasahi bahkan sabun. Jamur akan menghilang namun tidak bekasnya, dalam waktu beberapa minggu jamur akan tumbuh kembali. 

Jika Anda memiliki lemari dari bahan kayu buatan seperti plywood yang dilapisi HPL maka obat anti jamur BioCide dapat mengatasinya. Produk BioCide Surface Film Preservative (SFP) juga bisa digunakan pada jenis kayu solid. Obat anti jamur ini sangat efektif digunakan untuk menghilangkan bekas dan mencegah jamur datang kembali. 

Penggunaannya pada kayu buatan cukup dengan membersihkan permukaannya menggunakan kuas. Jika Anda ingin mengaplikasikan pada kayu solid sebaiknya bersihkan lapisan coating lama. Langkah ini agar mempermudah obat meresap melalui pori kayu. 

Cara kerja obat pada kayu solid adalah dengan masuk ke dalam pori dan mencegah jamur muncul dari dalam. Sedangkan untuk kayu buatan, obat akan membasmi di bagian permukaan apabila dilapisi dengan HPL. BioCide SFP ini tidak akan merusak lapisan HPL karena menggunakan air sebagai pelarutnya. 

Cara Aplikasi Obat Anti Jamur Sebelum Finishing

Mengenal BioCide SFP tidak lengkap jika Anda tidak mengetahui proses aplikasinya. Obat ini hanya membutuhkan air sebagai pelarutnya. Alat yang dibutuhkan untuk aplikasi juga hanya kuas. Sebelum mengaplikasikan pastikan diri Anda telah menggunakan masker dan sarung tangan karet untuk mencegah tidak terkena obat. 

Proses aplikasi mudahnya bisa diikuti dengan langkah berikut ini:

  1. Bersihkan permukaan kayu dari kotoran atau lapisan coating yang lama. 
  2. Kayu harus kering jadi sebaiknya jemur terlebih dahulu kemudian bersihkan. 
  3. Campurkan BioCide Insecticide dengan air dalam wadah terpisah. 
  4. Kuaskan bahan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.
  5. Diamkan furniture hingga kering, cukup dengan diangin-anginkan saja. 

Anda bisa mengaplikasikan obat ini sehari sebelum memulai proses pengecatan. Membiarkan kayu benar-benar kering akan mencegah kelembaban penyebab jamur telah hilang. Jika tidak kelembaban akan terkunci di bahwa lapisan coating dan jamur akan tetap tumbuh. 

Perlu diingat, ketika mengaplikasikan BioCide SFP sebaiknya jauhkan dari anak-anak. Obat anti jamur ini adalah obat yang keras dan cukup berbahaya jika terkena kulit. Bisa menimbulkan iritasi atau luka ringan. Jadi pastikan tubuh terlindungi dengan baik sebelum proses aplikasi. 

Pernis Kayu dengan Kandungan Bahan Anti Jamur

Selain obat BioCide Anda harus menggunakan pernis kayu yang memiliki kandungan anti jamur. Pernis ini adalah Biovarnish, terbuat dari bahan dasar dan pelarut air membuatnya sangat mudah diaplikasikan. Kandungan bahan anti jamurnya akan mencegah jamur untuk tumbuh. 

produk-Biovarnish-clear-coat-untuk-untuk-finishing-furniture

Biovarnish clear coat adalah pernis kayu yang menggunakan bahan finishing konvensional. Lapisan coating yang dibentuk akan mencegah jamur tumbuh dari dalam. Ketebalan lapisan coating fleksibel dan dapat menyesuaikan perubahan bentuk kayu sehingga tidak muncul cracking

Clear coat juga akan menjaga kayu dari tekanan kelembaban sebagai faktor eksternal. Menjaga kayu agar tetap kering dan jamur tidak tumbuh dengan mudah. Cat Biovarnish dapat diaplikasikan untuk furniture dalam dan juga luar ruangan. 

Proses aplikasi Biovarnish clear coat juga sangat mudah. Anda bisa mengaplikasikan melalui metode semprot atau kuas sesuai alat yang dimiliki. Penampilan dari furniture kayu akan lebih terjaga dan juga tahan lama. 

Proses Finishing Lengkap dengan Biovarnish Anti Jamur

Biovarnish terdiri dari empat jenis bahan yaitu wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat. Anda bisa memilih proses aplikasi lengkap menggunakan empat produk atau finishing natural dengan dua produk saja. Dua produk yang bisa digunakan adalah Biovarnish sanding sealer dan clear coat. 

Jika ingin menggunakan aplikasi lengkap, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Amplas permukaan hingga berubah menjadi lebih halus dan bebas dari debu kotoran. 
  • Ratakan Biovarnish wood filler dengan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Diamkan kayu hingga kering baru di amplas. 
  • Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air, baru kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Diamkan cat mengering tanpa dijemur selama 60 menit.Amplas ambang hingga halus dan bersihkan debu. 
  • Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air, kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu.  Keringkan tanpa dijemur selama 60 menit kemudian amplas ambang kembali. 

Pada lapisan terakhir yaitu Biovarnish clear coat ada perbedaan aplikasi. Anda bisa menambahkan BioCide SFP untuk membuat lapisan coating bertambah kuat dari serangan jamur. Caranya campurkan kedua bahan dan juga air dengan perbandingan sesuai instruksi dalam kemasan. 

Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata searah dengan serat kayu. Diamkan lapisan coating terakhir selama 24 jam. Pastikan Anda tidak menjemur untuk mempercepat proses pengeringan. 

Cat tetap dapat mengering tanpa bantuan dari panas matahari. Jika Anda ingin mendapatkan waktu kering sempurna diamkan furniture selama 7 hari. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X