cat duco

Cara Ampuh Mengecat dengan Cat Duco untuk Hasil Sempurna

Sering mengalami kesalahan atau kegagalan saat menggunakan cat duco? Mungkin saja Anda belum menguasai teknik mengecat dengan alat semprot. Selain itu produk yang digunakan bisa saja tidak memiliki formula yang bagus. Pemilihan produk dan menguasai teknik finishing sangat penting. 

Cat duco memberikan hasil terbaik dengan alat semprot, jadi jika Anda menggunakan kuas kemungkinan besar hasilnya tidak akan rapi. Apalagi jika tidak ada persiapan sama sekali pada permukaan kayu. Anda mungkin tidak mengamplas dengan halus dan rapi permukaannya. 

Mengecat memang mudah, namun sebelumnya Anda harus mengetahui teknik mengaplikasikannya. Bahkan cat dengan kualitas buruk pun setidaknya bisa diaplikasikan dengan rapi. Lalu bagaimana jika Anda menguasai teknik dan menggunakan cat berkualitas terbaik? Tentu saja hasilnya akan luar biasa. 

Cat duco adalah salah satu jenis cat yang akan memberikan Anda tantangan. Warnanya yang solid mengharuskan Anda bisa menyemprotkan dengan halus dan juga rapi. Selain itu juga banyak lapisan coating yang harus diaplikasikan sehingga mampu memberikan perlindungan yang maksimal. 

Jenis Cat Duco yang Sebaiknya Digunakan

Ada banyak sekali merk cat duco yang beredar di pasaran. Anda harus bisa memilih jenis cat yang tepat. Cat duco yang berkualitas bisa dilihat dari formulanya, proses aplikasi dan terakhir tampilannya. Pilihan warna yang menarik mungkin akan menjadi tujuan Anda memilih produk tersebut. 

Jika Anda memilih cat duco dari warnanya maka kualitasnya bisa saja buruk. Lebih baik Anda memilih jenis cat yang memberikan kualitas bagus karena warna yang diberikan pasti akan bertahan lama. Nah salah satu produk yang ditawarkan adalah Bioduco. Cat ini adalah cat duco water based yang aman dan ramah lingkungan. 

Bioduco adalah cat water based yang memiliki 24 pilihan warna baik itu warna solid dan juga metalik. Anda bisa memilih warna apapun yang sesuai dan tidak hanya cat duco saja yang digunakan. Beberapa lapisan coating seperti primer dan top coat juga tersedia. 

Ada beberapa keuntungan yang diberikan oleh Bioduco yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Kecepatan kering yang tinggi sehingga Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan satu proyek. 
  2. Cat memberikan warna yang tajam karena adanya primer coat yang menutup warna kayu dan serat secara maksimal. 
  3. Tahan terhadap masalah sinar UV yang seringkali membuat warna pudar. Tambahan top coat akan membuat cat duco lebih tahan lama. 
  4. Tidak menimbulkan sagging ketika Anda mengaplikasikannya dengan alat semprot. Ditambah lagi dengan viskositas yang diciptakan sudah tepat.
  5. Bebas dari aroma yang menyengat mengganggu kesehatan pernapasan. Cat memiliki kandungan logam berat yang sudah dibatasi. 

Teknik Menggunakan Cat Duco dengan Alat Semprot

Anda mungkin sudah mendapatkan cat duco terbaik, kini saatnya bagi Anda untuk mempelajari teknik mengecat dengan alat semprot. Pengecatan dengan alat semprot terlihat rumit, tapi jika Anda sudah terbiasa melakukannya hasil halus bisa didapatkan dengan mudah. Sebagai pemula Anda bisa memulainya dengan alat semprot nozzle ukuran 1.0 yang standar. 

Pastikan semua permukaan kayu sudah di amplas dan Anda bisa belajar menggunakan triplek. Media triplek datar dan Anda akan lebih mudah mengecek kesalahan dalam mengecat. Selain itu triplek cukup mudah dan murah didapatkan dibandingkan kayu solid. 

Jika persiapan material kayu sudah dilakukan dengan benar, Anda bisa mengikuti beberapa teknik berikut ini. 

Jarak Alat Semprot dengan Permukaan Kayu

Pastikan Anda menggunakan jarak yang tepat dengan permukaan kayu. Jarak yang terlalu dekat akan membuat cat yang menempel terlalu tebal dan sagging mudah muncul. Sedangkan jarak yang terlalu jauh biasanya akan menimbulkan efek kulit jeruk. 

Jarak yang tepat antara alat semprot dan juga permukaan kayu adalah sekitar 15 hingga 20 cm. Untuk melakukan jarak yang tepat Anda bisa mengayunkan secara perlahan pada permukaan triplek. Atur jarak dekat dan jauhnya sehingga warna yang dihasilkan tepat. 

Arah Pengecatan dengan Alat Semprot

Jika Anda mengecat dengan alat semprot arahnya tidak harus mengikuti arah serat kayu seperti aplikasi kuas. Hal ini disebabkan cat yang menempel tidak akan menimbulkan bekas. Hal yang harus diperhatikan adalah bentuk furniture dan peletakannya. 

Arah yang diberikan sebaiknya adalah secara horizontal kemudian vertikal. Pengecatan harus dilakukan satu arah secara penuh. Kemudian baru mengaplikasikan pada arah yang berbeda kembali. Cara ini akan memaksimalkan cat duco menutup permukaan kayu.

Gerakan Mengecat yang Benar

Anda sudah mendapatkan arah dan juga jarak yang tepat. Namun apakah Anda sudah menggerakan alat semprot dengan lebih santai. Jangan terlalu kaku ketika menggerakan spray gun karena akan mempengaruhi hasil pengecatan. Cobalah untuk tetap santai dalam bekerja. 

Jangan gerakan pergelangan tangan, namun gerakan sekaligus dengan lengan. Jadi penyemprotan bisa lebih stabil. Ingat juga jangan berhenti di satu titik terlalu lama. Pastikan Anda selalu menggerakan tangan sehingga cat bisa merata dengan lebih cepat.  Terlalu lama berhenti di satu titik akan menumpuk cat duco berlebih. 

Pastikan Viskositas Cat Sudah Tepat

Terakhir adalah pastikan viskositas cat yang didapatkan sudah benar. Bagi pekerja pabrik mendapatan viskositas yang tepat adalah sebuah kewajiban. Mengingat proses pengecatan biasanya dilakukan dengan alat semprot dan massal. Jika salah menciptakan viskositas maka hasilnya akan sangat fatal. 

Oleh karena itu pastikan Anda mendapatkan viskositas cat yang tepat. Biasanya viskositas ini bisa didapatkan dengan menggunakan alat ukur bernama NK2. Bagi Anda yang menggunakan Bioduco viskositas yang dibutuhkan adalah 11-12 detik NK2. 

Perawatan untuk Cat Duco Bisa Bertahan Lama

Seperti yang telah dijelaskan bahwa cat duco akan bertahan lama dengan mengaplikasikan top coat. Bioduco top coat adalah bahan finishing yang membentuk lapisan film yang sangat kuat. Anda akan mendapatkan lapisan coating pelindung yang sangat kuat dan Anda bisa mengaplikasikannya dengan mudah. 

Selain top coat, cat duco juga membutuhkan perawatan secara rutin. Perawatan ini bukan hanya sekedar membersihkan furniture dari debu namun memberikan bahan poles kayu. Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed Oil untuk memberikan perlindungan maksimal. Proses pemolesan ini dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali. 

Pemolesan dari furniture yang sudah dicat dengan kain katun. Proses aplikasinya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Kumasukkan Biopolish Linseed Oil ke seluruh permukaan furniture secara tipis. 
  2. Gosok permukaan dengan linseed oil hingga menjadi lebih mengkilap dan pastikan kering. 
  3. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan Biopolish linseed oil untuk menghindari masalah jamur. 

Perawatan ini akan membuat furniture yang sudah dicat lebih tahan terhadap jamur dan juga rayap. Anda bisa menggunakannya sebagai furniture luar ruangan atau dalam ruangan. Pastikan sebelum mengaplikasikan furniture sudah benar-benar kering, jadi jika Anda ingin memoles pertama kali tunggu satu bulan setelah selesai pengecatan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X