dempul

Bingung Memilih Dempul Kayu Terbaik? Ikuti 5 Cara Memilih Ini

Dempul telah menjadi bahan yang sudah tidak asing lagi di dunia finishing apapun. Fungsi utama dempul yaitu untuk menutup semua jenis lubang pada beberapa material. Seperti material kayu, logam bahkan dinding batu bata. Ada beberapa jenis bahan pembuatan dempul yang disesuaikan dengan material berlubang. 

Pada kasus finishing furniture kayu, dempul telah menjadi material yang sangat penting. Dibandingkan dengan logam, kayu memiliki lubang cacat yang lebih sering. Hal ini disebabkan substrat kayu memiliki tingkat kelunakan yang lebih tinggi. Walaupun jenis kayunya adalah kayu keras seperti kayu jati. 

Kayu juga mudah berlubang akibat masalah eksternal seperti paku, goresan atau rayap. Apabila cacat pada kayu tersebut tidak ditutup dengan dempul maka tampilan dari furnitur kayu atau olahan kayu lainnya akan menjadi buruk. Namun tidak sembarang dempul bisa digunakan. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. 

Dempul kayu terbaik manakah yang selama ini pernah Anda temukan? Jika Anda pergi ke toko bahan bangunan beragam jenis merk dempul tersedia. Pada saat inilah penentuan hasil finishing yang rata dan halus ditentukan. Tidak semua dempul memenuhi kebutuhan dari cacat goresan tersebut.

Cara Memilih Dempul Kayu Terbaik

Jangan sampai Anda salah memilih dempul, begitu salah Anda harus mengulangi proses finishing dari awal. Nah disini akan diulas secara terperinci manakah jenis dempul terbaik yang harus digunakan. Perlu diingat juga bahwa dempul biasanya digunakan pada finishing dengan warna solid. 

Hal ini disebabkan dempul memiliki warna yang solid seperti putih atau abu-abu. Jadi jika Anda hendak melakukan finishing kayu warna natural, sebaiknya pilih menggunakan wood filler. Dari sinilah Anda bisa membedakan mana dempul dan filler.

Baca Juga:  Pabrik cat kayu warna gloss BioVarnish

Mempermudah Anda memilih dempul kayu, berikut ini beberapa tips cara memilih dempul kayu terbaik. Ketika Anda hendak membeli perhatikan beberapa aspek berikut ini. 

Cara 1. Apakah Dempul Tahan Air?

Tidak semua dempul kayu tahan air. Jika mendapatkan dempul yang tidak tahan air maka ketika furnitur diletakan di luar ruangan kerusakan akan cepat terlihat. Bukan hanya itu saja, lubang yang tadinya ditambal dengan dempul justru kerusakannya akan bertambah. Dempul akan menyerap air dan mengalirkannya pada kayu. 

Mulai dari penyerapan air ini maka furnitur kayu akan lebih cepat berjamur yang kemudian mengundang rayap. Perhatikan pada kemasan dempul, apakah disana terdapat simbol water resistance? Jika iya maka dempul tersebut patut untuk dipertimbangkan. 

Jika perlu cari simbol weather resistance yang artinya dempul bukan hanya tahan air tetapi juga tahan cuaca. Seringkali dempul yang tahan cuaca lebih cocok digunakan untuk furnitur luar ruangan. Sedangkan dempul tahan air cocok untuk furnitur dalam ruangan. 

Cara 2. Bagaimana dengan Daya Rekatnya? 

High bonding, adalah salah satu kelebihan yang harus dimiliki dempul. Tanpa daya rekat yang tinggi, setelah kering dempul akan mudah mengelupas. Ciri dari dempul yang memiliki daya rekat tinggi adalah tidak mengelupas ketika di amplas. Biasanya dempul yang sudah kering akan masuk ke tahap pengamplasan. Apabila muncul peeling maka dempul tidak memiliki daya rekat tinggi. 

Daya rekat dihasilkan bentuk ikatan yang dibuat oleh dempul pada pori kayu. Ketika lubang atau cacat selesai di amplas dan dibersihkan dari debu, maka saat itulah dempul akan bekerja. Dempul akan melekat dan cukup keras pada permukaan kayu yang berpori. Tingkat keras yang dihasilkan bukan sekedar keras. 

Baca Juga:  Harga Pernis Kayu Water Based dan Solvent Based 2021

Dempul yang sudah merekat dengan kuat juga akan lentur. Hal ini disebabkan kayu yang suka berubah bentuknya karena efek cuaca. Kelenturan dan tingkat kerekatan menjadi sangat penting. Jadi walaupun keras dempul memiliki fleksibilitas tinggi. 

Cara 3. Cek Kembali Solid Contentnya

Daya rekat boleh saja tinggi, tetapi jika tidak diimbangi dengan solid content yang baik maka dempul juga akan mudah mengelupas. Daya tutup yang dimaksud adalah bagaimana dempul bisa menutup lubang hanya dalam satu kali aplikasi. Dempul yang sudah selesai diaplikasikan dan dikeringkan akan berkurang ketebalannya. 

Anda bisa melihat ketika mendempul area yang berlubang dengan dalam. Isilah hingga merata dan tunggulah kering. Maka setelah kering dempul akan berkurang tingkat ratanya. Jika dempul berkurang terlalu banyak maka solid contentnya sangat rendah. Sebaliknya jika sedikit berkurangnya maka solid contentnya tinggi. 

Pilih dempul dengan solid content yang tinggi, jadi proses aplikasi tidak boros. Daya rekat dan daya tutup yang baik wajib didapatkan dari sebuah produk dempul. Anda perlu mencobanya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. 

Cara 4. Apakah Proses Aplikasinya Mudah?

Cara keempat adalah mengecek proses aplikasinya. Anda bisa mengecek pada kemasan dempul pada bagian cara pemakaian. Dempul yang bagus biasanya akan memberikan tata cara lengkap dan sangat mudah. Perhatikan alat yang digunakan dan waktu keringnya. Alat aplikasi yang umum dan mudah digunakan adalah scrape. 

Pisau palet atau scrape itu akan memudahkan mengisi dan meratakan dempul pada cacat kayu. Ditambah lagi jika proses keringnya sangat cepat. Waktu kering yang lebih cepat tentunya akan mempermudah finishing khususnya dalam jumlah yang besar. Selain waktu kering, proses pengamplasan juga mudah. 

Baca Juga:  Lapisan Pelindung Agar Kayu Jati Belanda Tahan Air

Setelah dempul kering, maka dilanjutkan dengan pengamplasan. Apabila pengamplasan ringan dan tidak berat bahkan lengket maka produk tersebut merupakan dempul kayu yang bagus. 

Cara 5. Cek Keamanan dari Produk Dempul Kayu

Cara terakhir adalah mengecek jenis tingkat keamanan dempul tersebut. Tidak semua dempul aman karena bahan pembuatannya berbeda-beda. Ada dua jenis bahan yang digunakan yaitu solvent dan juga air. Dempul kayu berbahan solvent artinya memiliki kandungan logam berat. Biasanya proses aplikasinya membutuhkan pelarut thinner. 

Jenis yang kedua adalah dempul berbasis air dan membutuhkan pelarut air. Dibandingkan dempul solvent, dempul water based lebih aman digunakan. Tidak ada kandungan logam berat dan tidak menimbulkan bau yang menyengat. 

Produk Dempul Kayu Terbaik di Indonesia

Di antara produk dempul kayu manakah kira-kira yang sebaiknya Anda gunakan? Satu-satunya produk dempul berbasis air yang bisa Anda gunakan adalah Bioduco wood putty. Dempul kayu yang disediakan memiliki warna putih sehingga akan menyeimbangkan ketika ditutup dengan primer warna putih. 

Disamping itu Anda bisa menggunakannya pada berbagai macam kerusakan pada kayu. Mulai dari rusak karena goresan  hingga rayap yang rusak parah. Proses penggunaan bisa dilakukan secara langsung atau dengan dicampur serbuk kayu. Penggunaan serbuk kayu menyesuaikan dengan tingkat parahnya kerusakan kayu. 

Bioduco wood putty merupakan produk lokal yang memiliki kualitas internasional. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Dempul kayu putih ini memenuhi semua syarat dari dempul kayu yang terbaik. Ketika menggunakannya Anda bahkan tidak terganggu dengan bau menyengat yang biasa keluar dari dempul solvent.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X