Mengapa Sanding Sealer Tahan Cuaca Dibutuhkan?

Mengapa Sanding Sealer Tahan Cuaca Dibutuhkan?

Tinggal di Indonesia pasti sudah sangat paham dengan kondisi cuaca di negara tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Akibat dari cuaca dengan curah hujan yang sangat tinggi ini maka perlindungan yang diberikan pada furniture harus lebih ekstra. Mungkin Anda akan membandingkan dengan lapisan cat yang digunakan untuk furnitur di negara empat musim yang bersalju.

Perubahan  4 musim juga lebih mempengaruhi kecepatan rusaknya furniture kayu yang diletakan di luar ruangan bahkan teras. Kebanyakan furniture luar negeri tidak menggunakan bahan cat untuk perlindungan namun memilih menggunakan teknik bakaran yang akan membuat permukaan kayu menjadi lebih kuat. Terakhir mereka akan memberikan lapisan minyak khusus untuk kayu lebih tahan air.

Namun hasil akhir yang diberikan adalah furniture mengkilap dan warna yang dihasilkan adalah warna kayu bakaran. Anda tidak akan mendapatkan warna kayu natural seperti warna kayu transparan. Nah di Indonesia sendiri banyak yang menggunakan furniture kayu walaupun mengetahui resiko menggunakannya sebagai furniture luar ruangan.

Furniture kayu yang diletakan di luar ruangan seperti pada taman atau halaman rumah tentunya akan segera rusak karena hujan dan rayap yang muncul akibat pertumbuhan jamur pada furniture kayu. Kerusakan ini akan sulit dihindari jika Anda tidak menggunakan lapisan cat yang benar kedua adalah Anda tidak menggunakan jenis kayu yang berkualitas.

Ya, jika ingin mendapatkan furniture taman yang tahan lama maka material kayu akan menentukan. Anda harus siap mengeluarkan banyak uang karena harga kayu yang digunakan sangat mahal. Antara lain jenis kayu yang banyak digunakan adalah kayu jati, sonokeling, merbau dan jenis kayu keras lainnya.

Untuk memperolah jenis kayu yang mahal tentu saja uang juga tidak cukup. Perawatan berkala akan tetap dibutuhkan untuk menjaga kondisi furniture tetap baik. Hal ini tidak jauh atau sama halnya ketika Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu untuk seluruh bagian rumah. Perawatan yang mahal pun harus dilakukan dengan rutin.

Apa saja bahan finishing yang dibutuhkan untuk furniture kayu yang diletakan di luar ruangan atau bagaimana Anda bisa menggunakannya? Dalam artikel ini Anda akan mempelajari semuanya dan mendapatkan jawaban apa saja bahan finishing yang sebenarnya dibutuhkan.

Mengenal Cat Dasar Kayu yang Tahan Cuaca

Ada dua jenis cat dasar kayu yang kini banyak digunakan pengrajin furniture sesuai dengan finishing yang akan dilakukan. Cat dasar kayu yang pertama adalah wood filler, produk ini digunakan untuk menutup pori kayu yang sangat halus sekaligus menyamakan warna kayu dengan warna wood stain yang nanti akan diaplikasikan.

Hasil finishing yang menggunakan wood filler dikenal dengan finishing close pore. Finishing ini biasanya digunakan apabila Anda tidak menyukai warna kayu asli dan ingin memberikannya warna natural yang lain. Kedua adalah karena banyaknya cacat kayu yang memang harus ditambal dengan wood filler.

Hasil finishing yang kedua adalah finishing open pore. Finishing open pore menggunakan cat dasar kayu berupa sanding sealer. Nah sanding sealer inilah yang akan bekerja menutup pori kayu dengan sempurna dan Anda akan melihat hasil finishingnya adalah berwarna natural dan juga serat kayu masih terlihat.

Mengapa Sanding Sealer Tahan Cuaca Dibutuhkan?
contoh finishing open pore

Sanding sealer adalah cat dasar kayu favorit yang banyak digunakan oleh pengrajin kayu. Sanding sealer adalah wajib digunakan bahkan untuk mereka pemula atau profesional. Dengan kata lain sanding sealer adalah bagian yang sangat penting untuk finishing.

Sebenarnya penggunaan sanding sealer tidak hanya terbatas pada finishing open pore saja. Beberapa produk cat menawarkan paket finishing close pore juga menggunakan sanding sealer. Alasannya adalah sanding sealer tidak hanya bekerja sebagai cat dasar kayu saja namun juga sebagai cat perantara untuk lapisan di atasnya.

Menggunakan sanding sealer artinya lapisan film atau coating yang terbentuk pada furniture akan lebih kuat. Dibandingkan dengan pernis biasa maka kekuatannya dua kali lipat lebih kuat. Inilah alasan mengapa banyak pengrajin kayu yang menggunakan sanding sealer pada setiap proyek finishing natural mereka.

Jenis Sanding Sealer yang Tahan Cuaca

Jika mencari sanding sealer untuk luar ruangan maka Anda harus mencari sanding sealer yang bisa digunakan untuk outdoor. Sanding sealer outdoor telah dirancang khusus untuk bisa menghadapi perubahan cuaca sekaligus menghadapi kelembaban dan hujan secara langsung.

Sanding sealer akan memastikan bahwa air tidak meresap kedalam pori kayu. Sehingga cara kerjanya adalah mengisi pori kayu dan mengeras di dalamnya. Sanding sealer akan menjadi lapisan luar yang melindungi dengan maksimal dan akan menahan hujan dengan sangat baik.

Modern ini jenis sanding sealer yang banyak digunakan adalah sanding sealer water based. Banyak alasan mengapa para produsen furniture memilih sanding sealer ini. Berikut ini beberapa alasan mengapa memilih sanding sealer water based:

  1. Aman dan ramah lingkungan

Tidak ada yang bisa menandingi keamanan sanding sealer yang ramah lingkungan. Sanding sealer ini tidak akan mencemari lingkungan bahkan tidak akan menimbulkan polusi di dalam ruangan. Banyak terdengar kasus bahwa ruangan yang berisi furniture yang dilapisi cat solvent mengeluarkan toxic. Hal itu memang benar.

Penguapan yang terjadi pada masa kering cat akan mempengaruhi pernapasan manusia dan emnimbulkan banyak bahaya. Oleh karena itu demi keamanan para produsen furniture berbondong-bondong untuk beralih pada sanding sealer water based.

  1. Mudah diaplikasikan
Mengapa Sanding Sealer Tahan Cuaca Dibutuhkan?
produn sanding sealer water based

Baik di taraf pabrik, UKM atau DIY finishing menggunakan sanding sealer adalah cara yang paling mudah. Siapa saja bisa menggunakannya untuk hasil terbaik. Apalagi jika menggunakan sanding sealer water based BioColours. Proses aplikasi menggunakan alat semprot sudah tidak asing lagi dan sangat mudah.

Hasilnya finishing halus dan rata jika persiapan material yang akan difinishingpun juga sempurna. Hasil finishing bebas dari saging. Warna yang belang atau efek menguning setelah proses finishing selesai. Kecepatan kering dari sanding sealer water based tidak bisa ditandingi oleh solvent yang lama dan tergantung oleh panas matahari.

  1. Tahan lama dan tahan cuaca

Seperti yang dikatakan apabila menggunakan sanding sealer water based merk BioColours maka ada banyak kelebihan yang didapatkan. Ketahanan dari sanding sealer ini pun mencapai angka tahunan. Anda tidak perlu melapisi ulang dalam hitungan bulan. Paling hebatnya lagi BioColours sanding sealer telah dirancang khusus untuk bisa digunakan pada furniture outdoor.

Kelebihan ini dikarenakan BioColours sanding sealer dirancang untuk tahan cuaca seperti panas, hujan dan juga dingin. Untuk mendapatkan ketahanan ini maka ada empat lapisan yang perlu digunakan yakni BioColours wood filler, BioColours wood stain, BioColours sanding sealer dan terakhir BioColours top coat.

Apabila Anda menggunakan keempat lapisan BioColours series di atas maka furniture outdoor akan terlindungi dengan baik, memiliki warna natural yang bervarias serta tidak hanya memiliki tampilan gloss tapi juga matte.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X