Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba

Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba

Karat adalah salah satu masalah yang sering muncul pada material besi atau baja. Anda akan menemukan karat dimana-mana dengan mudah karena pada sebuah rumah pasti ada material besi atau baja yang digunakan salah satunya adalah pagar.

Karat terbentuk karena adanya kelembaban yang membuat besi dan baja tumbuh dengan cacat berwarna cokelat dan memiliki banyak kandungan bahan berbahaya. Sudah sangat terkenal penyakit tetanus yang muncul akibat luka yang terkena benda tajam berkarat.

Jangan biarkan karat pada pagar rumah Anda menjelang hari raya mengancam kesehatan anak Anda yang sedang berlari-lari di halaman rumah dekat dengan pagar berkarat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik maka lakukan finishing ulang pada pagar rumah yang telah berkarat.

Akibat Pagar Berkarat yang Berbahaya

Anak-anak yang berlarian dan jatuh akan sangat berbahaya jika mengenai karat. Terlebih lagi jika luka yang ditimbulkan adalah luka karena benda berkarat seperti pagar. Anda tidak boleh meremahkan hal ini dan membiarkannya begitu saja.

Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba
Slot kunci pagar dan pagar yang sudah berkarat.

Ada alasan mengapa Anda harus waspada pertama adalah karena benda berkarat memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan terlebih yang menimbulkan luka. Penyakit tetanus yang sangat terkenal dan bisa membuat bagian tubuh diamputasi sangat berbahaya dan juga harus diperhatikan.

Kedua besi atau pagar yang berkarat tidak memiliki pemandangan yang indah. Apalagi jika hal tersebut terjadi di depan rumah Anda maka akan sangat berbahaya. Masalah ketiga dari adanya karat adalah ketika karat muncul pada bagian kecil maka akan muncul pada bagian lainnya yang akan manambah nilai kerusakan semakin besar.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk mengganti seluruh bagian pagar besi di rumah Anda karena karat? Maka jika Anda telah menggunakan cat besi anti karat adalah salah satu hal yang sangat benar. Jika Anda tidak menggunakannya berarti Anda harus menggunakan sebagai pencegahan sesegera mungkin.

Baca Juga:  Furniture Shabby Chic : Finishing dengan Bioduco Chalk Paint

Bagi Anda yang sudah memiliki pagar besi berkarat Anda bisa melakukan perbaikan dan menghilangkah lapisan karat sebelumnya kemudian melakukan pengecatan kembali.

Nah dalam artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan karat pada pagar dan bagaimana Anda bisa mengaplikasikan cat kembali dengan mudah pada pagar Anda.

Cara Menghilangkan Karat pada Pagar

Sebelum Anda mulai mengecat karat yang muncul pada bagain tertentu harus segera dihilangkan jika tidak karat akan semakin melebar dan membahayakan. Cara menghilangkan kara pada besi ada banyak cara dan Anda tinggal memilih cara mana yang paling mudah untuk dilakukan.

  • Menggunakan cuka dapur
Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba
Menghilangkan karat pada pagar menggunakan sikat.

Anda bisa menggunakan cuka dapur untuk menghilangkan karat. Gunakan sarung tangan dan Anda bisa mulai menggosok karat menggunakan sikat aluminium foil. Namun jika Anda tidak memilikinya maka gunakan sikat yang terbuat dari kawat atau lap kering.

Caranya Anda harus menggosok berulang agar kawat benar-benar hilang. Reaksi dari cuka biasanya membutuhkan waktu seharian. Jadi dibutuhkan dua hari jika Anda akan melakukan pengecatan yaitu di hari selanjutnya.

  • Campuran garam, soda kue dan air jeruk

Tingkat keasaman adalah lawan yang sangat baik untuk mengatasi karat. Jika Anda tidak ingin keluar membeli peralatan Anda bisa menggunakan bahan yang mudah ditemukan di dalam rumah. Gunakan setenagh sendok garam, setengah sendok soda kue dan juga sedikit perasan air jeruk dan oleskan pada semua bagian pagar yang terkena karat.

Anda bisa membiarkan saja agar muncul reaksi setelah muncul reaksi Anda bisa mulai mengelap dengan lap kering dan karat pun akan hilang.

  • Gunakan kentang dan sabun cuci piring

Campuran kentang dan sabun cuci piring ternyata juga efektif untuk menghilangkan karat pada pagar rumah Anda. Cukup potong kentang dan halusan dengan blender, kemudian saring dan ambil sari dari kentang. Campurkan sari kentang dengan sabun cuci pirik kemudian oleskan pada bagian yang berkarat.

Baca Juga:  Cara Mengecat Kayu yang Sudah Dicat Pada Furniture Dapur

Diamkan hingga terjadi sebuah reaksi, baru mulai Anda gosok dengan kain lap. Jika ingin hasil yang maksimal Anda bisa menggosok hingga berulang kali.

  • Amplas

Langkah terakhir yang sering dilakukan adalah dengan mengamplas. Pengamplasan harus menggunakan amplas kasar dan khusus amplas besi. Anda bisa memilih amplas kain yang lebih mudah untuk dilipat dan mengikuti kontur dari bentuk besi.

Gosok dengan amplas hingga benar-benar karat bersih dan besi kembali mejadi normal. Untuk mempermudah pekerjaan Anda bisa menggunakan mesin amplas.

Pengecatan Ulang Pagar Besi

Jika Anda sudah tidak menemukan karat pada besi di rumah maka Anda bisa langsung memulai proses pengecatan ulang. Pastikan Anda menggunakan cat kayu besi yang telah mengandung bahan anti karat.

Salah satu jenis cat kayu besi yang memiliki kandungan ini adalah cat kayu besi Orchid. Produk ini tak hanya mengandung bahan anti karat, jadi ketika Anda akan mengaplikasikan pada furnitur besi di dalam rumah Anda tidak perlu kahwatir untuk masalah kecepatan kering. Hanya dalam waktu satu jam saja cat akan mengering walaupun di dalam ruangan.

Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba
mengecat pagar dengan kuas menggunakan cat kayu besi Orchid warna hitam.

Selain itu yang lebih mempermudah Anda adalah cat ini berbahan dasar air jadi Anda tidak perlu membeli thinner dan hanya menggunakan air sebagai bahan pelarut yang mudah didapatkan dan murah.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaharui tampilan pagar di rumah:

  • Pastikan permukaan besi sudah kering dari segala bahan yang digunakan untuk membrsihkan karat. Jika perlu gunakan lap kering sekali lagi untuk membersihkannya.
  • Campurkan Orchid dengan air perbandingan sesuai dengan petunjuk pemakaian. Pastikan cat dan air tercampur rata agar terjadi lapisan yang sama rata. Aduk sesekali cat ketika Anda akan mengaplikasikan.
  • Gunakan kuas berukuran 3 atau 5 inci untuk mengaplikasikan bahan cat. Jika perlu Anda bisa menggunakan beberapa ukuran kuas lainnya. Jika sudah kuaskan hingga rata keseluruh permukaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan Anda menguaskan searah saja.
  • Jika Anda sudah mendapatkan seluruh permukaan tertutup dengan baik maka lakukan pengamplasan. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 320 secara ambang saja ke seluruh permukaan hingga rata.
  • Lakukan aplikasi cat kayu besi Orchid dengan cara yang sama hingga dua atau tiga lapisan. Anda akan mendapatkan warna yang tajam dan perlindungan dari cat kepada pagar besi Anda lebih tahan lama bahkan bisa lebih dari 3 tahun.
Baca Juga:  Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Aman untuk Furniture Dapur

Jika bekerja dengan cat kayu besi seperti Orchid Anda tidak perlu khawatir dengan bau menyengat yang sering mengganggu pernapasan ketika proses aplikasi. Karena produk cat kayu besi Orchid tidak menyebarkan aroma yang sangat berbahaya layaknya cat kayu besi solvent.

Ada 24 pilihan warna solid yang bisa Anda gunakan sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Bahkan Anda akan mendapatkan tampilan semi gloss yang akan membuat pagar rumah Anda tampak segar dan bersinar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X