cat sangkar burung

Bagaimana Cara Mengecat Ulang Sangkar Burung?

Jawaban dari pertanyaan dalam judul artikel ini seringkali salah karena banyak sekali percobaan yang akan selalu dipraktekan oleh DIY di rumah. Melakukan percobaan untuk mendapatkan cat yang tepat tidak salah, namun Anda harus tetap mengetahui dasar dalam mengecat sangkar. 

Melalui dasar-dasar mengecat barulah Anda bisa mengembangkan. Misalnya anda sudah mengetahui langkah-langkah mengecat, namun belum tentu produk yang digunakan tepat. Masing-masing merk cat memiliki perlakukan mengecat yang berbeda. Oleh karena itu pengetahuan yang lebih luas tentang jenis cat diperlukan. 

Baca Juga : Ingin Cat Sangkar Burung yang Aman? Temukan Jawabannya Disini

cat Sangkar Burung Biovarnish

Inilah yang dimaksud proses pengecatan bisa saja salah. Sebelum memilih cat sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Seperti bagaimana perlindungan dan keamanan yang diberikan kepada burung. Apa saja yang ada dalam kandungan cat baru terakhir bagaimana proses aplikasinya. 

Temukan semua jawabannya dalam artikel ini. Mulai dari proses pemilihan cat yang tepat hingga bagaimana Anda bisa mengaplikasikannya pada sangkar burung

Cat Terbaik Mana yang Sebaiknya Digunakan?

Saat Anda menanyakan cat mana yang terbaik untuk digunakan maka ada dua faktor yang diperhatikan. Pertama apakah cat dapat memberikan perlindungan pada burung, kedua apakah cat juga bisa memberikan perlindungan pada sangkar burung. Jika Anda menggunakan sangkar kayu maka pernis akan menjadi jenis cat yang perlu digunakan. 

Baca Juga : Cara Aman Mengecat Sangkar Burung dengan Orchid

Pernis adalah bahan yang digunakan untuk menutup permukaan kayu dengan lapisan coating. Selanjutnya adalah pernis akan memberikan warna serta perlindungan. Kini tidak hanya pernis saja yang bisa digunakan, Anda bisa memilih warna. 

Warna yang akan diberikan pada sangkar sebelum pernis adalah wood stain. Nah perhatikan cat jenis apakah yang akan melindungi burung sekaligus sangkar di rumah. 

Baca Juga : Cat Sangkar Burung Yang Bagus Untuk Warna Solid

Memilih Pernis untuk Melindungi Kesehatan Burung

Perlindungan pada burung harus menjadi perhatian utama. Ingat tidak semua pernis dapat menjamin kesehatan burung Anda setelah diaplikasikan pada sangkar. Pernis pada dasarnya menggunakan bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kesehatan dan membuat burung menjadi stress. 

Selalu pilih jenis pernis yang tertera label low volatile organic compound (voc). Ketika sebuah cat memiliki label tersebut artinya kandungan logam berat di dalamnya seperti formalin telah dibatasi. Cat tidak lagi berbahaya bagi burung peliharaan. 

Biasanya jenis pernis yang rendah kandungan logam berat termasuk dalam cat water based. Kandungan voc nya harus dibatasi sesuai dengan regulasi US EPA dan ECHA. Jadi sangat aman apabila digunakan sebagai bahan finishing sangkar burung.

Ciri utama dari cat yang tidak berbahaya adalah tidak mengeluarkan bau ketika digunakan. Bau Yang menyengat akan mempengaruhi pernapasan burung sehingga membuatnya cepat stress.

Memilih Pernis untuk Melindungi Sangkar 

Selanjutnya adalah jenis pernis kayu yang dapat memberikan perlindungan terhadap sangkar. Pada beberapa jenis perlindungan yang harus dipenuhi. 

Pertama adalah kelembaban, Anda akan membersihkan kandang dengan air. Maka kandang harus memiliki proteksi terhadap air serat kelembaban. Menjemur kandang juga membuat pernis harus bisa melindungi dari panas dan sinar uv.

kumpulan sangkar bambu digantung

Kedua pernis harus mengandung bahan anti jamur sehingga tidak dapat memudahkan jamur untuk tumbuh walaupun pernis telah terkena air. Tak hanya kandungan anti jamir, pernis juga harus menangkal rayap yang nantinya merusak kayu.

Ketiga pernis harus tahan terhadap goresan khususnya ketika terkena paruh burung. Kebiasaan burung yang suka mematuk, sehingga sangkar selalu terlihat dalam keadaan prima dan juga tahan lama.

Produk Terbaik untuk Finishing Sangkar Burung

Biovarnish water based adalah jenis cat yang paling dibutuhkan oleh burung. Jadi sebaiknya Anda menggunakan produk ini untuk finishing sangkar burung. Tidak ada bau uang keluar dan mengganggu kesehatan burung nantinya.

Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Biovarnish? Berikut macam-macamnya.

  • Mudah pengaplikasiannya dengan kuas dan air.
  • Tarikan kuas Yang ringan sehingga hasil tetap sempurna.
  • Warna yang dihasilkan tetap tajam sehingga membuat sangkar lebih menarik.
  • Pilihan warna yang beragam sehingga Anda bisa banyak memilih.
  • Cepat kering dimana Anda tidak perlu menjemur and cat mengering dalam semalam.

Inilah keunggulan Yang akan didapatkan dari cat kayu Biovarnish. Baik perlindungan dan juga penampilan akan tetap terjaga maksimal. Sangkar burung bisa bertahan lebih dari tiga tahun jika ditambah dengan perawatan yang benar. 

Tidak Hanya Memilih Cat Persiapan juga Penting

Kini Anda harus dilihat dari proses finishing. Jangan hanya mementingkan aplikasi dan Anda melupakan persiapannya. Finishing apapun tetap membutuhkan persiapan yang benar. Proses persiapan meliputi ketersediaan alat, bahan dan material.

Pertama adalah bahan, Anda perlu menyiapkan Biovarnish wood stain and memilih warna yang tersedia. Wood stain akan menjadi lapisan yang pertama. Bahan kedua Biovarnish clear coat yang berperan sebagai pernis kayu. Lapisan ini yang akan menciptakan perlindungan. 

Kedua adalah alat, cukup dengan gelas plastik untuk melarutkan bahan, pengaduk, kuas dengan bulu nilon. Siapkan juga amplas grit 400 dan kain lap untuk membersihkan debu amplas. Jangan lupa untuk menyiapkan juga air yang bersih dengan PH rata-rata 7. 

Siapkan sangkar burung yang bersih, bebas debu bahkan lapisan coating yang lama. Jika sangkar masih kotor sebaiknya amplas hingga bersih. Hilangkan lapisan coating lama hingga benar-benar bersih. Pastikan juga sangkar sudah kering, jangan mengecat di atas permukaan material yang masih basah. 

Proses Recoating Sangkar Burung

Saatnya memulai proses recoating. Bagi Anda yang kesulitan untuk mengamplas sangkar dalam menghilangkan lapisan coating lama, bisa memanfaatkan bahan penghilang cat. Bahan kimia ini bisa didapatkan di beberapa toko bahan bangunan. 

Jika sangkar sudah kering, bebas lapisan coating siapkan alat dan bahan. Ruangan juga harus bersih dan kering. Gantung sangkar kemudian ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini:

  • Campurkan Biovarnish wood stain dengan air dalam wadah terpisah. Aduk hingga merata dan tidak ada cat yang mengendap. 
  • Kuaskan cat ke seluruh permukaan sangkar burung, pastikan cat merata. Diamkan hingga kering selama 60 menit. Amplas ambang searah serat dan bersihkan debu amplas. 
  • Jika warna yang dihasilkan lapisan pertama kurang tajam, ulangi sekali lagi. 
  • Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Aduk hingga merata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. 
  • Diamkan sangkar burung dalam ruangan yang kering dan bersih selama semalaman. 

Tips Merawat Sangkar Burung dari Kayu

Anda ingin sangkar burung tetap terjamin tahan lama? Jika lapisan coating dari Biovarnish sudah kering, sebaiknya gunakan bahan poles kayu seperti Biopolish Beeswax. Bahan ini sudah terkenal dan terpercaya aman bahkan jika dikonsumsi oleh burung. Tidak ada bau menyengat yang keluar membuat burung menjadi stress. 

sangkar burung
Tips Pengaplikasian Cat Aman untuk Sangkar Burung

Anda bisa mengaplikasikan ke seluruh permukaan sangkar dengan cara memolesnya. Cukup bersihkan dari debu kemudian ambil sedikit Biopolish Beeswax. Lakukan pemolesan hingga sangkar burung berubah menjadi lebih kering dan mengkilap. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X