Penggunaan Tepat Cat Kayu Untuk Sangkar Burung

Penggunaan Tepat Cat Kayu Untuk Sangkar Burung

Para pecinta burung tanah air, sudahkah Anda menggunakan sangkar burung yang tepat untuk peliharaan Anda? Jangan sampai Anda menggunakan sangkar burung yang tidak aman bahkan dapat mempengaruhi kesehatan burung Anda. Jika Anda mengharapkan kicauan yang panjang dari burung maka Anda juga harus memberkan fasilitas yang nyaman yaitu sangkar burung yang bagus. Tingkatan bagus untuk sangkar burung ini bisa Anda lihat dari material pembuat sangkar dan juga bahan finishing yang digunakan.

Ada beberapa jenis material sangkar yang digunakan tergantung dengan jenis burung yang dipelihara. Bagi Anda yang menggunakan sangkar burung terbuat dari material serat alam seperti bambu, kayu, dan juga lidi dari kelapa maka proses finishingnya harus hati-hati. Bahan finishing yang digunakan untuk sangkar burung ini akan meresap ke dalam serat alam dan membentuk lapisan film yang melindungi dari sangkar burung.

Penggunaan Tepat Cat Kayu Untuk Sangkar Burung

Memilih bahan finishing ini tentu akan sangat berbeda ketika Anda memilih bahan finishing secara sembarangan. Memilih dengan cara sembarangan (yang penting berpenampilan menarik) dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Masalahnya adalah burung Anda bisa saja langsung mengalami kematian atau sakit. Ini adalah hal yang tidak terlihat tetapi akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya di kemudian hari.

Cat adalah bahan finishing yang terbuat dari bahan kimia. Ada banyak sekali jenis cat baik itu yang terbuat dari solvent based maupun cat water based. Nah banyaknya jenis bahan cat inilah yang sering menimbulkan kebingungan oleh para pecinta burung dalam memilih cat yang berkualitas. Apabila Anda ingin menggunakan cat untuk sangkar burung sangat disarankan untuk menggunakan cat kayu water based yang tidak mengandung bahan kimia logam berat sangat tinggi yang akan menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh burung Anda.

Memilih Bahan Cat Kayu Untuk Sangkar Burung

Cat water based memang sangat baik digunakan untuk sangkar burung salah satu alasan utamanya adalah karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Lalu apakah seluruh jenis cat kayu water based dapat digunakan  untuk bahan pelapis sangkar burung? Walaupun sebuah cat bertuliskan cat water based tetapi tidak smeua produk water based benar-benar bebas dari logam berat. Bagaimana Anda bisa membedakan cat kayu water based yang bebas dari logam berat? Berikut ini tipsnya.

  1. Pastikan pada label kemasan cat water based telah memenuhi standar regulasi yang memebatasi penggunaan bahan logam berat seperti ECHA dan juga US EPA. Jika sebuah produk sudah memperlihatkan tanda tersbut maka cat sudah lolos uji coba laboratorium dan bebas dari logam berat maupun kandungan VOC yang terbatas.
  2. Cat tidak mengeluarkan aroma menyengat. Cat water based yang bebas dari logam berat adalah cat yang tidak mengelaurkan aroma menyangat. Ini menandakan bahwa tidak banyak kandungan formalin yang menimbulkan gas amonia yang menusuk hidung. Jenis berbau inilah yang wajib dihidari bahkan tidak digunakan untuk lapisan sangkar burung. Cat ini mampu menimbulkan keracunan pada hewan peliharaan di dalam sangkar
  3. Cat yang bagus akan mudah untuk diaplikasikan. Anda tidak perlu untuk mengaplikaskan cat dengan sulit bahkan Anda juga dapat menggunakannya dengan kuas maupun dengan spray gun. Cat water based yang asli tidak akan menimbukan brush mark dan hasil finishingnya akan rapi. Kemudahan aplikasi ini akan sangat membantu Anda yang ingin melakukan finishing sendiri.
Baca Juga:  Apa Sih Jenis Cat untuk Lemari Kayu Trembesi yang Bagus?

Tiga hal di atas sangat penting dan wajib Anda praktekan dalam memilih cat water based untuk sangkar burung yang aman dan berpenampilan menarik. Resiko burung Anda akan terkena penyakit terbebas jika Anda sudah menggunakan cat kayu water based yang tepat. Bahan cat water based yang dipilih juga harus bsia melindungi sangkar agar tetap kering, sehingga sangkar tidak akan menimbulkan udara yang lembab dan memicu munculnya penyakit pada burung.

Selain pemilihan cat Anda juga harus memperhatikan bentuk dari sangkar yang akan diciptakan. Sangkar yang baik memiliki ukuran yang luas sehingga burung dapat mengepakan sayapnya dengan leluasa. Sangat baik apabila Anda menggunakan satu sangkar burung hanya untuk satu hingga dua ekor burung saja. Letakan juga tempat burung untuk bertengger agar tidak bertengger pada dinding kurungan. Pastikan bahan kayu yang digunakan mudah dibersihkan, sebaiknya gunakan kerangka kayu yang dikombinasikan dengan lidi untuk membentuk dinding sangkar.

Produk Cat Kayu Untuk Sangkar Burung Yang Tepat

Jika Anda kesulitan dan kebingungan memilih produk cat water based untuk sangkar burung yang aman sebaiknya Anda menggunakan cat kayu Bioduco. Produk cat kayu Bioduco adalah cat water based yang memiliki pilihan warna solid opaque color. Produk ini diciptakan khusus agar ramah lingkungan sehingga tidak akan membahayakan kesehatan burung peliharaan Anda.

Cat Kayu Interior Anti Rayap Yang Cocok Untuk Kitchen SetCat kayu Bioduco adalah cat kayu yang tepat untuk digunakan pada sangkar burung karena pembuatannya sudah sesuai dengan standar regulasi ECHA dan US EPA. Produk Bioduco yang asli selalu tertera label sesuai dengan regulasi ECHA dan US EPA. Tak hanya melindungi burung Anda, untuk masalah tampilan, cat kayu Bioduco ini mampu bertahan lebih dari 3 tahun sehingga sangkar burung tidak akan memudar tampilan warnanya.

Baca Juga:  Penting! Penggunaan Pernis Kayu Dengan Kuas Yang Tepat

Proses aplikasi yang disarankan untuk sangkar burung menggunakan cat kayu Bioduco adalah dengan spray system. Proses dengan spray system akan lebih mudah dan juga lebih cepat. Proses kering yang hanya membutuhkan waktu 60 menit saja dengan suhu udara ruangan akan mempercepat proses finishing.

Cat kayu Bioduco ini memiliki tingkat fleksibilitas yang bagus sehingga sangat baik apabila digunakan pada bahan lidi yang lentur untuk dinding sangkar burung. Cat tidak akan mengelupas maupun cracking ketika perakitan sangkar dilakukan. Anda tidak hanya dapat menggunakan cat kayu Bioduco untuk sangkar burung saja, tetapi juga dapat digunakan untuk kerajinan serat alam baik itu furniture, home decor dan kerajinan tangan lainnya.

Cara Mengecat Sangkar Burung Kayu dengan Bioduco 

Apakah Anda ingin mendapatkan warna menarik dari sangkar burung kayu? Sudah bosan dengan warna natural pada sangkar burung selama ini? Anda bisa menggunakan Bioduco yang cara aplikasinya sangat fleksibel. Pada skala pabrikan, Anda bisa mengecat dengan spray gun, tapi untuk skala rumahan bisa menggunakan kuas. 

Bioduco sebagai cat berpelarut air, aman digunakan untuk sangkar burung dan setelah kering bisa segera digunakan. Jika Anda berencana mengecat ulang sangkar burung dengan Bioduco maka ikuti beberapa langkah mudahnya berikut ini. 

Membersihkan sangkar burung dan mempersiapkannya

Anda harus membersihkan sangkar terlebih dahulu, khususnya dari kotoran burung dan teliti kembali apakah pada jeruji sangkar terdapat kerusakan. Karena tahapan awal ini adalah untuk membersihkan sekaligus memperbaiki sebagai persiapan. 

Anda bisa membersihkan sangkar dengan menyemprotkan air. Sikat bagian sangkar yang kotor hingga bersih kemudian baru jemur seharian. Pastikan terik matahari mampu mengeringkan kayu untuk menghindari jamur di kemudian hari. 

Baca Juga:  Pilih Biovarnish Wood Filler Untuk Finishing Transparan Kayu

Setelah itu lihat bagian kayu mana yang rusak. Apakah ada jeruji yang harus diganti atau hanya rusak retak saja. Jika terdapat kerusakan segera dempul menggunakan Bioduco wood putty. Isi bagian yang retak, tunggu kering 20 menit dan amplas. 

Mengaplikasikan primer coat

Langkah selanjutnya adalah memberikan primer coat yang merupakan cat dasar untuk sangkar. Anda bisa menggunakan Bioduco primer coat untuk mendasari warna sangkar. Dengan begitu warna kayu tidak akan terlihat lagi dan warna yang baru akan cerah serta tajam. 

Cara menggunakannya, dimulai dengan melarutkan bahan air dengan cat. Perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk merata. Kuaskan primer coat ke seluruh bagian sangkar. Kesulitan akan terasa pada saat mengecat jeruji, namun Anda bisa melakukannya dengan kuas ukuran kecil. 

Diamkan sangkar kering dalam ruangan sekitar 60 menit kemudian baru lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas dengan kertas nomor 400 dan secara ambang saja. 

Mengaplikasikan cat duco

Sebagai warna, Anda bisa menggunakan Bioduco solid color yang tersedia 20 pilihan warna solid. Anda bisa memilih warna solid dari terang hingga gelap sesuai selera. Setelah itu proses aplikasi juga tak jauh berbeda dengan primer coat. 

Campurkan terlebih dahulu cat duco dengan air, perbandingannya 2:1 dan aduk hingga merata. Kuaskan cat duco merata dan ikuti arah pengecatan dari primer hingga merata pada sangkar burung. Baru diamkan selama 60 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang. 

Ulangi aplikasi cat duco ini hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Proses pengulangan biasanya dilakukan 2 hingga 3 kali. 

Mengaplikasikan Bioduco top coat

Sebagai bahan perlindungan, cat sangkar burung membutuhkan lapisan top coat gloss. Tampilan mengkilapnya akan mempermudah proses perawatan dan membersihkan dengan air hingga pengeringan. 

Selain itu cat dengan warna gloss akan memperlihatkan kesan yang mewah pada sangkar burung. Sebagai lapisan terakhir, Anda harus memperhatikan proses aplikasinya dengan cermat. 

Campurkan terlebih dahulu Bioduco top coat gloss dengan air, gunakan perbandingan 2:1. Aduk merata top coat dan kuaskan ke permukaan sangkar burung. Lakukan hingga merata lalu diamkan sangkar selama semalaman. 

Letakkan di ruangan yang bersih bebas debu agar proses kering bisa sempurna dan hasilnya bersih. Keesokan harinya sangkar sudah bisa digunakan untuk burung peliharaan Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X