Aplikasi Varnish Pada Kayu Pinus untuk Furniture Interior

kayu pinus untuk furnitureKayu pinus untuk furniture hanya dapat digunakan untuk interior, karena sifatnya yang tidak tahan cuaca dan mudah lapuk. Namun, kayu pinus tetap dapat digunakan melaui proses dan penggunaan bahan yang tepat.

Kayu pinus merupakan kayu yang mudah didapat serta memiliki nilai komersil di pasaran. Kayu ini memiliki ciri dengan warna krem natural dan serat kayu yang bagus, maka sangat cocok digunakan untuk bahan furniture. Kayu ini termasuk kategori kayu lunak, selain itu kayu ini juga mudah lapuk. Sehingga, kayu ini tidak disarankan untuk furniture eksterior atau furniture garden.

Tidak jarang, kayu pinus juga dapat digunakan untuk kerajinan guna memberikan nuansa lembut pada ruangan. Karena memiliki serat yang lembut dan lunak membuat kayu pinus untuk furniture mudah dipotong dan menyesuaikan bentuk furniture yang diinginkan.

Penggunaan Kayu Pinus sebagai Furniture Interior

Jika menggunakan kayu pinus sebagai furniture, sebaiknya dimanfaatkan untuk interior yang cenderung tidak terpapar sinar matahari serta terjauh dari air hujan. Karena sifatnya yang mudah lapuk, membuat kayu pinus tidak disarankan untuk furniture eksterior.

kayu pinus sebagai furnitureFurniture interior dari kayu pinus banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga bahkan restaurant. Penggunaan kayu pinus bisa dimanfaatkan berbagai macam nuansa dekorasi interior. Salah satunya untuk menciptakan kesan kontemporer, kayu pinus warna clear sering digunakan untuk melengkapi dekorasi rumah atau restaurant. Konsep kontemporer paling banyak digunakan untuk dekorasi interior atau restaurant karena konsep hangat nan modern yang dimunculkan. Selain itu cocok untuk konsep kontemporer, kayu pinus juga dapat digunakan pada hunian rumah atau gedung dengan nuansa klasik atau victorian shabby chic.

Tips Penggunaan Kayu Pinus untuk Furniture

Walaupun kayu pinus memiliki kemudahan ketika dipotong, beda halnya ketika tahap finishing. Karena kayu pinus memiliki mata dan kantong minyak yang keras sehingga ketika tahap finishing, penyerapan cat pada kayu kurang maksmial. Hal ini mengakibatkan belang pada kayu. Jika Anda ingin menampilkan kesan alami kayu pinus untuk furniture, gunakan varnis/plitur. Demi keamanan keluarga, orang lain dan lingkungan lebih baik menggunakan varnish water based, salah satunya adalah Biovarnish. Biovarnis sebagai pengganti plitur konvensional atau shellac gum yang cenderung berbahaya sedangkan biovarnish lebih aman dan ramah lingkungan.

biovarnish
BioColours Biovarnish-Interior wood varnish brush system-

Pengaplikasian Biovarnish lebih mudah dibanding menggunakan plitur, pada tahap pertama terlebih dahulu yang dilakukan adalah membersihkan kayu dari sisa-sisa kotoran, debu atau minyak yang menempel pada kayu dengan amplas. Tambahkan air yang bersih dengan komposisi 2 bahan/1 air untuk mengencerkan Biovarnish. Kemudian aplikasikan Biovanish ke media. Untuk menghasilkan warna yang sesuai, tunggu sampai mengering kemudian amplas kembali media yang sudah diberi Biovarbish. Setelah dirasa cukup, aplikasikan kembali Biovarnish. Ulangi kembali langkah tersebut sampai mendapatkan warna yang sesuai dengan yang diharapkan.

Biovarnish merupakan produk dari Bio Industries yang aman dan ramah lingkungan serta bahannya diformulasikan sesuai standar keamanan internasional seperti, US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. sedangkan Bio Industries merupakan perusahaan yang berkembang di bidang cat yang khusus water based. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Biovarnish atau produk cat water based lainnya, Anda dapat menghubungi Customer care via telp/wa ke no. 0878 3934 6433. Atau Anda juga dapat mengunjungi kantor pusat Bio Industrie di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta. Demikian ulasan singkat mengenai tips finishing kayu pinus untuk furniture, pastikan bahan yang digunakan aman dan ramah lingkungan. Semoga Bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X